Lazada Indonesia

Anjing Bichon Frise yang Putih dan Lucu

Anjing Bichon Frise yang Putih dan Lucu

bichon frise puppies for sale, bichon frise for sale, bichon frise price, bichon frise rescue, bichon frise temperament, bichon frise grooming, bichon frise breeders, bichon frise yorkie mixz

Anjing Bichon frise

Bichon Frise tampak seperti mengenakan mantel bulu tebal berwarna putih. Selain penampilannya yang menggemaskan, sifatnya pun ramah hingga cocok dijadikan anjing keluarga.

Sejarahnya nama Bichon berasal dari kata barbichon. Bar merupakan singkatan dari barbet. Seperti halnya pudel dan anjing-anjing berbulu keriting lain yang berasal dari Eropa.

Bichon frise adalah keturunan dari anjing barbet atau Water spaniel.

Sebelum masa Renaissance, ras ini dikenal sebagai Bichon teneriffe. Namanya diambil dari nama pulau terbesar di Kepulauan Canary, Teneriffe. Pelaut Spanyol-lah yang membawa anjing Mediteranian ini ke sana, kemudian diimpor kembali ke Eropa sebagai anjing mainan bangsawan Italia dan Spanyol. Karena dia memiliki karakter yang menarik, si mungil dari Teneriffe ini pun segera jadi anjing kesayangan.

Sangat Mempesona

Bichon frise di negara asalnya, Spanyol, sangat populer. Bukti kepopulerannya bisa dilihat pada lukisan Francisco de Goya. Di lukisan tersebut anjing yang mempunyai tinggi badan sekitar 20 – 30 cm itu duduk berdampingan dengan Puteri Alba yang bergaun panjang sampai menyentuh lantai. Juga pada lukisan berjudul The Love Letter karya Jean Honore Fragonard, seekor Bichon berada di bangku dekat tuan puterinya yang menyandarkan diri ke meja tulis.

Di Italia dan Spanyol anjing ini populer sebagai anjing bangsawan. Sedangkan di Amerika cukup berbeda. Para penggemar anjing di Amerika menobatkan anjing ini sebagai anjing yang paling mempesona diantara para non-sporting dog.

Bulunya tampak tebal karena memang terdiri atas 2 lapisan. Lapisan dalamnya lunak dan padat, sedang bagian luar lebih kasar dan keriting. Kombinasi ini menjadikan bulunya seperti permadani lembut bila disentuh. Apalagi, sekujur tubuhnya putih bersih, kecuali bagian wajah dan di dekat telapak kakinya, yang kecokelatan. Warna cokelat di sekeliling mata memberi aksen tersendiri dan ekspresi yang khas.

bichon frise for sale, bichon frise price, bichon frise temperament, bichon frise grooming, bichon frise breeders, bichon frise rescue, bichon frise training, bichon frise yorkie mix

Bichon frise yang putih dan lucu
gambar : akc.org

Selain berpenampilan bagus, pesona bichon frise masih ditunjang oleh karakternya yang menyenangkan. Perangainya ramah, sensitif, suka bermain dan setia. Karena itu ia sangat cocok dijadikan teman di rumah. Setiap bertemu orang asing, seekor Bichon selalu ingin berkenalan. Di samping berfungsi sebagai companion dog (anjing pendamping) ia juga merupakan anjing kontes bila memenuhi standar tertentu.

Standar Kontes untuk Anjing Bichon

Standar kontes Bichon antara lain, kepalanya ditutupi oleh bulu berbentuk jambul, di kreasikan sehingga keseluruhannya terkesan membulat. Moncongnya harus menonjol dan berwarna hitam dengan bibir yang juga hitam. giginya rapat dan runcing saling bertemu dengan gigi lain membentuk huruf V. Matanya harus bulat berwarna hitam atau cokelat gelap. Telinganya jatuh ditutupi oleh bulu yang panjang. Lekukan leher Bichon harus panjang dan mendukung kepala yang tegak. Garis punggung sebaiknya datar. Di samping hal-hal tersebut masih ada ketentuan penunjang lain termasuk bulu yang harus berlapis ganda.

Perawatan Anjing Bichon Frise

Makanannya berupa daging mentah atau setengah matang, diberikan 2 kali sehari dengan jatah 1 ons per ekor. Bisa juga berupa dog food. Minumnya susu satu gelas pagi dan malam hari.

Untuk mendapatkan bulu yang prima, sebaiknya menggunakan vitamin bulu (visorbit) bersamaan dengan makan pagi. Dan, agar bentuknya bagus, bulu dipotong di salon anjing. Kebersihan bulunya dijaga dengan memandikannya seminggu sekali. Tapi bila cuaca tidak menghendaki, Bichon cukup diberi bedak. #Ref : PSP ~~ Anjing Bichon Frise yang Putih dan Lucu ~~