Samoyed, Anjing Putih Cantik Dari Kutub

Samoyed Anjing Cantik Dari Kutub

Samoyed indonesia, samoyed kennel Indonesia, samoyed club Indonesia, Samoyed wikipedia indonesia, anjing samoyed harga, samoyed dijual, samoyed dog, samoyed puppies

Anjing samoyed
gambar : outsideonline.com

Parasnya cantik, bulunya panjang menawan, ia merupakan anjing asli daerah kutub. Sekalipun begitu, Samoyed bisa juga beradaptasi dengan iklim Indonesia

Samoyed telah memperkaya jenis anjing yang ada di Indonesia, ia bukanlah ras asli Indonesia, melainkan daerah kutub benua Eropa. Di Indonesia, anjing ini terbilang jarang dan belum ada yang mengembangbiakan. Kalaupun ada, biasanya karena didatangkan dari luar negeri, seperti sepasang Samoyed milik Drh. Indrastini yang dibawanya dari Australia.

Bulu Samoyed panjang dan sangat lebat, menutupi seluruh tubuhnya yang tidak terlalu tinggi. Anjing jantan mempunyai tinggi sekitar 52,5 cm dan betinanya tidak lebih dari 45,5 cm. Samoyed mempunyai bulu putih bersih, kepalanya kecil dengan moncong memanjang, matanya kecil dengan daun telinga tegak yang kecil pula.

Bulu-bulunya yang indah membuatnya lebih cocok dimanfaatkan sebagai anjing hias. Ia tidak bisa digunakan sebagai anjing jaga, karena sifatnya penyabar, ramah dan suka bergaul. Oleh karena itu, ia bisa dilepas begitu saja di dalam rumah.

Bisa hidup di Indonesia

samoyed temperament, samoyed puppies cost, samoyed puppies pictures, cute samoyed puppies, samoyed puppies price, samoyed puppies for adoption, samoyed dogs for sale, samoyed puppies video

samoyed puppies pictures
gambar : pets4homes.co.uk

Semula, Indrastini tak berminat memelihara anjing ini, akan tetapi begitu menyaksikannya di sebuah pameran anjing di Australia, ia jadi tertarik oleh kecantikannya. Saat kembali ke Indonesia, ia lalu membawanya sepasang.

Menurut Indrastini, yang juga menjadi anggota Perkin (Perkumpulan Kinologi Indonesia), Samoyed bisa beradaptasi dengan iklim Indonesia. Ia tidak tampak kepanasan, sekalipun di Indonesia udaranya lebih panas dibandingkan dengan di negara asalnya. Bulu panjangnya yang indah pun tidak banyak rontok.

Perawatannya mudah

“Perawatan bulunya cukup mudah, lebih mudah daripada merawat bulu anjing Peking dan Poodle,” ujar Indrastini. Setiap hari, bulu-bulu anjingnya itu cukup disikat dan disisirnya saja, tidak perlu dibentuk seperti anjing bulu panjang lain. Seminggu sekali kulitnya dibedaki dengan bedak kutu, agar tidak caplakan. Indrastini bisaa memberinya Grooming Chalk Block, supaya bulunya tetap putih bersih. Cara memberikannya seperti kalau kita membedakinya.

Untuk menjaga penampilannya, Indrastini memandikannya seminggu atau paling lama sebulan sekali. Setiap pagi hari, anjing itu dijemur 0,5 – 1 jam, supaya tulang-tulang kakinya jadi kuat.

Beli pada pet shop

Anjing yang kebanyakan didatangkan dari Australia ini, anakannya yang baru berumur 2 bulan, baik jantan maupun betina, harganya mencapai Rp. 1,5 juta/ekor. Salah satu pet shop yang menerima pesanan anjing Samoyed adalah Pancasari Petshop & Grooming – Jakarta. #SM ~~~ Samoyed, Anjing Putih Cantik Dari Kutub ~~~