Waspada ! Anak Itik Berbulu Seperti Jarum

Waspada ! Anak Itik Berbulu Seperti Jarum

penyakit itik dan obatnya, penyakit bebek dan obatnya, jenis jenis penyakit pada itik download, unggas itik penyakit pada bebek, penyakit itik petelur, penyakit itik telur, penyakit itik pedaging, penyakit itik penelur

Ilustrasi bebek berbulu jarum
gambar : youtube.com

Dulu sewaktu belum punya modal, Bapak Sulaiman mengembangkan itik dengan cara menetaskan telur. Telur bibit diperoleh dari kebaikan hati seorang teman. Setelah ditetaskan. Sulaiman berhasil mendapatkan 214 ekor anak itik betina.

Semua anak itik itu dipelihara dalam kandang terbatas, perawatannya dilakukan secara intensif sesuai dengan petunjuk yang pernah ia peroleh. Anak itik hasil tetasan sendiri itu berhasil hidup sampai dewasa dengan hasil telur yang bagus sebanyak 204 ekor.

“Yang 10 ekor mati. Tapi kematiannya bukan karena penyakit,” katanya menjelaskan. Menurut peternak yang sudah berpengalaman beternak itik secara intensif ini, sekitar umur 3 bulan biasanya muncul sejenis penyakit yang timbul akibat ulah anak-anak itik itu sendiri.

“Penyakit itu mereka bikin sendiri”, ujarnya berpendapat. Saat berumur 3 bulan itu, bulu-bulu anak itik yang berbentuk serupa jarum itu dalam keadaan menjelang mekar. Bulu serupa ini sangat peka terhadap sentuhan. Bila tersentuh benda lain, anak itik akan merasa sakit sekali.

Anak itik yang tidak tahan, tiba-tiba akan tersentak kaget dan lari kencang. Akibatnya pasti akan menyenggol sana, senggol sini, dan menghantam anak-anak itik lain yang kondisi fisiknya juga dalam keadaan serupa. Bagi anak itik yang hidup dalam kelompok dan tinggal di kandang yang sempit, kejadian ini bisa berakibat fatal.

“Semua anak itik akan lari serabutan. Muter-muter, Weng… weng …. weng… suaranya,” ujarnya memberi ketegasan. Nah, pada saat seperti inilah bila ada anak itik yang tabrakan, pasti ada yang jadi korban dan mati. Waktu itu Sulaiman belum berpengalaman. Jengkel karena ada anak itiknya yang mati, mereka dilepas dan digiring keluar kandang. Ternyata di luar kandang, anak-anak itik bisa hidup lebih tenang dan aman.

“Sebaiknya ketika anak itik menginjak umur 3 bulan, mereka bisa dilepas di kandang berhalaman luas atau digembalakan. Baru setelah berumur 4 bulan dipelihara kembali di tempat terbatas,” nasehatnya memberi jalan keluar. Dan sekarang anak itik Sulaiman tidak lagi mengalami kematian, yang dulu tidak diketahui nama dan penyebab penyakitnya itu. #AQ ~~ Waspada ! Anak Itik Berbulu Seperti Jarum ~~