Lazada Indonesia

Bisnis Ternak Kalkun

Bisnis Ternak Kalkun

harga kalkun, kandang kalkun, makanan kalkun, bibit kalkun, jual kalkun, penyakit kalkun, pakan kalkun, ternak dan pakan kalkun

Ayam kalkun

Orang Amerika beternak kalkun di lahan pertanian yang luas. Saking luasnya, sampai terpaksa disebut turkey ranch seperti halnya peternakan sapi. Satu ranch meliputi 3 – 5 ha untuk membesarkan belasan ribu ekor kalkun sekaligus. Tetapi ini jelas peternakan untuk menghasilkan telur. Penghuninya kalkun dewasa yang sudah masak kawin, berumur satu tahun ke atas.

Seperti telah dijelaskan tentang kalkun dalam artikel 12 Jenis Burung yang Tidak Bisa Terbang. Dalam turkey ranch, jenis yang jantan dipelihara terpisah dari jenis yang betina. Jadi tidak timbul perkelahian antar sesama kalkun jantan untuk memperebutkan sang betina.

Kandang mereka berupa padang pangonan terbuka yang dipagari anyaman kawat setinggi 1,5 m. sebagian dari “kandang” ini diberi atap peneduh untuk bernaung terhadap terik matahari dan hujan lebat. Sebagian lagi dibuatkan beberapa bak tempat pakan dan minum. Khusus kandang kaum betina masih dilengkapi lagi deretan kotak kayu untuk tempat bersarang dan bertelur.

1. Kawin Suntik

Pekerjaan rutin dalam turkey ranch semacam itu jelas memberi pakan dan minum. Agar tidak ada pakan terbuang percuma, jumlahnya dihitung dengan cermat. Lalu udiberikan dengan jatah yang tepat pula. Caranya dengan menggunakan alat-alat bantu otomatis, sehingga kerja itu selalu bisa selesai dalam waktu singkat. Acara utama tapi tidak merupakan kerja rutin, ialah mengawinkan kalkun dengan artificial insermination. Sperma kalkun jantan dikumpulkan dari para jago yang sudah agresif karena berahi. Diperlukan 3 orang untuk menangkap kalkun jagoan ini. Setelah kedua kaki dan sayapnya dipegang erat oleh 2 orang, orang ketiga menarik alat kelamin kalkun jantan dari cloaca-nya. Spermanya disedot dengan pipet untuk ditampung dalam tabung gelas steril.

Sperma yang terkumpul kemudian disuntikkan ke dalam cloaca (kloaka) kalkun betina. Alatnya berupa penyuntik yang ujungnya tumpul. Satu cc tiap ekor. Seekor kalkun betina dapat bertelur 45 butir selama 1,5 bulan. Bentuk telurnya mirip telur bebek, tetapi ukurannya bisa 2 kali telur ayam ras. Sebagian besar dijual sebagai telur konsumsi. Untuk itu, telur yang sudah terkumpul dibersihkan dulu dalam mesin pembersih. Telur yang sudah putih bersih, cemerlang dan halus, kemudian disusun tegak dalam lekukan-lekukan dari nampan karton. Setelah difumigasi dengan uap klor semuanya dikemas dalam kotak karton yang kuat dan tebal.

2. Merawat Anak Kalkun

jual bibit ayam kalkun, harga kalkun, ternak kalkun, jual kalkun dara, ayam bibit kalkun dijual

Anak ayam kalkun

Sebagian lagi dari telur itu diseleksi untuk dijadikan telur bibit yang ditetaskan menjadi DOC (Day Old Chick) kalkun. Seleksi sudah dilakukan terhadap induknya. Induk-induk pilihan ditandai dengan cincin tag di kakinya, untuk dipungut telurnya yang ditangani secara terpisah dari telur-telur induk biasa yang lain. Dalam mesin tetas yang dijalankan dengan listrik, telur bibit ini menetas dalam waktu 30 hari. DOC kalkun dibeli oleh para “pembesar ternak” kalkun yang menggemukan menjadi kalkun potong.

Ketika masih bayi dan belum berganti bulu, anak kalkun sangat rentan terhadap udara dingin. Mereka terpaksa digemukkan dalam kandang beratap yang dihangatkan dengan lampu. Susah makan, kesulitan yang selalu timbul dalam memelihara anak-anak itu. Salah satu cara yang biasa ditempuh ialah mencelup paruh mereka ke dalam air, kemudian kedalam bak berisi pakan yang butirannya halus.

Cara lain ialah menerangi bak pakan dengan lampu yang menyala. Kemudian memancing nafsu makan mereka dengan pemberian jagung giling halus berwarna kuning mengkilat yang disebar di atas pakan. Anak kalkun yang sudah lengkap bulunya lebih kebal terhadap udara dingin. Mereka dilepas dalam kandang lain yang lebih luas di udara terbuka. Pakan yang perlu diberikan harus lebih bergizi daripada pakan ayam, karena tumbuhnya memang pesat dan nafsu makannya juga sudah menggebu-gebu. Untuk mencegah kanibalisme di tengah lautan kalkun itu, paruh mereka dipotong sampai tumpul. Jadi tidak ada yang bernafsu mematuk rekan-rekan sekandangnya lagi.

Penggemukan dibatasi hanya sampai mereka berumur 3 – 4 bulan, hasil peternakan dipotong, dicabuti bulunya dengan mesin, dan dibuang isi perutnya, sebelum dicuci dan dibekukan.

3. Sejarah Ayam Kalkun. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2