Lazada Indonesia

Membudidayakan Tanaman Bunga Anggrek

Budidaya Tanaman Bunga Anggrek

orchid care, orchid growing, orchid hotel, orchid types, orchid pharma, how to take care of an orchid, orchid band, orchid pronunciation

Bunga anggrek ungu (Purple and Pink Orchid)
gambar : pinkorchidstudio.com

Jenis bunga potong ini sudah banyak dikenal jenisnya, serta telah banyak pula dikembangkan oleh para hobiis. Namun demikian merawat tanaman ini tidak semudah yang kita bayangkan. Ada beberapa cara yang harus diperhatikan agar memperoleh hasil yang baik.

Meskipun terdiri dari berbagai jenis pada daarnya jenis tanaman bunga potong ini dapat dibagi menjadi dua jenis. Pertama jenis anggrek lahan terbuka (Terestial) dan jenis anggrek Epifit. Kedua jenis anggrek ini, mempunyai cara pembudidayaan yang berbeda. Pada jenis anggrek terestial, tanaman ditanam pada tempat terbuka.

Untuk jenis anggrek ini usahakan harus mempunyai bedeng lebar 20 – 30 cm, panjang 1 – 5 m dan tinggi 20 – 25 cm. arah bedeng sebaiknya menghadap Utara-Selatan, agar tanaman mendapat sinar matahari penuh. Pada pinggiran bedeng sebaiknya dibatasi dengan batu bata, sedangkan ujung bedeng diberi tiang bambu/kayu untuk menopang tanaman.

Untuk jenis anggrek terestial yang memerlukan sedikit naungan seperti Aeridachnis Bogor Var, Apple Blossom white atau Vanda Miss Dinger Var, dapat menggunakan tanaman singkong, dracaena, gunakan tanaman singkong, dracaena, petai cina dan sebagainya sebagai pengganti naungan dari bambu. Agar memperoleh hasil yang memuaskan, air siraman harus sedikit mengandung garam bicarbonat dengan Ca atau Mg agar tidak meracuni tanaman. Pembebasan garam dapat dilakukan dengan menambah asam nitrat, untuk menurunkan pH air (pH yang dibutuhkan 5 – 7) bisa ditempuh dengan cara menambah air siraman dengan pupuk TSP, sedangkan untuk menaikkan cukup dengan pengapuran. Khusus untuk air siraman ini, bisaanya pada air sumur dalam (Deewell) perlu diadakan pembebasan garam (desalting) sebelum dipakai.

Dari keseluruhan jenis anggrek terestial ini, jenis Vanda daun (strap leaved vanda) merupakan jenis yang paling sensitif pada kualitas air, oleh karenanya untuk menyiram tanaman tersebut air yang digunakan harus benar-benar sesuai. Bekas potong/stek dari tanaman anggrek jenis ini, sebaiknya diolesi dengan obat merah/yodium tenture untuk menghindari terjadinya infeksi bakteri.

1. Anggrek epifit

jenis anggrek, budidaya anggrek bulan, budidaya tanaman anggrek, budidaya anggrek vanda, makalah budidaya anggrek, budidaya anggrek cattleya, budidaya anggrek pdf, budidaya anggrek tanah

Anggrek putih
gambar : whiteorchidsthaicuisine.com

Anggrek jenis ini merupakan jenis tanaman yang harus ditanam dibawah naungan, sesuai dengan kebutuhan sinar matahari yang dikehendaki jenis-jenis anggrek ini. Bahan untuk naungan dapat digunakan : paranet, tildenet, sherlon shade, bambu, kasa atau kayu. Usahakan suhu yang ada di bawah naungan tersebut sekitar 10 – 40OC, dengan suhu optimum 21OC. sedangkan kelembaban udara yang paling baik antara 60 – 80OC.

Penanaman jenis anggrek ini dapat dilakukan dengan atau tanpa pot, medium yang digunakan bisa arang kayu bakar, arang kayu jati, cincangan pakis, serutan kayu yang ditambah pupuk kandang (khusus untuk jenis Oncidium). Diantara beberapa jenis medium tersebut, yang terbaik adalah campuran cincangan pakis ditambah arang, potongan kulit pinus+arang, dan mos+arang. Khusus untuk penanaman dengan pot, perlu dibuat air dari bambu untuk tempat mengikat dan jika menggunakan pot dari tanah maka setiap pot baru harus direndam dulu dalam larutan air yang telah dicampur fungisida (1 gr/liter) selama 12 jam. Kualitas air siraman yang diinginkan tanaman anggrek jenis ini, hampir sama dengan anggrek tanah (terestial).

2. Tekhnik perbanyakan Tanaman Anggrek. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2