12 Jenis Burung yang Tidak Bisa Terbang

12 Burung yang Tidak Dapat Terbang

macrocephalon maleo, maleo bird video, maleo bird call, maleo bird hatching, maleo celebes, megapode maleo, macrocephalon, maleo bird image

maleo bird image
gambar : wikipedia.org

Apakah Anda pernah berharap bahwa Anda adalah seekor burung yang terbang melayang di atas padang rumput? Bagaimana kalau burung phoenix seperti di dalam mitos ?

Selama berabad-abad orang-orang telah penuh harap menyaksikan burung mengepakkan sayap dan merasa sedikit cemburu akan hal itu. Tapi bagaimana dengan burung yang tidak terbang? Anda akan berpikir bahwa burung yang tidak bisa terbang secara pasti menyimpan dendam terhadap sepupu mereka yang dapat bergerak bebas  tetapi hewan-hewan tidak bisa terbang ini benar-benar mengagumkan dengan keunikannya tersendiri.

Seperti di ketahui burung selalu identik dengan kemampuan terbangnya. Namun ada beberapa jenis burung yang tidak dianugerahi kemampuan itu. Sebagai gantinya biasanya burung-burung itu punya kelebihan lain. Burung-burung apa sajakah itu ? Berikut informasinya.

1. Kalkun (Turkey)

bird can't fly what to do, injured bird can't fly, ayam kalkun, ternak kalkun dan harga kalkun, kalkun betina, kalkun tilbehør, kalkun stuffing, kalkun sms, resep kalkun panggang

Kalkun (Turkey)
gambar : livestockconservancy.org

Bernama latin Meleagris gallopavo, kalkun termasuk unggas yang tidak bisa terbang. Karena struktur tubuh yang berat membuat sayap kalkun tidak mampu mengangkat tubuhnya terlalu jauh. Kalkun dipercaya berasal dari dataran Amerika Utara. Jantan dan betina mudah dibedakan dari ciri fisiknya. Kalkun jantan berukuran lebih besar dari kalkun betina, bulu pada kalkun jantan juga lebih lebat dan bercorak. Kabupaten Pringsewu Lampung tepatnya di peternakan Mitra Alam, merupakan salah satu peternakan yang secara khusus mengembangbiakkan kalkun. Sebagai hewan ternak, kalkun rupanya mempunyai nilai komoditi yang sangat tinggi. Kalkun-kalkun ini merupakan unggas pedaging yang punya banyak peminat di pasaran.

Untuk mengasilkan kalkun pedaging yang sehat. Burung yang berukuran cukup besar ini diberi makan secara rutin dua kali sehari dengan jagung giling, kebersihan dalam kandang pun harus selalu diperhatikan. Karena termasuk hewan teritorial atau (mempunyai sifat penguasa lahan atau tertentu) kalkun-kalkun ini harus saling dipisahkan agar tidak saling mengganggu.

Nilai lebih dari kalkun dilihat dari produktivitas telurnya, di peternakan Mitra Alam hampir setiap hari telur dikumpulkan dari kandang-kandang indukan. Bahkan kalkun betina dapat bertelur tanpa proses pembuahan. Sebagai hewan ternak, kalkun jelas memiliki kelebihan yang tidak dimiliki unggas lain, manfaat inilah yang membuat kalkun tetap bersinar walaupun tidak bisa terbang.

2. Burung Unta. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2