Mengenal Lebah Madu dan Pemeliharaannya

Mengenal Lebah Madu dan Pemeliharaannya

budidaya lebah madu pdf, budidaya lebah madu, penternakan lebah madu, budidaya tawon madu, peternakan lebah madu cibubur, peternakan lebah madu lawang, cara ternak lebah madu, ilmu ternak lebah madu, ternak lebah madu di yogyakarta

Beternak Lebah Madu

Beternak lebah madu sungguh asyik, mampu menjinakkan sengatan tawon, menunjang penyerbukan tanaman dan panen yang yang lumayan. Kita bisa minum madu gratis tiap hari agar badan sehat kuat penuh semangat. Tawon madu gampang diternakkan.

Lebah lokal penghasil madu gampang dijumpai ialah lebah bisaa (Apis indica) yang bisaa juga disebut tawon gula, karena sering kita lihat berkerumun di sekitar gula di pasar-pasar atau masuk ke dalam stoples penjual sirup. Yang agak sulit dijumpai ialah lanceng (Trigona sp) yang bentuknya lebih kecil dari tawon gula dan tidak bersengat tetapi mempunyai perekat yang bisa menempel di rambut, kalau rambutnya kita ganggu. Lanceng tidak bisaa berkerumun di atas gula atau sirup tetapi lebih suka mencari makan pada bunga tanaman saja. Sedang jenis lebah madu yang lebih sulit lagi dijumpai ialah tawon gung (Apis dorsata), yang bisaa tinggal di pohon tinggi di alas gung liwang liwung (hutan belantara). Ada lagi lebah madu jenis unggul impor yang belum begitu tersebar di Indonesia yang bentuknya lebih besar dari tawon gula dan lebih jinak, yaitu Apis mellifera. Apis indica setiap tahunnya dapat menghasilkan madu kurang lebih 7 kg tiap sarang, sedang Apis mellifera dapat menghasilkan kurang lebih 45 kg.

1. Mati Setelah Kawin

khasiat madu lebah hutan, madu lebah hutan sumbawa, lebah madu pdf, lebah madu wikipedia, lebah madu dalam alquran, lebah madu trigona, lebah madu lokal, lebah madu pramuka, lebah madu adalah

Lebah madu kawin

Tiap keluarga lebah madu terdiri dari kelompok lebah, yaitu lebah ratu, lebah jantan dan lebah pekerja. Tiap sarang hanya mempunyai seekor ratu, dengan lebah jantan sekitar 200 ekor dan lebah pekerja lebih banyak lagi (bisa sekitar 80.000 ekor).

Kalau kita menemukan ciri lebah paling besar dalam sarang, yang merah tua agak kehitam-hitaman warnanya, sedang badannya lebih panjang dari pada sayapnya, maka itulah ratu lebah. Ia bertugas bertelur melulu dan dapat menyengat berkali-kali tanpa lepas sengatnya dari tubuhnya. Kalau diantara telurnya itu ada yang menetas sebagai calon ratu baru, maka calon ini segera memisahkan diri dari keluarga, dengan diikuti sebagian lebah jantan dan lebah pekerja. Kadang-kadang juga dibunuh, waktu ia menetas. Tugas bertelur lebah ratu setiap hari dan bisa terus menerus sampai kurang lebih empat tahun. Kawinnya hanya sekali saja, yaitu pada awal kedewasaannya waktu ia terbang tinggi di udara terbuka, dan kawin di sana dengan seekor jantan yang paling kuat dan tahan terbang tinggi yang berhasil mengejarnya. Sesudah kawin ia tinggal di sarang, terus tidak pindah-pindah kecuali kalau diganggu karena ada revolusi misalnya.

lebah madu pdf, lebah madu wikipedia, lebah madu hutan, lebah madu dalam alquran, lebah madu trigona, lebah madu pramuka, lebah madu apis cerana

Lebah madu mati setelah kawin

Lebah jantan lebih kecil bentuknya daripada ratu, warnanya hitam dan tidak bersengat. Lebah jantan yang berhasil mengawini ratu hanya seekor saja, yang sesudah kawin segera mati kehabisan tenaga. Dalam sarang lebah jantan (yang lain) bertugas menjaga sarang, membersihkan kotoran dan tidak pernah ke luar sarang kecuali waktu minum kawin atau pindah. Ia tidak perlu bekerja mencari makan, tapi justru disuapi saja oleh lebah pekerja.

