Nama-Nama Organisasi (Hewan) Satwa Peliharaan

Nama-Nama Organisasi (Hewan) Satwa Kesayangan

Organisasi satwa kesayangan seperti PKBSI, Perkin dan PIHI semakin marak perkembangannya. Lembaga-lembaga swadaya masyarakat tersebut berfungsi sebagai penyedia rekreasi yang sehat. Mereka juga giat mendidik masyarakat agar terus mengembangkan budaya memelihara dan mencintai satwa serta menjaga kelestarian lingkungan alam.

artikel organisasi hewan, struktur organisasi hewan, contoh makalah organisasi hewan, makalah struktur hewan, pengertian struktur hewan, nama organisasi sosial, nama organisasi hewan internasional

Dalam sejarah peradaban manusia, kebun binatang pertama kali didirikan di Cina tahun 1.100 SM pada Zaman Dinasti Chou. Kegiatannya mengumpulkan binatang kesayangan raja untuk dijadikan tontonan.

Kebun binatang yang didirikan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah kebun binatang di Paris pada tahun 1793. Fungsinya untuk penelitian farmasi dan kedokteran. Tahun 1826 di London, Inggris didirikan London Zoological garden, dan tahun 1837 di Amsterdam, Negeri Belanda didirikan kebun binatang. Kebun binatang pertama di Indonesia adalah Kebun Binatang Surabaya, berdiri tahun 1916.

Selain kebun binatang banyak lembaga lain yang bergerak di bidang pengembangan dan pelestarian satwa. Organisasi itu antara lain adalah sebagai berikut :

PKBSI

PKBSI adalah singkatan dari Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia, berdiri 5 November 1969. Lembaga swadaya masyarakat ini mewadahi sekitar dua puluhan kebun binatang, taman safari, taman satwa, taman burung, dan gelanggang samudera. Di tempat-tempat inilah berbagai satwa dikumpulkan, dipelihara, dan diperagakan untuk umum.

Menurut PKBSI, kebun binatang modern bukan semata-mata tempat rekreasi, tapi juga merupakan arena pendidikan, penelitian, dan pelestarian alam. Bonbin mengambil bagian sebagai kawasan ex-situ (pelestarian jenis di luar habitat asli), yang merupakan kubu terakhir kelestarian jenis.

Keberhasilan membiakkan satwa langka yang nyaris punah telah berhasil dicapai kebun binatang Indonesia. Kebun binatang ragunan sudah berhasil menangkarkan beberapa jenis primata (misal orang hutan), kambing hutan sumatera, rusa tutul, rusa bawean. Kebun Binatang Surabaya sudah menangkarkan komodo, jalak bali. Gelanggang Samudra Ancol berhasil mengkarkan lumba-lumba laut, pesut mahakam. Taman Burung TMII sudah berhasil menangkarkan cendrawasih kuning kecil, maleo, dan kepodang.

Perkin

perkin definition, perkin knives, perkin indonesia, perkin jakarta, perkin warbeck, perkin reaction, william henry perkin

Logo Perkin Indonesia

Perkin adalah merupakan kependekan Perkumpulan Kinologi Indonesia. Lembaga ini adalah cabang Federasi Kinologi Internasional.

Lembaga peranjingan ini berdiri 17 Maret 1922 di Sukabumi dengan nama Nederlandsche indische Kunologen Vereeniging, disingkat NIKV. Nama baru Perkin (Perkumpulan Kinologi Indonesia ditetapkan di Jakarta setelah berlangsung Musyawarah Nasional tahun 1982.

Kegiatan memperluas kegiatan kinologi, menentukan mutu anjing trah, memberi penyuluhan tentang pembiakan anjing trah, menyelenggarakan pameran dan ketangkasan anjing trah, menyelenggarakan pendaftaran dan pencatatan anjing trah, mengawasi pemacakan/kelahiran/pengeluaran silsilah anjing trah, menjalin hubungan keakraban antara anggota yang memiliki anjing trah, mengadakan hubungan kerjasama dengan instansi resmi dan perkumpulan peranjingan di luar negeri.

Di bawah naungan Perkin terdapat KATKI (Klub Anjing Trah Kecil Indonesia), KATHI (Klub Anjing Trah Companion Indonesia), KATHI (Klub anjing Trah Hound Indonesia), dan KATTI (Klub Anjing Trah Terrier Indonesia). Klub ini khusus mengurus anjing trah di bidangnya masing-masing.

