Jenis – Jenis Tanaman Penghasil Pestisida Nabati

Beberapa Jenis Tanaman yang Menghasilkan Pestisida Nabati

harga cengkeh, harga cengkeh dunia, khasiat cengkeh, manfaat cengkeh, minyak cengkeh, budidaya cengkeh, jual cengkeh, harga cengkeh hari ini

Manfaat cengkeh juga termasuk sebagai penyedia pestisida nabati alami
gambar : flickr.com

Secara alami tumbuhan memiliki “senjata” untuk menghadapi serangan dari luar. Kemampuan itu hasil interaksi antara tanaman dan hama yang berlangsung jutaan tahun lalu. Serangan hama menyebabkan kematian yang rentan. Lewat proses evolusi, lahir populasi beradaptasi tinggi. Kelompok tersebut berhasil menciptakan zat-zat “kekebalan”.

Berdasarkan kelebihan tersebut manusia memanfaatkan tumbuhan sebagai sumber pengendali hama dan penyakit. Cairan perasan daun tembakau dan akar tuba untuk mengendalikan kutu dan ulat pada palawija dan sayuran tertentu. Umbi gadung (Dioscorea hispida) dan biji sirsak sering digunakan petani di Jawa Barat untuk menggayang hama ulat. Petani sayuran di Pangalengan, Jawa Barat memanfaatkan perasan kacang babi (Mucuna sp) untuk mengendalikan ulat grayak pada bawang merah.

Dari pengalaman tersebut para peneliti mempelajari fenomena itu. Sejumlah temuan para peneliti itu dikumpulkan dalam seminar yang dilaksanakan di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, Bogor. Berikut adalah 7 tanaman penghasil pestisida nabati tersebut :

1. TEMBAKAU (Nicotiana tabacum)

pestisida nabati tembakau, pestisida nabati pdf, pestisida nabati dari biji sirsak, pestisida nabati bawang putih, pestisida nabati paten, pestisida nabati untuk tanaman padi, pestisida nabati ppt, pestisida nabati untuk wereng

Tembakau (Nicotiana tabacum) sebagai pestisida nabati alami
gambar : dictionary.sensagent.com

Kandungan aktif : nikotin dengan kadar tertentu. Spesies Nicotiana tabacum dan N. rustica mengandung nikotin antara 6%—18%. Kandungan tertinggi terdapat di daun.

Pemanfaatan : sebagai insektisida nabati, telah lama digunakan sebagai racun perut dan pernapasan. Hama yang dikendalikannya terutama serangga berukuran kecil dan bertubuh lumak, seperti aphid.

2. CENGKEH (Syzygium aromaticum). Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2