Lazada Indonesia

Wisata Budaya (Cultural Tourism) di Singapura

Wisata Budaya di Singapura

things to do in singapore, singapore facts, singapore culture, singapore history, singapore jobs, singapore visa, is singapore a country, singapore airlinesSelain sudah dikenal sebagai salah satu negara kecil yang maju, Singapura juga sudah sangat dikenal sebagai negara tujuan wisata bagi para pelancong dunia. Selain wisata belanjanya yang meriah dan selalu diminati.

Singapura juga menjadi tujuan wisata budaya karena keragaman budaya yang dimilikinya. Hal ini disebabkan oleh penduduknya yang multi etnis yang berasal dari berbagai Negara dan budaya seperti Inggris, Melayu, China, India, dan Peranakan. Hingga akhirnya Singapura menjadi rumah bagi beberapa paduan komunitas, budaya dan agama.

Berikut ini adalah beberapa tempat Wisata Budaya di Singapura :

1. Kampong glam

singapore facts, singapore culture, singapore history, singapore jobs, singapore visa, is singapore a country, singapore airlines, things to do in singapore, singapore history

Salah satu pemandangan di Kampong glam
gambar : yoursingapore.com

Tempat wisata budaya yang pertama adalah kawasan historis bernama Kampong glam. Pada awalnya Kampong glam merupakan sebuah desa nelayan yang terletak di mulut sungai rocor, kemudian tempat ini semakin berkembang dan padat, hingga akhirnya menjadi terkenal setelah Sultan Singapura Hussein Mohamed Shah menandatangani perjanjian dengan East India Company pada tahun 1819.

Nama Kampong Glam sendiri berasal dari sebuah pohon bernama gelam atau disebut juga pohon kayu putih, yang pada saat itu banyak tumbuh di kawasan yang banyak deretan ruko konservasi yang dicat dalam berbagai warna yang cerah.

Di kampung ini juga tepatnya di Muscat Street terdapat Masjid terpenting di Singapura yaitu Sultan Mosque. Diberi nama Sultan Mosque karena sejarahnya Masjid ini dibangun oleh Sultan Hussein  Shah yang merupakan Sultan pertama di Singapura pada tahun 1824.

sultan islam, sultan caliph, sultan muhammad, sultan ottoman empire, malay heritage centre, hajjah fatimah mosque, sultan mosque singapore, chinatown heritage centre

sultan mosque singapore
gambar : bugaboo.tv

Masjid yang dibangun dari dana hibah East India Company ini memiliki ruang tempat ibadah sholat yang bisa menampung jemaah hingga 5000 orang, tak heran jika Sultan Mosque menjadi bangunan religius paling mengesankan dan menjadi pusat kaum muslim di Singapura. Selain memiliki kubah emas, Mesjid ini juga memiliki menara dan langkan yang ditambahkan pada ulang tahun ke 100 masjid tersebut. Yang unik bagian bawah kubah masjid ini dibentuk dari banyak botol kaca yang dikumpulkan oleh jemaah mesjid sehingga menimbulkan kesan yang menakjubkan.

Kemudian di Bussorah Street yang merupakan kawasan pejalan kaki yang ramai, di tempat ini anda dapat menemukan berbagai barang-barang khas Singapura, seperti perhiasan kecil, aksesoris, barang-barang dekoratif dan buku-buku yang berhubungan dengan budaya, agama dan etnis Arab.

Di Bussorah Street yang terkenal sebagai pusat tekstil pada tahun 1950 sampai 1960-an ini anda juga dapat menemukan banyak kain sutra renda, organza dan bahan-bahan lain disini yang menyediakan jasa pemesanan dan penjahitan pakaian khas Melayu tradisional. Selain itu disini juga banyak terdapat alat-alat permainan tradisional seperti congkak, barang antik dan berbagai kerajinan tangan dari rotan.

Dan jika anda ingin berwisata kuliner, terdapat Kampung Glam Cafe yang menyajikan beragam makanan mulai dari mie khas China hingga nasi goreng Bandung.

2. Little India. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2