Jenis – Jenis Kue yang Bernama Putu

Jenis-jenis Kue yang Bernama Putu

Mendengar kata “putu” tentu tidak asing lagi di telinga anda. Nama yang banyak terdapat di Bali tentunya selain made dan ketut. Tetapi kali ini ngasih.com tidak akan membahas nama I putu ini atau I putu itu, melainkan akan membagi informasi tentang jenis kue atau camilan yang bernama putu. Berikut beberapa diantaranya :

1. Kue Putu

resep kue putu bambu, resep kue putu ayu enak, kue putu kacang, kue putu ayu singkong, kue putu ayu bantat, kue putu recipe

Kue putu yang umum biasanya berwarna hijau
gambar : gembongresep.blogspot.com

Sejauh ini tidak ada literatur yang menjabarkan secara jelas arti dari nama putu untuk kue berwarna hijau ini. Namun yang pasti kue putu telah lama ada dalam kehidupan masyarakat kita.

Cara membuat kue putu pun cukup unik caranya adalah siapkan bahan yang terdiri dari tepung beras, tepung sagu, garam, baking powder, panili dan pewarna makanan hijau, tetapi akan lebih bagus jika menggunakan daun pandan sebagai pewarna.

Campur tepung beras dengan tepung sagu, setelah rata sisihkan sebentar. Kemudian larutkan garam kedalam air putih, tambahkan juga pewarna makanan atau air perasan daun pandan, baking powder dan panili, aduk rata hingga terbentuk larutan berwarna hijau. Proses selanjutnya tuang larutan ke dalam campuran tepung dan tepung sagu tadi. Uleni dengan tangan hingga menjadi gumpalan padat. Setelah itu gosokan adonan diatas saringan khusus hingga menjadi bulir-bulir halus. Kini bahan kue putu-pun siap dibawa untuk dijajakan.

Selain adonan tepung ada juga gula jawa yang sudah digerus dan kelapa parut. Untuk mencetaknya para penjual kue ini biasanya memasukan sedikit adonan pada cetakan bambu, tambahkan gula jawa atau gula merah, lalu tutupi lagi dengan tepung. Inilah yang membuat kue putu mudah dikenali dari kue lain. Bunyi berupa siulan pada saat proses membuatnya menjadi salah satu ciri tersendiri. Begitu matang lantas kue putu disajikan dengan parutan kelapa yang gurih. Kue ini akan lebih enak jika dimakan saat hangat. Tetapi di di perkotaan bahkan di desa-desa keberadaan penjualnya mulai berkurang, jika halnya seperti itu, tidak ada salahnya bila Anda mencobanya sendiri di rumah.

2. Kue Putu Ayu. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2