Lazada Indonesia

BIG LIVER DISEASE (Sejenis Tumor Hati Ayam Ras)

BIG LIVER DISEASE (Sejenis Tumor Hati Ayam Ras)

macam macam penyakit ternak, jenis penyakit ternak, penyakit ternak kambing, pada ternak, cara mengatasi penyakit kambing, penyakit ternak sapi

BIG LIVER DISEASE (Sejenis Tumor Hati Ayam Ras)
gambar : merckmanuals.com

Big liver disease adalah penyakit sejenis tumor yang menular yang ditandai dengan membesarnya hati atau organ-organ sebelah dalam. Pembesaran hati ini disebabkan oleh penyerbuan sel-sel muda (lymphobisa) yang meluas atau penimbunan sel-sel muda di suatu tempat.

Selain hati, organ-organ tubuh lain juga bisa diserang oleh penyakit ini yaitu, jantung, limpa, ginjal maupun ovarium nahkan bisa menyerang hampir semua organ tubuh termasuk juga pada kulit sekitar mata atau pial. Pada kulit ditandai dengan menebalnya kulit sekitar mata atau pial.

Bila dilakukan pembedahan pada ayam yang mati karena serangan penyakit Big liver disease ini akan nampak perubahan yang sangat mencolok pada hati. Hati membesar dan mengisi hampir seluruh rongga perut, dan akan nampak pembesaran limpa dan bila sarang-sarang leuxosis diiris maka bidang sayatnya berwarna putih atau kelabu keputih-putihan dan mengkilat.

Ada 2 Tipe dari Perkembangan Penyakit Big Liver Disease ini :

  1. Tipe diffuse atau meluas rata, tipe ini ditandai dengan organ-organ dalam perut membesardisebabkan penyerbuan (infiltrasi) dari sel-sel jaringan tumor.
  2. Tipe focal atau setempat, tipe ini disebabkan oleh sel-sel tumor pertumbuhannya ganda dan cepat di suatu tempat.

Pada hati sering terjadi leucosis tipe diffuse, sehingga hatinya sangat membesar dan hampir mencapai separoh berat tubuh ayam. Dalam keadaan seperti ini, bisaanya diikuti pembesaran limpa dan ginjal. Alat-alat yang terserang sering berwarna merah kecoklatan berbeda sekali dengan warna normal.

Big liver disease ini disebut juga penyakit lymphoid leukosis atau visceral lymphomatosis. Pengobatan untuk penyakit ini belum jelas, bisanya unggas yang paling banyak terserang adalah ayam ras. Kerugian akibat penyakit ini sangat besar karena bisa menyebabkan kematian, produksi menurun dan pertumbuhan terhambat.

Gejala-gejala penyakit big liver disease ini jarang dapat ditentukan gejala klinisnya kecuali apabila tumornya besar dalam rongga perut sehingga dapat diraba atau apabila tumornya terdapat di sekitar kulit mata atau pial sehingga bisa tampak dari luar.

Dalam keadaan kronis, ayam menjadi kurus dan balungnya menjadi pucat atau berwarna kuning, sayangnya sebelum menunjukkan gejala sakit ayam sudah keburu mati.

Karena belum ditemukan obat yang efektif untuk menyembuhkan penyakit big liver ini maka satu-satunya jalan untuk menghindari kerugian akibat penyakit tersebut adalah dengan melakukan pencegahan seoptimal mungkin.

Untuk mengurangi kejadian-kejadian timbulnya penyakit ini adalah dengan :

1. Hanya menternakkan ayam-ayam yang resisten terhadap penyakit ini, dengan ditunjang tatalaksana pemeliharaan yang benar,

2. Menetaskan dan membesarkan anak ayam dalam umur yang seragam supaya tidak terjadi kontak penularan. Ayam-ayam yang menunjukkan gejala penyakit ini segera dikeluarkan dari kandang. T ~~ BIG LIVER DISEASE (Sejenis Tumor Hati Ayam Ras)