Lazada Indonesia

Tips Memilih dan Memelihara Bibit Itik

Memelihara dan Memilih Bibit Itik

cara ternak itik petelur, ternak itik tanpa air, ternak itik pedaging, ternak itik telur, ternak itik kering ternak itik potong, ternak itik daging, ternak itik serati

Itik di atas usia 12 minggu, berasal dari bibit itik unggul
gambar : us.wow.com

Dalam rangka ikut menunjang program pemerintah untuk meningkatkan konsumsi protein masyarakat Indonesia, ternak itik yang selama ini dikenal sebagai unggas air dan kebanyakan dipelihara masyarakat untuk diambil telur maupun dagingnya, perlu lebih ditingkatkan lagi pembudidayaannya.

Ternak itik pada umumnya dipelihara penduduk hanya sebagai usaha sambilan saja, oleh karenanya, tidaklah mengherankan bila pemeliharannya masih bersifat ekstensif tradisional, yaitu dengan jalan dilepaskan atau digembalakan di daerah-daerah persawahan.

Namun demikian, keberadaan ternak itik tidaklah bisa dianggap enteng atau diabaikan, karena sudah terbukti bahwa sumbangannya terhadap peningkatan gizi serta pendapatan masyarakat cukup besar.

Sebenarnya dewasa ini sudah cukup banyak masyarakat di pedesaan yang mengembangkan usaha ternak itik secara komersial. Akan tetapi pada umumnya peternak tersebut masih belum merasa puas dengan hasil yang mereka peroleh.

Agar produktifitas yang tinggi dari ternak itik bisa dicapai, ada beberapa faktor yang turut berperan dalam hal ini, diantaranya saja : bibit, tatalaksana pemeliharaan, kualitas ransum serta pencegahan dan pengobatan penyakit, yang akan disajikan dalam tulisan ini adalah bagaimana cara memilih bibit itik yang baik yang didasarkan atas kemampuan berproduksi yang tinggi serta atas segi-segi ekonomis atau cukup menguntungkan. Pemilihan bibit ternak itik harus dilakukan secara hati-hati dan tepat. Bibit yang tidak memenuhi syarat untuk diusahakan akan mengakibatkan kesulitan dan kerugian usaha.

Kita dapat melakukan seleksi pada ternak itik pada tiga periode pemeliharaan, yaitu anak itik, itik dara dan itik dewasa.

Seleksi anak-anak itik (Umur 0 – 12 minggu)

Anak itik yang dipelihara berasal dari perkawinan individu yang tidak ada hubungan keluarga. Jadi bukan berasal dari perkawinan dengan sesama saudaranya.

Besar anak itik harus seragam, tidak lemah, bentuk badannya tidak abnormal seperti matanya hanya satu, paruh silang dan sebagainya. Nafsu makan anak-anak itik harus baik. Anak itik yang sudah diseleksi harus selalu dikontrol, bila masih terdapat anak-anak itik yang jelek, harus dikeluarkan.

Seleksi itik dara (Umur 12 – 20 minggu)

Itik-itik yang abnormal, apalagi yang memperlihatkan gejala-gejala sakit harus segera diafkir, misalnya untuk itik yang kerdil, cacat fisik seperti kakinya memiliki bentuk yang salah (bengkok), tulang punggung bengkok, sayap tergantung atau patah.

Mengelompokkan itik-itik betina yang besarnya seragam. Untuk tujuan pembibitan, itik jantan dapat diseleksi dengan jalan memilih calon pejantan yang memiliki postur tubuh yang baik. Sedangkan sisanya yang tidak terseleksi dapat dijadikan itik potongan.

Pengontrolan perlu dilakukan selama periode grower (pertumbuhan), itik yang tidak memenuhi persyaratan untuk dipelihara lebih lanjut harus diafkir.

Seleksi itik dewasa (20 minggu ke atas)

Itik-itik yang sudah waktunya bertelur tetapi kurang produktif akibat sakit, sebaliknya segera diafkir saja. Adapun syarat-syarat yang harus dimiliki oleh itik petelur yang produktif antara lain : produksi telur minimal 75%, tidak sakit khronis serta aktif mencari makan.

Pada pengelolaan ternak itik, bila tiap periode pemeliharaan dilakukan seleksi secara ketat dan terus menerus, diharapkan keuntungan yang maksimal pun akan diperoleh. Hal ini dikarenakan pengeluaran untuk biaya produksi seperti ransum atau obat-obatan yang diberikan pada itik yang tidak produktif dapat ditekan seminimal mungkin.

Disampit itu, dengan seleksi yang rutin, juga akan dapat mengontrol kesehatan ternak itik secara baik. Sehingga itik-itik yang sakit yang kemungkinan menjadi sumber penularan bagi itik-itik lainnya bisa segera diketahui dan secepatnya dipisahkan. Melalui rencana breeding dan seleksi, apabila kita akan beternak untuk memperoleh bibit, diharapkan akan didapatkan bibit itik yang unggul, sesuai dengan apa yang kita harapkan. TI — Tips Memilih dan Memelihara Bibit Itik