Aneka Olahan Dari Nanas

Yang Manis dan Segar dari Nanas

hasil olahan nanas, makanan olahan dari nanas, produk olahan nanas, resepi masakan nenas, resep masakan dari nanas, resep masakan pacri nanas, Pengupas daging buah nanas, Stainless Steel Pineapple Slicer and Corer

Nanas dan pengupas daging buahnya
gambar : wikihow.com

Semua orang mengenal buah nanas. Buah yang selalu ada sepanjang tahun ini, banyak digemari orang tua dan muda. Rasanya menyegarkan dan mengandung kadar gula yang tinggi. Selain bisa dimakan sebagai buah segar sesudah makan, dibuat asinan dan rujak, bisa juga dibuat sirop yang segar, selai yang manis dan lain-lain.

Buah nanas mengandung vitamin A, B1, B2, C yang berguna bagi tubuh kita. Selain dimakan sebagai buah segar, ada juga yang membuatnya menjadi minuman segar. Bila ingin disimpan lama, dapat dilakukan dengan sistem pengalengan atau disimpan dalam suhu rendah. Manfaat lain, nanas dijadikan selai/jam untuk dioleskan pada roti saat sarapan pagi. Memang, nanas bisa dibuat menjadi bermacam-macam makanan yang lezat.

Membuat makanan olahan dari nanas tidak sulit. Cara membuatnya pun tidak memerlukan waktu yang lam, jadi cukup praktis dan cepat dihindangkan. Sebelum membuatnya, kita pilih nanas yang betul-betul tua dan manis rasanya, pasti hasilnya memuaskan.

1. Sirup Nanas

hasil olahan nanas, makanan olahan dari nanas, produk olahan nanas

Sirup nanas salah satu hasil olahan nanas
gambar : monin.com

Dua buah nanas masak dikupas, dibuang matanya lalu dicuci dengan garam dan dibilas. Diparut lalu disaring dengan kain halus yang bersih (sampai kira-kira ada 500 cc sari nanas). Sari nanas ini dicampur dengan 750 gram gula pasir lalu dimasak sampai mendidih dan semua gula hancur (kadang-kadang diaduk).

Setelah semua tercampur harus dimasak lagi sampai cukup kental. Kalau sudah kental diturunkan dari api lalu dicampur dengan 1 gram asam sitrun yang sudah dicairkan dengan 1 sendok air panas. Diaduk terus sampai hilang busanya, lalu dituangkan pana-panas ke dalam botol yang sudah direbus dalam air soda dan dibilas dalam air mendidih.

Botol-botol yang berisi sirop nanas ini ditutup rapat dengan sumbat yang bersih. Sirup ini paling sedap diminum pada siang hari saat cuaca panas, dengan ditambah es batu.

2. Selai / Jam Nanas. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2