Lazada Indonesia

Merawat Benih Ikan Betutu

Merawat Benih Ikan Betutu

budidaya ikan betutu teori dan praktek, cara budidaya ikan betutu, budidaya ikan betutu di kolam terpal, budidaya ikan betutu pdf, peluang usaha budidaya ikan betutu, makalah budidaya ikan betutu, gambar ikan betutu, klasifikasi betutu

Benih ikan betutu
gambar : sidatmasapi.blogspot.com

Anda sudah mengetahui bagaimana cara budidaya ikan betutu, ikan mahal yang selalu jadi rebutan. Namun persoalan yang dihadapi tidak hanya sampai di situ. Masih banyak permasalahan yang akan muncul setelah Anda memperoleh telur hasil pemijahan.

Masalah yang sering muncul dan sifatnya sangat mendasar adalah pemeliharaan benih atau larva. Benih-benih yang didederkan dan sekurang-kurangnya berukuran 2 – 3 cm itu harus melewati masa pemeliharaan selama 60 hari yang dimulai dari penetasan telur.

Teknik Penetasan Telur

Telur ikan betutu bentuknya bulat lonjong seperti Jelly dan transparan. Ukurannya sangat kecil, kira-kira bergaris tengah 0,83 mm serta segera melekat satu sama lain begitu kontak dengan air.

Setelah proses ovulasi dan pembuahan berlangsung, telur-telur itu akan melekat pada permukaan lempeng sarang, menutupi luasan 250-350 cm2 dengan kepadatan kira-kira 80 butir/cm2.

Setelah yakin di dalam lempeng sarang ada telurnya, lempeng itu dibersihkan dari kotoran yang melekat, baru kemudian dipindahkan ke dalam akuarium yang dapat menampung 2 – 3 lempeng sarang atau yang berkapasitas 40 liter air. Agar telur-telur itu mendapat oksigen secara merata, tiap akuarium perlu diberi 2 – 3 batu areasi. Inkubasi telur-telur ini cocok pada suhu 26 – 28oC dan derajat keasaman (pH) air sekitar tujuh. Setelah 2-4 harit elur-telur itu berangsur-angsur akan menetas dan menghasilkan larva berukuran 3,5 – 4,0 mm.

Perawatan Larva

Semua larva yang baru menetas dipindahkan dari aquarium ke dalam tangki berukuran 6 m2 dan tinggi 50 cm2, kemudian diisi sedalam 40 cm. Tangki itu dapat terbuat dari fibre atau papan kayu yang dilapisi plastik.

Agar pertumbuhan larva tidak terganggu, tingkat kepadatan harus diperhatikan. Jumlah larva betutu yang dapat ditampung sekitar 96.000 atau pada kepadatan 40 ekor larva per liter. Jumlah itu sekurang-kurangnya berasal dari 5 lempeng sarang.

Setelah berumur 4 – 5 hari, larva sudah butuh makanan dari luar, karena kuning telur sebagai cadangan makanannya sudah habis terserap tubuh. Pemeliharaan dalam tnagki ini dilakukan sampai benih berumur 30 hari, sehingga panjangnya mencapai sekitar 1 cm.

Karena panjang badannya semakin bertambah, wadah yang lama tidak dapat digunakan lagi. Ini dilakukan agar kepadatan perluasan wadah tetap terjaga, di samping kebutuhan makanannya yang semakin bervariasi. Untuk itu benih dari wadah pertama dipindahkan ke wadah yang lebih luas lagi berupa bak berukuran 10 m2 dan diisi air setinggi 30 – 40 cm. Sebelum bak digunakan perlu dilakukan pemupukan dengan pasir setinggi 5 cm dari dasar bak, urea, TSP dan kotoran ayam yang dosisnya masing-masing 10 – 15 dan 250g/m2. Tujuannya untuk menumbuhkan pakan alami yang kelak dibutuhkan betutu. Tunggu sampai kurang lebih 1 minggu, baru kemudian benih dapat dideder. Untuk mendapatkan benih siap deder yang panjangnya 2 – 3 cm, kepadatan benih yang ditebar adalah 1.000 ekor / m2. Untuk itu diperlukan waktu pemeliharaan kurang lebih 1 bulan.

Pemberian makan

manfaat ikan betutu, ikan betok, ikan betutu pdf, ikan betutu terbesar, ikan betutu harga, ikan ketutu harga pasaran, ikan ketutu makan apa, ikan ketutu benih

Cara merawat ikan betutu
gambar : indonetwork.co.id

Penyediaan pakan yang cocok bagi benih betutu, apalagi yang masih berupa larva dengan ukuran mulut yang hanya 100 mikron, sering menjadi problem yang menghambat kelancaran proses budidaya-nya. Untuk mendapatkan benih yang berukuran maksimal dan tingkat kematian yang rendah, Anda dapat menerapkan jadwal pemberian pakan yang ada pada tabel 1.

Tabel 1. Jadwal Pemberian dan Jenis Makanan untuk Benih Betutu

Pakan Umur Benih
Kuning telur rebus 3 – 7 hari
Rotifer 3 – 30 hari
Moina sp. 3 – 30 hari
Artemia 20 – 30 hari
Chironomus 30 – 60 hari
Cacing rambut 30 – 60 hari
Cincangan ikan runcah 45 – 60 hari

#UK ~~ Merawat Benih Ikan Betutu ~~