Jenis Melati dan Manfaatnya

Jenis Melati dan Manfaatnya

macam jenis jenis bunga melati, klasifikasi bunga melati, gambar bunga melati putih, bunga melati 7, bunga melati wikipedia, bunga melati english, bunga melati 5, bunga melati satu, bunga melati english, ciri ciri bunga melati

Jenis-jenis bunga melati dan manfaatnya
gambar : ngasih.com

Identiknya sebagai simbol kesucian, melati banyak digunakan untuk berbagai upacara sakral. Tak hanya itu, wanginya yang lembut menjadi alasan utama dipilihnya melati sebagai parfum dan penambah aroma segar saat minum teh. Sayangnya tidak semua jenis melati dapat digunakan. Hanya Jasminum sambac, J. multiflorum, dan J. officinale yang paling banyak dimanfaatkan.

Penggunaan melati dapat dilihat pada upacara pengantin Jawa. Saat memandikan pengantin atau lazimnya disebut siraman, melati bersama bunga lainnya dicampurkan dalam air siraman. Untuk mengharumkan kamar penganten pun biasanya dipilih melati sebagai ‘parfum’-nya.

Tak ketinggalan, hiasan untaian melati diroce untuk penghias sanggul dan keris mempelai. Itu karena kharisma melati yang melambangkan keharmonisan dan keabadian. Selain sebagai pengharum, rangkaian melati juga banyak dipilih orang sebagai penghias ruangan pesta. Warnanya yang putih bersih cocok juga bila dikombinasikan dengan segala macam bunga. Jadi di samping bagus sebagai pangkaian, aroma yang wangi menghadirkan nuansa lain pada sebuah pesta.

1. Penghias rangkaian

klasifikasi bunga melati, gambar bunga melati putih, bunga melati 7, bunga melati wikipedia, bunga melati english, bunga melati 5, bunga melati satu, bunga melati english, ciri ciri bunga melati

Melati putih, Jasminum sambac
gambar : littleflowerhssjammu.in

Sebagai pewangi upacara tradisional, biasanya digunakan melati kampung atau jenis J. sambac. Tergolong suku Oleaceae, tumbuhan yang konon berasal dari India ini berupa perdu yang menjalar sampai setinggi 50 cm. padahal sewaktu muda, ia merupakan tanaman tegak. Daunnya berbentuk oval dengan permukaan atas hijau mengkilap. Bunganya tunggal, berwarna putih bersih, dengan mahkota yang terbuka. Muncul dalam kelompok yang masing-masing berjumlah 12 kuntum, bunga melati ini pertama kali dibudidayakan di Inggis tahun 1965.

Umumnya, untuk pemakaian melati dipilih yang berbentuk kuncup. Ada yang percaya, di dalam kuncup itu tersimpan keharuman tertinggi ketimbang yang telah mekar. Karena itu diperlukan cara khusus dalam meronce melati sebagai untaian maupun dalam rangkaian bunga.

Caranya, kuncup tersebut ditusuk dengan lidi, benang, atau kawat dari ujung ke ujung atau dari tengah tangkai secara teratur dan rapi. Ada 2 bentuk rangkaian melati, yaitu bawang sebungkul untuk pengantin gaya ‘basahan’ dan miji timun bagi gaya ‘putri Solo’ Sebagai pewangi, ekstrak melati jenis ini digunakan sebagai bahan baku industri kosmetik, minyak wangi, dan minyak rambut.

2. Campuran teh. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2