8 Tanaman Berbahaya dan Beracun bagi Hewan Peliharaan Anda

Hewan peliharaan biasanya sangat tertarik dengan tanaman. Mencoba memainkan tanaman tersebut atau berusaha untuk merusaknya. Tanaman seringkali menjadi perhatian hewan peliharaan di rumah. Sayangnya beberapa tanaman bisa jadi mematikan untuk kucing atau-pun anjing kesayangan Anda.

Berikut ini adalah beberapa tanaman beracun yang sebaiknya anda hindari untuk memeliharanya di rumah, ketika anda mempunyai hewan peliharaan :

1. Lidah Buaya

tanaman beracun dalam kehidupan ternak, tanaman beracun dan fotonya, 5 tanaman paling beracun, tanaman paling beracun di dunia, jangan panik isu tanaman beracun, berita tanaman beracun, tanaman hias beracun

Lidah Buaya
gambar : almanac.com

Anda mungkin terkejut melihat lidah buaya termasuk dalam list ini, tetapi tanaman ini termasuk yang paling berbahaya bagi hampir semua jenis hewan peliharaan. Sekarang-sekarang ini banyak keluarga menanam tanaman ini di sekitar rumah, karena biasanya dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar secara alami. Tanaman ini pun merupakan pembersih udara yang cukup baik.

Tetapi masalah bisa terjadi jika sampai kucing atau anjing memakan daun tebal berduri ini. Mengkonsumsi lidah buaya dapat menyebabkan muntah, diare, gemetar, kurang nafsu makan dan depresi pada hewan peliharaan anda.

Jadi, pastikan anda menjauhkan tanaman ini dari hewan peliharaan Anda.

2. Begonia

tanaman yang berbahaya bagi manusia, tanaman beracun disekitar kita, tanaman beracun dalam kehidupan ternak, tanaman paling beracun di dunia, tanaman paling berbahaya dunia

Begonia
gambar : plantsrescue.com

Meskipun begonia adalah tanaman hias yang populer dipelihara di dalam rumah ataupun di taman, tetapi mereka memiliki racun yang berbahaya untuk hewan peliharaan. Terutama di bagian umbi, jika hewan peliharaan anda mencoba memakannya. Akibat yang ditimbulkan adalah kucing atau anjing anda akan mengalami bibir terbakar, iritasi pada mulut dan juga muntah-muntah.

Hewan peliharaan anda juga akan menghadapi derita susah menelan makanan, karena berkurangnya air liur.

3. Anyelir

poisonous foods for dogs, poisonous plants for dogs to eat, poisonous plants for dogs pictures, poisonous plants for dogs list

Bunga anyelir (teluki) atau carnation
gambar : finegardening.com

Di Indonesia bunga potong yang populer ini dikenal dengan nama bunga anyelir tetapi jika dalam bahasa bahasa Inggris disebut carnation. Di Amerika bunga anyelir ini sering kali ada saat perayaan hari ibu serta hari valentine.

Baca Juga :  10 Jenis Burung yang Mencetak Rekor untuk Aksi Terbang Mereka

Jauhkanlah dari jangkauan hewan peliharaan anda untuk menghindari ruam kulit dan gangguan pencernaan. Jika hewan peliharaan anda telah memakan tanaman bunga ini maka akibatnya akan mengalami diare, perut kembung dan mungkin juga muntah.

4. Gypsophila

poisonous plants puppies, most poisonous plants dogs, poisonous house plants for dogs, non poisonous plants for dogs, poisonous foods for dogs, poisonous plants for dogs to eat, poisonous plants for dogs pictures, poisonous plants for dogs list

Gypsophila
gambar : pinterest.com

Hewan peliharaan dan tanaman tidak selalu menjadi perpaduan yang sempurna dan anda harus selalu mengingat itu. Tanaman bunga bernama Gypsophila atau sering disebut Baby’s breath (nafas bayi) ini sangat cantik tetapi berbahaya bagi hewan peliharaan.

