Beberapa Cara Ampuh Mencegah dan Mengusir Kelelawar (Kalong)

2. Menangkap Kelelawar Dengan Jaring

fox bat, where do giant fruit bats live, ceram fruit bat p ocularis, banks flying fox p fundatus pteropus insularis

Mengusir kelelawar dengan cara memburunya dengan jaring
gambar : fractalenlightenment.com

Untuk mengurangi gangguan hama buah ini, codot bisa juga diburu. Mereka bisa ditembak dengan senapan angin (bila punya). Tapi perburuan dengan menembak, hanya bisa dilakukan pada siang hari saja. Menembah codot pada malam hari tidaklah tepat. Dalam keadaan gelap, penembak tak mungkin bisa membidik sasaran dengan jitu.

Sebaiknya codot dijebak dengan mempergunakan jaring. Jaring dipasang dengan cara merentangkan jaring dengan menggunakan bambu. Jaringnya memang harus panjang dan lebar, serta kuat. Perentangannya tentu saja harus dilakukan paling sedikit 2 orang. Nah, bila nanti ada kelelawar (codot) yang tersangkut menabrak jaring, dengan sigap kedua bambu dan ujung jaring ditangkupkan. Dengan demikian codot terperangkap dan menempel pada jaring. Mereka tidak mungkin bisa terlepas lagi. Setelah jaring dijatuhkan, tinggal melakukan penangkapan.

mengatasi mengusir kelelawar kalong, memburu dan cara mengusir kelelawar pemakan buah, mengusir kelelawar, mengusir kelelawar di rumah, mengusir kelelawar di atap rumah

Bahkan kail pancing pun bisa dijadikan alat penjerat kelelawar (codot)
gambar : dryflyexpert.blogspot.com

Bisa juga codot dipancing memakai kail tanpa umpan. Pancing berkail digantungkan mengelilingi pohon yang akan dijaga buahnya. Karena kail merupakan benda kecil, dalam gelap tidak akan terlihat. Sehingga codot yang terbang mendekati pohon buah, praktis akan tersangkut sayapnya terkena mata kail. Bila tersangkut, mereka tak akan bisa terlepas lagi. Akibatnya akan meronta-ronta kesakitan, dan suaranya yang berisik akan membuat codot-codot lain tidak berani mendekati pohon buah lagi. Semakin banyak pancing yang dipasang, makin besar kemungkinan mendapatkan codot jeratan.

Baca Juga :  Budidaya dan Cara Tanam Kubis (Kol) Merah

3. Mengusir Menggunakan Belerang dan Instektisida. 

Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 3

Loading...
error: