Lazada Indonesia

Kuliner (Makanan) Khas Banten

Kuliner (Makanan) Khas Banten

Banten, tidak hanya terkenal sebagai kota industri dan pariwisata. Tetapi kota yang sekarang dipimpin oleh artis Rano Karno sebagai Gubernur, juga sangat terkenal dengan aneka kulinernya yang sangat menggugah selera. Seperti apakah makanan atau kuliner khas banten tersebut ? Berikut diantaranya :

1. Sate Bandeng Tanpa Duri

resep masakan khas banten, sejarah masakan banten, resep makanan khas banten, resep bubur banten, resep masakan rabek

Sate bandeng adalah merupakan makanan khas yang sudah sangat populer. Tidak dipungkiri keunikan dan kelezatan makanan yang satu ini mampu mengangkat nama Banten hingga ke Mancanegara.

Tahukah Anda?, Sate Bandeng Tanpa Duri ini adalah makanan asli Banten, yang sejarahnya muncul dari juru masak kerajaan Banten zaman dulu yang mencari cara bagaimana menyajikan masakan ikan Bandeng lezat tanpa ada duri di dalamnya.

Dulu, saking istimewanya sate bandeng awalnya hanya disajikan untuk kalangan kesultanan, tamu-tamu penting sultan dan merupakan menu wajib pada saat hari-hari besar seperti Maulid Nabi dan lainnya.

Lantas, seperti apakah cara membuat sate bandeng yang kandungannya kaya akan protein, kalsium, fosfor, asam lemak dan sangat rendah kolesterol ini ?

Biasanya proses pembuatannya diawali dengan membersihkan ikan bandeng dari isi perutnya, kemudian pisahkan daging ikan dari kulitnya untuk dilumat atau digiling hingga halus. Jangan lupa sisihkan kulit ikan bandeng untuk digunakan sebagai pembungkus adonan daging ikan nantinya.

makanan khas daerah banten, resep makanan khas banten, daftar makanan khas banten, perusahaan makanan banten, makanan tangerang, produk makanan, makanan minuman, minuman banten

Pembakaran Sate Bandeng Tanpa Duri

Daging yang telah dihaluskan dicampur dengan bumbu rempah-rempah dan santan, diaduk hingga menyatu, setelah itu masukkan daging adonan ikan bandeng tersebut kedalam kulit ikan bandeng yang telah disisihkan tadi. Dan poses pembakaran pun siap dilakukan.

Dalam proses pembakaran menggunakan sebaiknya bambu yang dibelah dua sebagai penjepit, karena ini akan membantu dan mempermudah melakukan pembakaran, dan agar sate bandeng matang merata, gunakanlah batok kelapa sebagai pembakarnya.

Proses pembakaran sate bandeng ini adalah kurang lebih 30 menit. Ada banyak pilihan sate bandeng yang bisa anda pilih untuk dijadikan oleh-oleh setelah mengunjungi Banten. Dan untuk satu ekor satu ekor sate bandeng biasanya dihargai Rp. 30.000. Varian rasanya pun bermacam-macam dan bisa anda pilih sesuai selera.

2. Nasi Bakar Sumsum. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2