Bunga kecil-kecil yang cantik ini jika dicium oleh hewan peliharaan dapat menyebabkan sakit perut. Dan mungkin anda akan menemukan kucing dan anjing anda muntah, jika anda tidak hati-hati.

5. Chrysanths / Bunga Krisan

most poisonous plants dogs, poisonous house plants for dogs, non poisonous plants for dogs, poisonous foods for dogs

Bunga Krisan yang cantik ini juga bisa beracun untuk anjing dan kucing
gambar : thegardenhelper.com

Bunga yang yang berwarna cerah dan indah ini memang terlihat tidak mematikan, tetapi bunga ini pasti dapat menyebabkan masalah kesehatan. Tanaman yang biasa menghiasi teras depan rumah ini sangat umum ditanam dan dapat ditemukan di hampir semua toko bunga.

Semua bagian tanaman ini beracun bagi binatang peliharaan Anda. Dan jika termakan akan menyebabkan diare, muntah dan beberapa masalah kulit. Bahkan jika makan terlalu banyak akan menyebabkan kematian pada hewan kesayangan anda.

6. Bunga Lili

tanaman beracun untuk anjing dan kucing, tanaman beracun bagi anjing dan kucing, jenis-jenis tanaman beracun, macam tanaman beracun untuk hewan

Bunga Lili
gambar : proflowers.com

Bunga lili adalah salah satu bunga favorit para penggemar tanaman hias. Tetapi tanaman bunga yang satu ini sangat mematikan khususnya untuk kucing.

Faktanya, jika sedikit saja kucing menggigit dan memakan bagian tanaman bunga ini dapat menyebabkan gagal ginjal pada kucing kesayangan Anda.

Anehnya tanaman ini tidak berbahaya untuk anjing. Jadi jika anda memelihara anjing, anda dapat dengan bebas memelihara beberapa pot tanaman bunga lili di dalam atau halaman rumah anda.

Baca Juga :  Cara Menyemprotkan Pupuk Daun yang Baik dan Benar

7. Pohon Palem

are azalea poisonous to dogs, plants dangerous for cats, poisonous plants for cats, spca poisonous plants, non poisonous plants, plants toxic to cats, non toxic plants for cats, non toxic plants for dogs

Pohon Palem sago
gambar : youtube.com

Palem memang banyak jenisnya dan sangat cantik bila digunakan sebagai salah satu tanaman peneduh di taman. Tetapi tidak sedikit juga orang yang menanam palem di pot-pot kecil di dalam rumah mereka.

Meskipun sangat indah, jenis palem sago yang bernama ilmiah Cycas revoluta  mempunyai sisi bahaya khususnya untuk hewan peliharaan anda. Dan parahnya lagi tanaman ini sepertinya terasa enak bagi kucing dan anjing. Walau bisa dikatakan semua bagiannya berbahaya tetapi yang paling bahaya adalah bijinya.

Dapat mengakibatkan muntah-muntah, pendarahan lambung, memar dan kerusakan pada hati bahkan mengakibatkan kematian.

8. Tomat

gambar tomat bagus indah cantik, sayuran dan buah beracun, tanaman beracun bagi hewan, tumbuhan yang beracun bagi hewan, tanaman beracun untuk hewan

Tomat dan tanamannya
gambar : lettucebehealthy.net

Biasanya buah tomat tidak begitu menimbulkan masalah bagi hewan. Tetapi yang berbahaya adalah tanamannya. Jika kucing atau anjing kesayangan Anda bermain-main dengan tanaman tomat dan menggigit serta memakan sedikit saja bagian tanaman tomat, Anda akan melihat hewan peliharaan anda mengeluarkan banyak air liur, mencret atau diare, badannya lesu, dan terlihat kebingungan. Bahkan yang lebih parahnya lagi dapat menyebabkan denyut jantungnya melambat.

Tidak semua tanaman atau tanaman hias berbahaya bagi kesehatan hewan peliharaan Anda, tetapi tidak ada salahnya untuk tetap berjaga-jaga. #DD

error: