Mengenal Sayuran Bernama Fuki

Mengenal Sayuran Bernama Fuki

sayuran hijau untuk diet, sayuran hijau yang kaya magnesium, sayuran hijau untuk ibu hamil, sayuran hijau favorit, macam sayuran hijau, manfaat sayuran hijau, sayuran hijau untuk bayi, definisi sayuran

Sayuran fuki di restoran
gambar : umamitopia.com

Namanya memang masih asing bagi telinga orang Indonesia. Namun di Jepang, tanaman ini cukup populer sebagai sayuran, bahkan termasuk yang digemari. Di Cipanas, Cianjur, ia telah dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan restoran jepang dan beberapa pasar swalayan di Jakarta.

Seperti halnya kelembak dan rhubarb, fuki yang mempunyai nama ilmiah (Petasites japonicus) ini juga merupakan terna tahunan yang tumbuh tegak, merumpun dengan tangkai daun yang banyak, serta tinggi maksimal dari permukaan tanah hanya 1-1,5 meter. Tangkai daun mengecil pada bagian ujung, berwarna hijau dan ungu kemerahan pada pangkal, licin, berlekuk, panjang 23—30 cm. diameter tangkai daun 1,2-1,5 cm pada pangkal dan 0,5 cm di ujungnya. Tangkai daun ini dapat tumbuh horizontal, sehingga menutupi permukaan tanah. Daun fuki cukup lebar, mencapai 25 cm. daun ini berwarna hijau dengan permukaan berbulu halus dan bergelombang, berbentuk memundar dengan pangkal cordate, sisi daun berlekuk. Bahkan di Jepang banyak yang berukuran besar atau raksasa.

tanaman terbesar di dunia, tanaman sayuran terbesar di dunia, contoh tanaman palawija adalah, tanaman palawija apa saja, jenis-jenis tanaman palawija, tanaman palawija cocok ditanam di daerah, budidaya tanaman palawija, gambar tanaman palawija, definisi tanaman palawija, macam macam tanaman palawija

Di Jepang banyak sayuran Fuki yang berukuran besar atau raksasa.
gambar : fukisushi.com

Pada setiap rumpun tanaman fuki terdapat 4-8 tanaman dengan 5-6 tangkai daun per tanaman. Tanaman dalam setiap rumpun biasanya tumbuh dari bagian akar tanaman induk yang memanjang. Setiap tanaman ini dapat dipisahkan dari rumpunnya untuk tujuan perbanyakan. Perbanyakan dapat pula dilakukan dengan setek akar, asal dipilih akar yang memiliki 2-3 mata tunas.

Tanaman Dataran Tinggi    

Fuki diperkirakan berasal dari daerah subtropis Asia, kemudian menyebar ke berbagai negara. Di Indonesia, tanaman ini dapat tumbuh baik di daerah berhawa sejuk di dataran tinggi, misalnya di Cipanas yang terletak pada ketinggian 1.000 m dpl, dan suhu siang hari 27˚C.

Saputro, petani sayuran di Cipanas telah membuktikan tanaman ini cocok dengan kondisi agroklimat dan agroekologi Cipanas. “Saya menanam fuki pertama kali kurang lebih 15 tahun yang lalu, setelah seorang rekan menawarkan bibit fuki yang dibawanya dari Jepang untuk ditanam di kebun saya,” jelas Saputro. Sejak itulah dia menanam fuki, walaupun hanya di lahan kecil berukuran sekitar 40 m² dan sebagai tanaman sampingan di ‘bibir’ bedengan sayuran lainnya untuk menahan hanyutan tanah bedengan.

sayuran unik, nama-nama sayuran, sayur sayuran nama, sayur sayuran sehat, sayur sayuran dan khasiatnya, sayur sayuran tempatan, sayur sayuran untuk ibu hamil, sayur sayuran yang sejuk, sayur sayuran yang berkhasiat, sayur sayuran dalam bahasa arab

Tanaman sayuran fuki
gambar : perennialsolutions.org

Harga Bagus

Memang pemasaran puki masih terbatas untuk beberapa restoran jepang dan pasar swalayan tertentu di Jakarta. Namun pada saat mendatang pemasaran fuki bisa saja meningkat meningkat. Sebab dengan menjamurnya restoran-restoran jepang di kota-kota besar, kebutuhan akan puki juga akan meningkat. “Dan boleh jadi, pengelola restoran jepang pun belum banyak yang tahu kalau saat ini fuki telah ditanam di Cipanas, dan harganya pun cukup bagus di kalangan petani” jelasnya.

Karena masih terbatasnya petani yang mengusahakan tanaman ini. Di Cipanas saja belum banyak petani yang mengenalnya. #Reff : ~~ Mengenal Sayuran Bernama Fuki ~~