Lazada Indonesia

Cara Rahasia Memelihara Tanaman Mawar

Rahasia Memelihara dan Perawatan Tanaman Mawar

budidaya tanaman mawar, budidaya tanaman hias mawar, budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik, tanaman bunga melati, tanaman bunga anggrek, budidaya tanaman bunga matahari, budidaya bunga mawar potong

Perawatan tanaman bunga mawar
gambar : rhs.org.uk

“Tanaman mawar sangat ditentukan oleh sosok bunganya yang ‘wah’. Umumnya konsumen langsung tertaruk untuk membeli mawar karena tergiur melihat bunga yang begitu anggun dan cantik. Tetapi setelah sampai di rumah, tanamannya jadi enggan /tidak mau berbunga. Mengapa? Ternyata rahasia yang mesti dikerjakan, diantaranya adalah pembuangan bekas tangkai bunga dan pembuangan tunas air. Bagaimanakah melakukannya?”

Pembuangan bekas tangkai bunga

Pembuangan atau pemotongan bekas tangkai bunga setelah bunga layu, akan menyebabkan tanaman mawar menghasilkan bunga yang lebih banyak lagi. Karena mawar mempunyai sifat pembawaan alami yang demikian didalam siklus reproduksinya.

Apabila perlakuan tersebut diabaikan maka tanaman akan melanjutkan pertumbuhannya (fase vegetatif). Tunas baru yang akan dihasilkan sangat besar kemungkinannya untuk membentuk batang yang sangat tinggi dan relatif akan lebih lemah serta akan lebih lurus dan langsing. Tunas demikian sulit untuk berbunga.

Pemetikan terhadap tangkai bunga dari bunga yang telah layu tidak dapat dilakukan secara asal-asalan, karena bisa jadi bukannya akan mendapatkan bunga yang lebih banyak, melainkan akan menyebabkan tangkai bunga yang tersisa (bekas pemetikan) menjadi mati.

Jadi, pembuangan bekas tangkai bunga sebaiknya dilakukan dengan cara memotong tangkai pada mata tunas sekurang-kurangnya 10 – 13 cm di bawah bunga yang akan dibuang.

Untuk jenis-jenis mawar tipe ‘Floribunda’ (mawar dengan rangkaian bunga/cluster), pemotongan dilakukan pada mata tunas pertama atau kedua di bawah rangkaian bunga.

Pembuangan tunas air

perawatan tanaman bunga mawar, tanaman bunga tahan panas, budidaya tanaman mawar, budidaya tanaman hias mawar, budidaya tanaman hias mawar secara hidroponik, tanaman bunga melati, tanaman bunga anggrek, budidaya tanaman bunga matahari, budidaya bunga mawar potong

Pemotongan tangkai tanaman bunga mawar
gambar : howtoi.com.au

Semua tanaman mawar yang dibeli dari nursery atau penjual jalanan, biasanya merupakan hasil penempelan atau okulasi. Umumnya sebagai batang bawah (root stock) digunakan mawar liar yang mempunyai vigor tinggi serta beberapa kualitas lainnya yang diinginkan.

Tunas air merupakan tunas yang munculnya bukan dari batang atas atau tanaman yang diharapkan bunganya, melainkan tunas yang muncul dari batang bawah (dapat muncul dari bagian akar). Jika dibiarkan tumbuh, maka batang baru yang asalnya tunas air ini akan tumbuh subur dan akan menyaingi batang atas dalam perolehan makanan. Lama-kelamaan tunas air ini akan mengalahkan pertumbuhan batang atas dan mengakibatkan batang atas mati.

Adanya tunas air pada tanaman mawar dapat diketahui, karena setiap daun dari tunas air mempunyai 7 anak daun sedangkan tunas sesungguhnya mempunyai 5 anak daun. Menghitung banyak anak daun merupakan petunjuk yang mudah, tetapi hal ini tidaklah mutlak.

Petunjuk lain, tunas air mempunyai batang duri yang terlihat berbeda dibandingkan dengan tunas sesungguhnya, yaitu terlihat lebih hijau muda/pucat.

Jika masih ragu mengenal tunas air, bisa ditelusuri asal tunas air. Apabila tunas tersebut berasal dari batang di bawah batas persatuan/okulasi (persatuan batang atas dan bawah), tak usah diragukan lagi, pasti tunas tersebut tunas air. Buanglah tunas tersebut.

Pemotongan tunas air akan mendorong pertumbuhan yang lebih baik bagi batang atas atau batang yang diharapkan berbunga. Dengan adanya pertumbuhan yang baik maka tanaman akan terangsang untuk cepat berbunga.

Tunas yang berasal dari batang atas tetapi muncul di bawa cabang-cabang lainnya (bukan dari pucuk), merupakan tunas air juga seperti halnya tunas yang berasal dari bagian batang bawah. Maka tunas air tersebut juga harus dibuang secepatnya. #Fta ~~ Cara Rahasia Memelihara Tanaman Mawar ~~