Alaskan Malamute, Anjing Balto si Penarik Kereta Salju

Alaskan Malamute, Anjing Balto si Penarik Kereta Salju

alaskan malamute vs siberian husky, difference between alaskan malamute and siberian husky, alaskan malamute facts, alaskan malamute temperament, alaskan malamute for sale, alaskan malamute temperament, alaskan malamute breeders, alaskan malamute rescue

Anjing Balto di film animasi adalah anjing jenis ini

Jenis anjing seperti Alaskan malamute, siberian husky, samoyed, dan eskimo dog, adalah anjing-anjing penarik kereta salju.

Di antara mereka, sepertinya Alaskan malamute-lah yang kebagian membawa beban terberat, sehingga layak kalau bila dia dijuluki ‘the king of working dog. Kendati larinya tidaklah terlalu cepat, kekuatan fisiknya sangat bisa diandalkan.

Anjing Alaskan malamute sejarahnya berasal dari Alaska, negara bagian Amerika serikat yang berdekatan dengan Kutub Utara. Di daerah bersalju itu, ia biasa digunakan sebagai alat transportasi (penarik kereta salju) oleh penduduk Eskimo.

Berkaitan dengan fungsinya ini, Anjing jenis ini pernah berjasa besar bagi manusia dalam kasus epidemi penyakit difteri di Nome pada tahun 1925.

Serum untuk menanggulangi penyakit difteri sulit terkirim karena cuaca sangat buruk. Akhirnya dalam amukan badai salju berkecepatan 80 mil/jam dan suhu udara -10oC, beberapa tim anjing Alaskan beserta jokinya mengemban tugas pengiriman. Dalam waktu 5 ½ hari, joki terakhir tiba di sana dengan kelelahan dan robeknya kaki si anjing. Misi penyelamatan sukses dilakukan. Untuk mengenang perjalanan heroik itu, dibuat patung anjing terdepan tim terakhir yang bernama Balto dan ditempatkan di Central Park, New York.

Selain itu juga kisah perjalanan ini pernah di film-kan dalam film animasi. Tentunya bagi yang pernah menonton tidak akan asing lagi dengan anjing Balto.

1. Mirip Siberian Husky

different types of alaskan malamute, alaskan malamute with other dogs, difference between husky and alaskan malamute

Sosok anjing Alaskan malamute sangat mirip Siberian husky

Sepintas penampilan alaskan malamute mirip siberian husky, anjing keturunan serigala, Cuma ukuran dan karakternya yang membedakan kedua anjing kutub itu

Alaskan biasanya berbobot antara 37,5 – 42,5 kg dan tinggi 58 – 63,5 cm. Sedang husky sedikit lebih kecil. Berat 22,5 – 30 kg dan tinggi 53 – 59 cm. Potongan badan Alaskan kompak, bertumpu pada keempat kakinya yang bertelapak khas, cocok untuk hidup di lokasi bersalju. Wajahnya bagai mengenakan topeng berwarna putih. Di kepalanya yang besar terpasang matanya berbentuk buah almond. Sehingga secara keseluruhan wajah itu mirip serigala. Ekspresi matanya tidak liar, tapi lembut mencerminkan watak “hangat”.

Bagian lain dari kepala dan tubuhnya berbulu abu-abu atau hitam. Anjing salju ini memiliki bulu tebal, sedangkan lapisan dalamnya lembut seperti wol sepanjang 1 – 2 inci (1 inci = 2,5 cm).

2. Karakternya Lebih Kalem. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2