Lazada Indonesia

Baidu, Google dari China

Baidu, Google dari China

baidu adalah virus, baidu browser adalah, search engine baidu, logo baidu, gambar baidu

Baidu adalah search engine (mesin pencari) paling besar di China

Didirikan tahun 2000. Baidu adalah alat pencarian (search engine) nomor satu di China. Dengan lebih dari 100 juta pengguna setiap harinya. Baidu dilepas ke pasaran pada tahun 2005 dan sahamnya melonjak di hari pembukaan. Delapan tahun kemudian sahamnya bernilai lebih dari 50 miliar USD dan menolak akuisisi atau pengambilalihan dari Google, Microsoft dan Yahoo.

Baidu menjadi kisah perkembangan besar bagi investor selama beberapa tahun belakangan. Posisinya menguntungkan dari perkembangan pasar Internet di China. Seperti perusahaan internet global lainnya, Baidu mengikuti penggunanya dari mulai desktop sampai mobile. Di bulan Juli tahun ini, Baidu memperluas jaringannya ke smartphone dan tablet dengan membeli toko aplikasi 91 wireless seharga 1,9 miliar USD. Akuisisi terbesar yang pernah ada di perusahaan teknologi China.

Salah satu situs yang lebih besar dari Baidu adalah facebook. CEO Baidu yang bernama Robin Li telah lama berteman dengan Mark Zuckerberg. Ketika Mark Zuckerberg mengunjungi China pertama kalinya di tahun 2010, salah satu persinggahannya adalah markas Baidu di Beijing. Seperti yang kita ketahui facebook tetap diblokir di China. Menurut laporan, jejaring sosial seperti facebook bisa kembali memasuki China melalui gabungan usaha dengan Baidu. Tetapi jejaring sosial China sendiri seperti Sina Weibo telah tumbuh begitu besar hingga Li berkata itu sudah terlambat.

Sekilas tentang CEO Baidu Robin Li

robin li baidu email, contact baidu, robin li biography, baidu ceo robin li, robin li baidu divorce, robin li baidu linkedin, chinese web services company headquartered in the baidu, baidu in english

Baidu CEO Robin Li
gambar : chinainternetwatch.com

Nama lahirnya adalah Yanhong Li lahir pada tanggal 17 November 1968. Robin Li mungkin adalah pria terkaya ketiga di China dan usahawan teknologi terkaya di negaranya. Tetapi jalan sejarah kesuksesannya dimulai di tempat yang tak terduga. Berasal dari sebuah desa kecil, 400 km di sebelah Barat Daya Beijing. Dia terlahir di kota kecil bernama Yangquan di Timur China.

Orangtuanya merupakan buruh pabrik. Dia mempunyai empat orang saudari. Dia adalah satu-satunya anak laki-laki dari lima bersaudara. Sejak dulu dia sangat tertarik pada komputer. Setelah lulus kuliah di Beijing, Li pindah ke Amerika di tahun 1991. Memperoleh gelar sarjana dari Universitas New York Buffalo. Lompatan besar pertamanya adalah ketika dia memenangkan paten untuk teknologi kunci yang dipakai dalam pencarian online.

Setelah satu dekade di Amerika, Li kembali ke China dengan rekan bisnisnya, Eric Xu. Dan berdua mereka mendirikan perusahaan yang kini dikenal dengan Baidu, Google dari China. Dia juga berteman dengan beberapa orang yang berpengaruh seperti Bill Gates dari Microsoft, Mark Zuckerberg dari Facebook, Jack Ma dari Alibaba. Fakta yang menarik adalah bahwa hubungannya dengan pendiri Google (Larry Page dan Sergey Brin) sedikit lebih pada permusuhan dari pada persaingan. DD ~~ Baidu, Google dari China ~~

Comments
  1. Hana |
  2. hendar |