Perhimpunan Sahabat Satwa

Perhimpunan Sahabat Satwa (Friends of The Zoo) adalah kelompok orang-orang yang antusias secara sukarela membantu Kebun Binatang Ragunan meningkatkan kesadaran lingkungan hidup dan melindungi kelestarian satwa untuk kepentingan planet bumi di masa yang akan datang.

Lembaga ini bertujuan memupuk kesadaran masyarakat akan khasanah kehidupan satwa dan melindungi kelestarian satwa dari ancaman kepunahan. Kegiatannya mendidik masyarakat menuju tingkat pengertian yang lebih tinggi akan tujuan dan fungsi kebun binatang.

PIHI

PIHI adalah kependekan dari Perhimpunan Ikan Hias Indonesia. Kegiatannya menghimpun dan menjembatani kepentingan penggemar (hobiis), peternak, pengusaha dan ilmuan ikan hias secara nasional maupun internasional.

Di samping menanamkan rasa cinta alam sambil memuaskan kebutuhan hobi, lembaga ini berusaha memberikan informasi teknologi budidaya dan pemanfaatan ikan hias, serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan pelestarian sumber daya hayati untuk menunjang pembangunan nasional berwawasan lingkungan. Lembaga ini berdiri 6 Juni 1976.

Yayasan Sapta Nawawi Bhakti

Yayasan Sapta Nawawi Bhakti bertujuan menjaga kesehatan lingkungan untuk menghindari penularan penyakit yang dibawa oleh binatang kesayangan. Kegiatanya mendirikan Rumah Sakit Hewan Jakarta (RSHJ).

Di dalam rumah sakit ini terdapat unit-unit pelayanan berupa klinik, laboraatorium, radiologi, bedah, rawat inap, perawatan melahirkan, grooming, petshop dan apotek yang tersedia dalam satu lokasi. Yang diutamakan pelayanannya adalah anjing, kucing dan kera karena disebut-sebut paling dekat dengan manusia. Di sini juga disediakan taman pusara untuk makam, ketiga jenis hewan itu. Di tempat itu pula Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) berkantor.

Pordasi

artikel organisasi hewan, struktur organisasi hewan, contoh makalah organisasi hewan, makalah struktur hewan, pengertian struktur hewan

Logo pordasi dan perempuan menunggang kuda

Pordasi adalah kependekan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia. Kegiatannya merangsang usaha pengembangan kuda ternak, pacuan, dan olahraga (ekuestrian). Sertifikasi kuda dilakukan oleh BRK-Pordasi (Biro Registrasi Kuda – Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia).

Lembaga lain

Di bidang ternak terdapat kegiatan adu ketangkasan domba garut yang dikelola HPDKI (Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia) di Jawa Barat, dan karapan sapi madura di Madura (Jawa Timur) yang dikelola pemda setempat.

Di Indonesia belum terdapat organisasi yang khusus menangani kucing, karena jumlah kucing trah masih sedikit. Di Amerika Serikat organisasi kucing antara lain dikelola oleh CFA (Cat Fanciers Association), di Inggris oleh GCCF (The Governing Council of The Cat Fancy).

Lembaga lain yang menaruh minat di bidang kelestarian satwa antara lain Perkumpulan Herpetologi Indonesia yang bertujuan memasyarakatkan kecintaan terhadap reptil dan amfibi, Pusat Latihan gajah (PLG) Way Kambas, Lampung yang bergerak di bidang penjinakan dan latihan gajah liar untuk tenaga kerja dan atraksi, dan Indonesia Flora-Fauna Trade Association (IFFTA) atau Asosiasi Pengusaha Flora-Fauna yang bergerak di bidang perdagangan flora dan fauna.

Pada lingkup lingkungan hidup terdapat WALHI (Wahana Lingkungan Hidp) dan Kelompok X PLH (Pengembangan Lingkungan Hidup).

Di tingkat internasional terdapat CITES (Convention on International Trade in Endangered Spesies) yang berhak mengatur perdagangan flora-fauna yang dilindungi undang-undang, dan IUCN (International Union for Conservation of Nature and Naturan Resources) yang berwenang mengadakan serangkaian pemeriksaan terhadap perusahaan penangkaran flora-fauna langka. #BS ~~ Nama-Nama Organisasi (Hewan) Satwa Peliharaan ~~