Jenis Tanaman Lidah Buaya (Aloe Species – Spesies Aloe)

Aloe Species – Spesies Aloe (Lidah Buaya)

jenis lidah buaya yang beracun, jenis lidah buaya yang bisa dimakan, jenis tanaman lidah buaya, jenis akar lidah buaya, lidah buaya untuk rambut, manfaat lidah buaya untuk wajah, mengolah lidah buaya, masker lidah buaya

Aloe broomii
gambar : jardinexotiqueroscoff.com

Lidah buaya (Aloe vera) yang kondang sebagai tanaman hias berkhasiat menyuburkan rambut itu ternyata hanya satu dari 270 spesies anggota genus aloe.

Kenapa aloe disebut sukulen ? Karena aloe mampu menyimpan air cadangan pada jaringan daunnya. Bentuk daun tebal, berdaging, dan banyak mengandung air. Daunnya berguna untuk bertahan hidup pada masa-masa sulit air, kemarau.

Tersusun seperti roset

Bentuk daun memanjang seperti pedang, getas, tersusun seperti roset pada batangnya ciri khas aloe. Bunganya terletak di tengah-tengah roset daun, berupa tandan. Salah satu spesiesnya yang sangat populer di Indonesia adalah lidah buaya (Aloe vera). Tanamannya banyak dipelihara di pekarangan rumah atau pot sebagai tanaman hias, sekaligus tanaman obat keluarga. Kalau kulit daun dibeset akan terlihat daging daunnya padat, bening, dan berlendir, mirip agar-agar.

Selain lidah buaya, banyak species aloe lain yang dikembangkan untuk tanaman hias. Aloe salah satu nama kelompok genus famili Liliaceae (bakung-bakungan), sehingga masih berkerabat dekat dengan bawang, lili dan bakung. Di dunia terdapat sekitar 270 spesies anggota aloe, belum termasuk hibridanya.

Eksklusif

aloe bainesii care. aloe bainesii plant, tree aloe information, aloe bainesii tree, jenis-jenis lidah buaya, macam tanaman lidah buaya

Aloe bainesii tree
gambar : Nelly. S

Aloe bainesii dapat mencapai tinggi 6 m. cocok untuk taman. Tanaman ini adalah termasuk aloe pohon, karena tinggi dan batang pokoknya terlihat jelas, serta dapat bercabang-cabang seperti pohon. Aloe itu tergolong langka dan eksklusif, harganya bisa di atas satu juta rupiah per batang untuk tanaman yang masih juvenil (anakan).

Aloe ballyi juga termasuk aloe pohon, yang tingginya bisa mencapai 1,5 m. batangnya bulat tegak meninggi. Penampilannya mirip palem atau pohon kelapa dengan kumpulan daun di atas sebagai tajuknya.

jenis lidah buaya yang beracun, deskripsi tanaman lidah buaya, klasifikasi tanaman lidah buaya, budidaya tanaman lidah buaya, jenis tanaman lidah buaya

Aloe ferox
gambar : aloeferoxafrica.com

Aloe ferox atau Aloe hanburyi juga termasuk aloe yang dapat tumbuh tinggi dan besar, sehingga termasuk pula aloe pohon. Di bawah roset daun terdapat tegakan batang yang membulat, dan tidak berdaun lagi setelah tanaman tumbuh setinggi 1 m. daun lanset memanjang, berselaput lilin, berwarna kemerah-merahan. Duri daun terdapat di sembarang tempat. Duri di tepi daun panjang, kuat, bengkok. Demikian pula duri pada tengah, sisi, dan bawah daun. Berdasarkan warna daunnya ada yang variegata, sehingga nama ilmiahnya disebut Aloe ferox variegata.

Spesies aloe lain pada umumnya berukuran sedang sampai mini. Cantik sekali kalau diperlakukan sebagai tanaman pot. Masing-masing spesies memiliki ukuran, warna dan penampilan yang unik. Yang tergolong eksklusif antara lain Aloe polyphylla, Aloe dichotoma, A. marlothii, A. ramosissima, A. arborescens, dan A. plicatilis.

jenis lidah buaya yang beracun, jenis lidah buaya yang bisa dimakan, jenis tanaman lidah buaya, jenis akar lidah buaya, lidah buaya untuk rambut, manfaat lidah buaya untuk wajah, mengolah lidah buaya, masker lidah buaya

Aloe dichotoma
gambar : namibgarden.co.za

Beberapa spesies lain yang unik adalah Aloe peglerae, Aloe burgerfortensis, Aloe erinacea, Aloe garippiensis, Aloe mudenensis, Aloe humilis, Aloe arborescens variegata, Aloe branaraiensis, Aloe mitriformis, Aloe deltoideodenta, Aloe somaliensis, Aloe plicatilis, Aloe plicatilis var. variq, Aloe broomii, Aloe chabaudii, Aloe gracilis, Aloe bellatula, Aloe haworthioides, Aloe brevifolia, Aloe beocock, Aloe Black Beauty, dan Aloe aubareschis. Keunikannya terletak pada corak warna, bentuk daun dan susunan rosetnya yang berbeda dengan lidah buaya biasa.

aloe types pictures, aloe plant types, aloe vera plant types, aloe plant, aloe barbadensis

Aloe peglerae
gambar : xericworld.com

Tahan kekeringan

Aloe termasuk tanaman yang paling mudah dirawat, dan tahan kekeringan. Sebagai tanaman hias keluarga di rumah, walau ditinggal atau tidak tersiram air selama seminggu sampai dua minggu, aloe tak akan mati. Ini karena ada cadangan air di daun. Di alam, aloe tumbuh di daerah yang curah hujannya rendah seperti afrika Selatan dan Madagaskar. Daya tahannya terhadap kekeringan luar biasa, tak kalah unggul dibandingkan sanseviera, cocor bebek, sedum, agave, dan kaktus, yang semuanya juga termasuk sukulen. #BS. ~~ Jenis Tanaman Lidah Buaya (Aloe Species – Spesies Aloe) ~~

No Responses