Lazada Indonesia

Makam-Makam Kuno di Dunia

Makam-Makam Kuno di Dunia

Seperti yang Anda ketahui piramida kuno dibangun dalam berbagai bentuk dan ukuran. Dan di Mesir piramida berfungsi sebagai makam para raja-raja. Dan biasanya di dalam makam-makam kuno tersebut terdapat timbunan harta raja ataupun barang berharga lainnya. Tapi tahukah Anda bahwa makam-makam kuno itu tidak hanya terdapat di Mesir ? Bahkan di Indonesia, ternyata terdapat makam-makam kuno yang sangat populer. Selain itu masih banyak lagi makam-makam kuno yang tersebar di seluruh dunia. Dan di bawah ini adalah makam-makam kuno yang tersebar di beberapa Negara, termasuk Indonesia.

1. Waruga – Makam Sawangan Minahasa

berita makam kuno, makam kuno peninggalan kerajaan demak, makam kuno dunia, orang kuno, tomb, sanctuary, cemetery, antique

Posisi mayat (jenazah) seperti bayi
gambar : indonesiavisit.info

Adat istiadat dan budaya diterjemahkan melalui banyak cara termasuk bagaimana cara seseorang dikebumikan. Jika Tana Toraja menguburkan jenazah diatas gunung batu terjal, berbeda dengan yang dilakukan oleh suku Minahasa Sulawesi Utara. Mereka memakamkan jenazah ke dalam peti pada material batu. Tradisi ini disebut waruga. Tradisi ini adalah merupakan tradisi yang ada pada zaman megalitik yang dilanjutkan hingga abad ke-19.

Peti terdiri atas dua bagian yang berfungsi sebagai wadah dan tutup. Letak makamnya tegap di atas tanah melihat orang yang melihatnya pasti bertanya-tanya para leluhur Minahasa memposisikan jenazahnya. Sebelum memasuki gerbang pemakaman kuno waruga, pada tembok luar terdapat relief tata cara pemakaman waruga. Dimana jenazah diringkup dengan kaki terlipat, mirip posisi bayi saat di dalam kandungan. Jadi, filosofi yang lahir seperti pada saat manusia akan dilahirkan seperti itulah posisinya saat meninggalkan dunia melalui kematian.

sarkofagus, punden berundak, waruga jagat, waruga zaman megalitikum, waruga di minahasa, waruga ditemukan di, waruga minahasa, waruga sawangan

Waruga
gambar : indonesia.travel

Setelah jenazah diposisikan sempurna di dalam peti, barulah lubang ditutup batu yang berbentuk atap rumah. Atap diukur dengan bentuk variasi berupa orang, binatang, benda alam ataupun tanaman. Barang-barang milik jenazah juga ikut dimakamkan dalam waruga, seperti piring, perhiasan seperti cincin dan kalung. Namun saat ini barang-barang tersebut sudah diambil dari masing-masing makam dan disimpan di sebuah museum mini yang terletak tidak jauh dari kompleks pemakaman. Hal tersebut dilakukan karena sering ada orang yang tidak bertanggung jawab mengambil peninggalan isi waruga, bahkan bebatuan kuno yang menempel di kompleks pemakaman pun sering diambil orang. Namun tidak semua leluhur Minahasa bisa dikuburkan dengan cara seperti ini, karena hanya orang-orang tertentu yang memiliki posisi penting di masyarakat.

Nah jika Anda tertarik mengunjungi makam kuno waruga, letaknya terdapat di 40 km dari kota Manado di taman purbakala “Waruga Sawangan”. Ada sekitar 144 waruga yang bersemayam di kompleks pemakaman ini.

2. Makam Tana Toraja. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2