Tanaman Air Dalam Taman

Tanaman Air Dalam Taman

kolam taman minimalis, kolam taman rumah, kolam taman rumah minimalis, kolam taman mini cantik bagus keren

Kolam taman minimalis berisi tanaman air dan ikan
gambar : watergardenstheatres.com

Gemercik air tetap merupakan suara yang dirindukan masyarakat kota, tanaman air bisa menjawab kerinduan. Namun tidak lengkap rasanya bila taman itu tanpa menampilkan tanaman yang cocok sebagai penghuninya.

Tanam tidak hanya didominasi oleh bentuk gunung-gunungan, gemerciknya air dan keriapan ikan di kolam sering bisa lebih ikut menyemarakkannya. Tak heran kalau perancang taman maupun penggemar tanaman mulai memperhatikan pada tanaman air.

Pembuatan taman di halaman rumah dimaksudkan untuk menampilkan sesuatu yang alami sesuai dengan keadaan alamnya. Bisa berupa bukit-bukitan yang menghijau dengan rerumputan, gemerciknya aliran air sungai atau derasnya air terjun.

Rasanya tidak pas kalau taman jenis ini tidak dilengkapi tanaman air, selain bisa menjadi pelengkap kolam, kehadiran tanaman air bisa menambah kesejukan dan keindahan serta keasriannya.

Banyak jenis tanaman dapat ditampilkan, tidak hanya tanaman yang hidup di tanah, tetapi juga tanaman aquarik atau tanaman yang untuk hidupnya harus berada di air, jenis tanaman terakhir ini kini semakin diminati.

Berbagai pilihan

Menghadirkan tanaman dalam sebuah taman harus disesuaikan dengan model taman yang diinginkan. Demikian juga bila ingin menampilkan tanaman air sebagai salah satu unsur taman. Kehadiran tanaman air di kolam taman memberi sentuhan keindahan tersendiri. Suasana yang teduh dan segar yang ditimbulkannya tak terusik dengan gemerciknya air pancuran atau lalu-lalangnya ikan di kolam.

Ada beberapa jenis-jenis tanaman air yang dapat dipilih untuk dihadirkan di taman sebagai pelengkap kolam taman atau air terjun. Diantaranya, Typha domingensis, Cyperus sp. (papayungan), Nymphaea sp (teratai), Nelumbo nucifera (lotus), Pontederia cordata, Sagittaria sagittifolia, Pistia sp atau Elchornia crassipes (eceng gondok/Water hyacinth).

Penempatan harus tepat

kolam taman minimalis, kolam taman desa, kolam taman u, kolam taman mini, kolam taman rumah minimalis, kolam taman u sri kembangan

taman kolam dilengkapi tanaman hias
gambar : pinterest.com

Semua tanaman air memang membutuhkan banyak air untuk kelangsungan hidupnya, tapi masing-masing jenis memiliki sifat yang berbeda. Tifa dan papayungan sesuai dengan asalnya senang hidup di tepi kolam dengan akar-akarnya yang terbenam pada tanah basah dan sedikit genangan air. Sedangkan akar-akar lotus dan teratai umumnya menghendaki tempat di tanah yang berada di air dalam, sementara daun dan bunganya muncul di permukaan kolam. Pistia dan eceng gondok adalah tanaman yang hidup mengapung di permukaan kolam, tidak menyentuh tanah, akar-akarnya menyerap sari makanan yang terkandung dalam air kolam.

Meskipun demikian peletakkan semua tanaman itu harus pas, untuk bagian kolam yang dangkal atau dekat aliran air sebaiknya jenis tifa, papayungan, sagitaria atau pontedeia-lah yang ditanam. Selain lebih apik dilihat, suasana yang dihadirkan dengan penempatan tanaman di tempat itu akan lebih mencerminkan suasana alami.

Agar tanah atau lumpur yang melekat pada akar tidak terbawa air yang mengalir, tanaman itu harus ditempatkan pada lekukan yang dibuat di dasar kolam dengan kedalaman kurang lebih 20 cm, diameter 40 cm. Lekukan itu juga berfungsi sebagai dudukan tanaman agar tetap pada posisinya.

Bisa juga dengan meletakkan tanaman dalam pot, lalu pot beserta tanamannya dimasukkan ke tempat yang disediakan. Supaya tidak bergeser, batuan, seperti batu koral sebesar kepalan yang berwarna putih atau abu-abu. Selain untuk memberatkan tanaman, batuan itu juga untuk menjaga medi agar tidak terbawa air.

Teratai sebaiknya ditempatkan tersendiri, sesuai dengan habitat aslinya, tanaman ini hanya bisa tumbuh baik di kolam yang tenang. Jadi bagian kolam yang lapang dan berair tenang sangat cocok untuk pertumbuhan teratai. Jangan sekali-kali meletakkan teratai di dekat air terjun atau air mengalir lainnya.

Kehadiran teratai akan menambah semarak dengan bunga-bunga yang berwarna-warni dan daunnya yang tumbuh melebar di permukaan kolam. Selain itu kesan alami taman juga akan menonjol. Akan tampak lebih anggun bila teratai diletakkan diantara batu-batu lebar yang ditata di taman air.

Seperti halnya teratai, eceng gondok dan pistia juga menghendaki air yang tenang, susunan batu-batuan gunung di dekat pancuran atau air terjun, bisa mengurangi riak air, nah tempat itulah yang cocok untuk tanaman ini.

Butuh perawatan

kolam taman minimalis, kolam taman desa, kolam taman u, kolam taman mini, kolam taman rumah minimalis, kolam taman u sri kembangan, taman kolam hias, kolam taman minimalis, kolam taman rumah, kolam taman rumah minimalis, kolam taman mini

Tanaman air dalam taman pun membutuhkan perawatan
gambar : practicalgardenponds.com

Tujuan pembuatan taman adalah untuk dinikmati keindahannya dan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, teduh dan tenang. Untuk mempertahankan kondisi itu taman butuh perawatan.

Tanaman air yang dipelihara dalam kolan tenang, tanpa aliran air, tiap 1 – 2 minggu sekali air kolam perlu diganti. Kolam yang dilengkapi dengan filter dan mengalir, airnya perlu diganti 3 – 4 minggu sekali.

Daun-daun atau bunga yang membusuk sebaiknya dipangkas dan dikeluarkan dari kolam. Papayungan, tifa dan pontederia pertumbuhannya cepat, oleh sebab itu, bila tanaman atau daunnya tampak kelewat banyak, segera dikurangi.

Tanaman yang ditanam dalam pot, setiap 6 sampai 12 bulan sekali medianya perlu diganti, daun yang busuk dibuang dan akar yang berlebih dikurangi.

Pemupukan perlu dilakukan, paling kurang sebulan sekali dengan pupuk NPK yang dibenamkan dalam media. Pupuk kandang atau kompos sebaiknya diberikan saat penggantian media.

Kutu atau ulat bulu kadangkala menyerang tanaman air dan akan menggerogoti daun-daunnya, oleh sebab itu, sebagai pencegahan dua minggu sekali tanaman diseprot dengan insektisida, seperti Nogos, agar daun dan bunganya tetap mulus dan indah dipandang. #Hry & Krn ~~ Tanaman Air Dalam Taman