Lazada Indonesia

Ikan Platy – Ikan yang Beranak

Ikan Platy – Ikan yang Beranak

platy fish male or female, platy fish food, platy fish pregnant, platy fish behaviour, platy fish breeding, platy fish babies, platy fish care, ikan platy santa claus, ikan platy pedang, cara beternak ikan platy, jenis ikan platy, platy fish care, platy fish types

Ikan platy santa claus
gambar : aquariumdomain.com

Ikan platy merupakan ikan hias air tawar yang berkembang biak dengan beranak. Aneh memang. Dan sebagai ikan hias, mereka sangat disukai para penggemar ikan hias pemula.

Kalau kita melihat-lihat ikan hias di toko akuarium, hampir selalu kita dapat menjumpai ikan plati yang bernama ilmiah Xiphophorus. Ikannya kecil memang, sekitar 3 – 5 cm, tapi warnanya bisa bermacam-macam, geraknya pun lincah, sehingga menambah ramainya isi akuarium. Apalagi kalau airnya bening, dengan tanaman hijau lembut lemah gemulai. Maka kehadiran ikan mungil yang ke luar masuk di antara daun tanaman itu benar-benar asyik untuk dilihat.

Ikan ini bukan ikan asli Indonesia, tapi berasal dari Meksiko, namun sekarang sudah banyak kita jumpai di mana-mana di Indonesia. Mereka memang mudah sekali menyesuaikan diri dengan lingkungan hidup Indonesia yang boleh dikata sama iklimnya dengan Meksiko. Karena gampang dipelihara, ia pun sangat cocok untuk mengisi akuarium para penggemar ikan hias pemula.

1. Macam-Macam Jenis

platy fish types, platy fish male or female, platy fish food, platy fish pregnant, platy fish behaviour, platy fish breeding, platy fish babies, platy fish care

Ikan platy Xiphophorus variatus
gambar : deviantart.com

Disebut Xiphophorus variatus karena warna tubuhnya memang variabel (berubah-ubah). Ada yang kecoklat-coklatan, hijau zaitun, biru bertotol-totol, atau emrah bertotol-totol. Semuanya kalau diteliti ternyata masih Xiphophorus variatus. Semua jenis ikan platy merupakah penghuni perairan tawar, seperti rawa-rawa, sungai, selokan, bahkan di saluran irigasi kota.

Kerabatnya yang paling dekat, tapi tidak begitu sensasional warnanya, seringkali dicampurbaurkan di antara mereka. Yaitu bernama Xiphophorus maculatus, yang sering disebut ikan platy juga. Hanya saja warnanya kurang begitu cemerlang. Kuning bening dengan bercak hitam di pangkal ekor. Untuk membedakan kedua jenis itu, orang Belanda menyebut yang malacus itu Platy, sedang yang variatus disebut “boute platy” (ikan platy yang belang bonteng).

Karena mudahnya dikawinsilangkan, maka warna tubuh blasteran keturunannya juga bermacam-macam. Seringkali kita lalu tidak tahu lagi apakah seekor platy itu variatus tulen, maculatus asli, atau peranakannya.

2. Ikan yang Tidak Bertelur, Tetapi Beranak. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2