Lazada Indonesia

Beberapa Cara Ampuh Mencegah dan Mengusir Kelelawar (Kalong)

Beberapa cara Ampuh Mencegah dan Mengusir Kelelawar (Kalong) Pemakan Buah

kelelawar malam, ciri khusus kelelawar, makanan kelelawar, kelelawar di rumah, kelelawar masuk rumah kelelawar adalah, kelelawar pemakan buah, jenis kelelawar pemakan buah, kelelawar haram

Codot (kelelawar pemakan buah)
gambar : flickr.com

Ada 2 jenis kelelawar. Pertama pemakan serangga, misalnya kampret (microchiroptera).  Kedua adalah pemakan buah-buahan yakni kalong (Pteropus edulis) dan codot (Hipposideros diadema), yang keduanya tergolong jenis megachiroptera. Kelelawar pemakan buah-buahan inilah yang paling merepotkan petani khususnya petani buah-buahan.

Kelelawar pemakan buah-buahan lebih dikenal dengan nama kalong dan codot. Binatang mamalia yang bisa terbang ini cukup besar ukurannya, warnanya hitam, dan bentuk wajahnya mirip anjing. Hama ini termasuk hewan nokturnal karena siang hari tidur, tapi malam harinya aktif terbang mencari makan.

Bagi petani buah-buahan, codot dan kalong jelas merupakan hama yang merugikan. Betapa tidak, buah-buahan di pohon yang kemarin terlihat utuh di pohon, esok paginya tahu-tahu sudah terlihat berantakan. Yang dirusak biasanya buah-buahan yang menjelang masak (ranum).

agar bunga tanaman buah tidak rontok, penyakit busuk buah nangka, cara mengatasi rontok buah pada tanaman, obat tanaman agar buah tidak rontok

Kalong pemakan buah (Pteropus vampyrus)
gambar : youtube.com

Jangan berharap pisang raja yang masak di pohon bisa utuh, kalau bau matangnya sudah tercium codot. Begitu pula buah lengkeng yang mulai menua, bila sebelumnya tak dibungkus terlebih dulu dengan selongsong bambu.

Beberapa jenis buah-buahan lainnya pun tak akan luput dari incarannya. Antara lain sirsak, jambu air, pepaya, mangga, sawo, belimbing, apel, anggur dan lain-lain.

Aksi sang codot yang sangat merugikan itu, mau tidak mau menimbulkan ikhtiar atau usaha manusia untuk mencegah dan memburunya. Usaha ini dimaksud untuk menjaga, agar buah-buahan di pohon tidak fatal dirusak mereka. Dan usaha dalam melindungi buah-buahan dari serangan codot ini bermacam-macam caranya. Berikut diantaranya :

1. Melindungi Buah dengan Kelongsong

cara mengusir kelelawar, mengusir kelelawar, mengusir kelelawar di rumah, mengusir kelelawar di atap rumah

Penggunaan kantung pembungkus buah dapat mencegah hama kelelawar atau codot
gambar : italianfoodexcellence.com

Kulit buah yang rasanya sepet dan pahit, biasanya kurang disukai codot. Buah rambutan misalnya, jarang sekali dirusak kelelawar atau codot ini, walau di pohon telah ranum masak dan tetap telanjang di udara terbuka.

Tetapi kalau buah lengkeng? Wah, tak bakal tunggu waktu lagi. Kulit buah ini tipis, mudah dikelupas, dan rasanya tidak pahit bila termakan. Tanggung bakal ludes dalam semalam, bila buah ini sudah mulai meranum masak.

Itulah sebabnya, agar lengkeng di pohon tidak berantakan disikat kelelawar, jauh-jauh sebelumnya orang sudah membungkus dengan kelongsong (berupa ayaman dari bambu).

Pembungkusan buah serupa ini juga diterapkan pada buah-buahan lain. Alat pembungkus selain kelongsong bambu, antara lain bisa dipakai kantong plastik, kantong dari kertas semen, kain yang sudah tidak terpakai, dan lain-lain. Ukuran besarnya, tergantung dari jenis-jenis buah-buahan yang akan diamankan dari serangan kelelawar.

2. Menangkap Kelelawar Dengan Jaring. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2