Lazada Indonesia

Beternak (Budidaya) Lebah Madu, Kanan-Kiri Ok

Beternak (Budidaya) Lebah Madu, Kanan-Kiri Ok

jenis lebah penghasil madu, jenis lebah madu, macam macam lebah, klasifikasi lebah, pakan lebah, ciri ciri madu lebah asli

Klasifikasi Jenis-jenis lebah madu
gambar : wikipedia.org

Lebah penghasil madu sudah dikenal sejak jaman batu, madu terbukti mempunyai manfaat bagi kesehatan. Oleh karenanya manusia berusaha melestasrikan dan membudidayakan lebah untuk diambil madunya, baik untuk dikonsumsi sendiri atau dikomersialkan.

Di Indonesia, ada 4 macam jenis lebah penghasil madu yang masuk dalam 2 golongan yaitu lebah lokal dan lebah liar. Lebah lokal contohnya; Apis melifera dan Apis cerana sedangkan yang termasuk lebah liar adalah Apis dorsata dan Apis florea.

Jenis Apis cerana tersebar di seluruh tanah air sehingga banyak yang diternakkan orang, selain itu rasa madunya lebih manis. Sampai saat ini jenis lebah liar masih sulit diternakkan karena selain ganas juga liar.

Sedangkan lebah lokal bisaanya memiliki sifat tidak agresif, artinya tidak suka menyerang, dan lebah lokal ini secara alami membuat sarang bersisir-sisir sarang yang dibuat secara alami panjangnya antara 25 – 30 cm dengan lebar 15 – 20 cm sedangkan jumlah anggota koloninya berkisar 8.000 – 20.000 ekor.

1. Manfaat Lebah Madu

habitat lebah madu, jenis lebah penghasil madu, jenis lebah madu, macam macam lebah, klasifikasi lebah, pakan lebah, ciri ciri madu lebah asli

Jenis lebah madu Apis melifera
gambar : commandpestcontrol.com

Menurut salah seorang peternak lebah madu di daerah Gringsing Kabupaten Batang Jawa Tengah, dengan membudidayakan lebah madu ini banyak manfaat yang diperoleh. Lebah yang dipelihara dengan baik disamping menghasilkan madu, juga mampu menambah produksi tanaman pangan antara lain rambutan, durian, anggur, lengkeng dan jagung dan sebagainya. Karena serangga ini dapat melakukan penyerbukan secara merata.

Lebah madu juga merupakan indikator kebersihan lingkungan sebab binatang ini bertahan hidup di daerah berudara bersih. Jadi jika lebah tidak bisa hidup pada satu daerah berarti daerah tersebut tercemar atau terjadi polusi udara.

Pengembangan dan pemasyarakatan lebah madu itu juga berkaitan erat dengan usaha meningkatkan produktifitas komoditas non-migas yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Selain manfaat di atas, lebah madu bisa memberikan keuntungan materi jika dikomersialkan, baik dengan usaha sambilan maupun dalam skala besar. Sayangnya usaha peternakan lebah di Indonesia kurang mendapatkan perhatian. Sehingga konsumsi madu penduduk Indonesia perkapita berkisar hanya 3 gram pertahun. Sedangkan di negara maju sudah mencapai 20 hingga 50 gram/orang/hari, perbedaan yang sangat mencolok sekali.

ciri ciri madu lebah asli, habitat lebah madu, jenis lebah penghasil madu, jenis lebah madu, macam macam lebah, klasifikasi lebah, pakan lebah, ciri ciri madu lebah asli

Jenis lebah madu Apis florea
gambar : wikipedia.org

Hasil langsung dari lebah madu yang paling penting adalah berupa madu, selain bisa dikonsumsi sendiri dapat pula dijadikan bahan pembuat kosmetik, industri makanan atau bahan obat-obatan. Hasil lainnya adalah tepung sari atau pollen yang mengandung vitamin B dan C. Juga lilin atau malam yang dihasilkan dapat digunakan untuk membuat batik ataupun industri lilin. Sedangkan royal jelly yang merupakan susu ratu atau makanan calon ratu adalah merupakan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan ada yang menganggap sebagai zat penguat tubuh dan meningkatkan vitalitas.

Hasil lainnya adalah propolis atau bahan perekat sebagai bahan lak, venin atau sengatan lebah bisa menyembutkan pernyakit, diantaranya adalah rematik, alergi, sakit kepala dan lain sebagainya.

Melihat manfaatnya, baik langsung maupun tidak dari budidaya lebah madu demikian banyaknya, maka pengembangan beternak lebah madu tidak hanya dapat menambah pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga bisa menambah devisa negara bila diusahakan secara besar-besaran dengan tujuan komerial dan dapat meningkatkan hasil-hasil pertanian dan perkebunan. Jadi kalau masyarakat sudah menyadari arti beternak lebah dan manfaat mengkonsumsi madu sudah dipastikan rakyat Indonesia menjadi sehat semua dan negara menjadi kuat.

2. Budidaya Lebah Madu. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2