Ikan Jagungan (Orange spotted filefish)

Ikan Jagungan (Orange spotted filefish) Si Kulit Amplas

oxymonacanthus longirostris care, harlequin filefish oxymonacanthus longirostris, oxymonacanthus longirostris beaked leatherjacket, oxymonacanthus longirostris fish, orange spotted filefish harlequin filefish, orange spotted filefish reef safe, longnose filefish

Sepasang ikan jagungan
gambar : sareefkeeping.com

Dilihat sepintas, corak tubuhnya seperti jagung. Kulitnya keras dan sekeras amplas. Duri di sirip punggungnya merupakan senjata yang ampuh.

Corak tubuhnya memang seperti jagung. Warnanya biru kehijauan dengan 7 deret bulatan kuning kemerahan menyerupai butir-butir jagung. Matanya biru dengan enam garis jari-jari berwarna kuning kemerahan. Jagungan, yang punya nama asing Orange spotted filefish, ini memang termasuk jenis ikan kupas-kupas (berkulit keras) yang paling menarik, baik warna maupun coraknya.

Moncongnya Panjang

Ikan jagungan yang banyak terdapat di perairan pantai ini termasuk famili Balistidae. Nama latinnya Oxymonacanthus longirostris (oxy artinya tajam, longirostris artinya moncong yang panjang). Sesuai dengan nama Latin-nya, moncong jagungan memang panjang, duri (acanthus) pertama pada sirip punggungnya keras tajam, dengan sebuah duri lain yang sangat kecil, yang digunakan untuk mengunci duri pertama tadi dalam posisi tegak. Mulut jagungan kecil dengan 8 gigi di setiap rahangnya.

Di Indonesia, jagungan banyak ditemui di perairan pantai dan terumbu karang seperti di Kabupaten Seribu, Pangandaran, atau di pantai-pantai sekitar Bali. Gerakannya agak lambat. Ia selalu berenang dengan kepala di bawah dan menyerong ke depan.

Ikan ini paling suka berenang di antara rerumputan, tanaman laut, atau cabang-cabang bunga karang. Kadang-kadang ia hinggap, seolah-olah tersangkut di antara cabang-cabang karang. Hanya matanya saja yang bergerak ke sana kemari untuk memantau situasi di sekelilingnya. Kalau ia sedang istirahat atau sembunyi, posisinya tegak atau menyandar, menyamar sebagai bagian dari tanaman laut atau bunga karang. Sering dalam posisi demikian, jagungan menggerak-gerakkan sirip-siripnya sehingga mengesankan rumput laut yang melambai-lambai.

Durinya Tajam

ikan jagungan, oxymonacanthus longirostris fish, perikanan jagung, jual jagung, beli jagung, pembeli jagung, bibit jagung, pertanian jagung, peternakan jagung, butuh jagung

Ikan jagungan, oxymonacanthus longirostris fish
gambar : kumo.blog.ocn.ne.jp

Jagungan senang menyelinap di antara tanaman dan cabang-cabang karang karena ia tidak suka diusik oleh ikan lain. Selain itu, juga untuk menghindari gangguan ikan-ikan lain yang lebih besar. Akan tetapi, siapa yang mau mengganggu jagungan ? sisiknya saja keras dan sekasar amplas besi. Duri punggungnya pun berbahaya. Walaupun warna dan coraknya menarik, kulitnya benar-benar tidak enak di santap oleh ikan yang bermaksud mengganggunya.

Duri punggungnya yang pertama merupakan senjata ampuh untuk melukai musuh. Jika ditegakkan, duri itu akan terkunci ddan sukar direbahkan. Ia baru dapat rebah, kalau duri keras kedua yang lebih kecil ditekan.

Ikan besar yang belum tahu betapa keras dan kasarnya kulit jagungan kadang-kadang mencoba menyergap dan melahapnya. Akan tetapi, apa yang terjadi? Begitu ia menelan jagungan, saat itu juga ia memuntahkannya kembali. Sebab karena kaget, saat diterkam jagungan segera menegakkan duri sirip punggungnya, sehingga tersangkut di langit-langit mulut pemangsanya. Sebaliknya, pemangsa yang merasa sakit, segera memuntahkan jagungan kembali. Jagungan yang sesak napas dalam mulut pemangsanya terus berusaha keluar, dengan merebahkan duri sirip yang bikin nyangkut tadi dan akhirnya bisa meloloskan diri!

Senang Tanaman

Jagungan yang warnanya dan coraknya unik ini ternyata banyak disukai pecinta ikan hias air laut. Ia dapat hidup tenang dan tahan lama dalam lingkungan akuarium yang cocok. Cabang-cabang tanaman dan karang laut hidup membuatnya betah tinggal dalam akuarium. Ia bisa “parkir” dan bersembunyi di sana. Pakan atau makanan untuk ikan jagungan juga tidak sukar dicari. Ia suka melahap rebon, cuk, bahkan cacing sutera. #DR ~~ Ikan Jagungan (Orange spotted filefish) ~~