Lebah pekerja mempunyai ukuran paling kecil dan ramping, kalau dibanding dengan ratu dan lebah jantan. Warnanya coklat, sebetulnya lebah pekerja ini jenis betina juga tapi tidak sempurna kelaminnya sehingga tidak bertelur (kecuali dalam keadaan darurat seperti ratu tidak ada, misalnya. Maka ia bisa bertelur, tapi telurnya menetas menjadi jenis jantan saja). Lebah pekerja ini mempunyai sengat, tapi sekali menyengat, lepaslah sengatnya dari tubuhnya. Dan dua hari kemudian ia mati. Tugas para pekerja ini paling berat, sebagai perawat, pembuat sarang, pencari makan. Umurnya rata-rata dua bulan sedang lebah jantan dapat mencapai umur setahun kalau tidak mati karena mengawini ratu.

2. Kesibukan Dalam Sarang Lebah

sarang lebah madu buatan, sarang lebah in english, sarang lebah dalam bahasa inggris, sarang lebah yang sudah di tinggalkan lebahnya, sarang lebah kelulut, sarang lebah dalam rumah, sarang lebah hutan, sarang lebah madu liar

Sarang lebah hutan

Sesudah kawanan lebah selesai membuat sarang (tala) dan tiap selnya mulai diteluri oleh ratu, maka lebah pekerja segera mengisi sel itu dengan segera sari bunga dan tepung sari, kemudian ditutup lilin tipis, pada saat larva yang menetas dari telur itu akan menjadi kepompong. Telur menetas dalam waktu tiga hari. Menjadi tempayak (larva) yang makan sari bunga dan tepungsari selama enam hari, lalu mulai berubah menjadi kepompong. Diantara sel-sel dalam sarang itu, mungkin ada yang besar sekali ukurannya. Letaknya berlainan dengan yang lain, menonjol pada bagian bawah sisiran dan menghadap ke bawah. Itulah sel yang berisi tempayak calon ratu. Ada pula sel yang menghadap ke samping, ukurannya lebih kecil dari sel calon ratu dan tutupnya agak menonjol. Inilah sel yang berisi tempayak calon lebah jantan. Sel yang ukurannya paling kecil dan rata tutupnya, ialah sel calon lebah pekerja bisaa. Sel untuk menyimpan madu sama besarnya dengan sel calon lebah jantan. Waktu musim bunga (baik tanaman bahan makan, buah-buahan, bunga maupun tanaman serba guna), adalah waktu makmur bagi lebah, mereka giat mengumpulkan sari bunga yang dikenal sebagai nerctan dan tepungsari sebagai persediaan musim paceklik. Nectar yang ditumbun dalam sarang akan diuapkan airnya sampai mengental menjadi madu. Penguapan dan pengentalan ini dilakukan oleh para pekerja dengan meniupkan angin hasil kebasahan sayapnya.

3. Madu Hasil Karya Lebah

Karena berasal dari bunga tanaman yang berbeda-beda, warna dan rasa madu hasil pengentalan nectar itu berbeda-beda pula. Ada yang berwarna keruh dengan bau tertentu, ada yang gelap dan ada yang putih. Selain mengandung garam mineral, protein, lemak dan vitamin A, B dan C.

Selain dipakai sebagai obat pemulihan kekuatan, madu juga diminum untuk memanjangkan umur, kalau rajin diminum tiap hari. Tetapi minum madu yang berlebihan justru tidak baik. Kelenjar pankreas akan terganggu, orang dewasa minum 2 sendok teh tiap pagi, 2 sendok teh tiap siang dan 2 sendok teh lagi tiap malam sudah cukup. Anak malah  18 cmhanya boleh satu sendok teh saja tiap hari.

4. Membuat Sarang (Box) Lebah Madu Modern. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2