Manfaat Tanaman Puring untuk Meredakan Mulas

Manfaat Tanaman Puring untuk Meredakan Mulas

taman puring dan manfaatnya, manfaat tanaman puring, artikel tanaman puring, klasifikasi tanaman puring, harga tanaman puring, jenis tanaman puring, budidaya tanaman puring, jual puring

Salah satu contoh tanaman puring
gambar : www.ngasih.com

Sebagai tanaman hias, puring mempunyai daun yang beraneka macam warnanya. Sebagai tanaman obat, akar dan daunnya bisa dipakai sebagai jamu perut mulas.

Tanaman ini berasal dari Maluku berbentuk perdu. Bentuk dan warna daunnya sangat bervariasi hingga nama marganya Codiaeum diberi embel-embel nama variegatum. Bentuk daun puring ada yang bulat telur, panjang lonjong, seperti panah, atau berupa pita lebar. Pinggiran daun ada yang halus ada pula yang berombak, keriting malahan ada yang terpeluntir.

Warna daun puring biasanya merah, namun ada pula yang hijau, kuning, cokelat dan campuran warna-warna itu. Tidak mengherankan kalau tanaman yang sangat dekoratif itu kemudian ditanam di mana-mana di luar Maluku sebagai tanaman hias. Di Parahiyangan misalnya, tanaman ini mereka sebut katomas dan banyak tumbuh di tepi sungai hingga ada sebuah sungai yang disebut Cikatomas. Diduga katomas yang tumbuh sampai 3 m tingginya itu berbunga lalu menyebarkan biji-bijinya dan hanyut sepanjang tepian sungai itu. Katomas pun tumbuh merajalela, menghiasi tepian sungai Cikatomas.

Diperbanyak dengan Setek

tanaman puring dan manfaatnya, jual puring, harga puring, mencari puring di semua pilihan, puring red dragon, tas puring

Tanaman puring dan manfaatnya
gambar : ngasih.com

Sebenarnya tanaman hias puring memang mampu berbunga juga, tapi bunga puring jarang kita lihat atau perhatikan karena kalah menarik warna dan bentuk dengan daunnya. Buah puring yang bulat akan pecah seperti buah jarak atau karet, tapi bijinya jarang kita perhatikan sebab tanaman hias ini lebih mudah diperbanyak dengan setek. Setek cukup dibuat 20 cm saja, dan diusahakan agar paling sedikit ada dua mata tunasnya. Potongan bagian bawah diusahakan berada di bawah mata tunas paling bawah. Kalau terlalu jauh di bawah mata tunas, sisa setek yang panjang di bawah tunas akan mudah busuk dan jadi sumber penyakit di persemaian.

Apasih yang berkhasiat ?

Akar dan forma (anak varietas) yang berdaun merah dipakai sebagai jamu sakit perut yang melilit. Itu dikarenakan mengandung tannin yang bersifat astringen (mengempiskan) sel-sel kulit dinding usus, seperti tannin-nya daun jambu biji. Yang diredakan bukan semua sakit perut, tapi hanya nyeri melilit-melilit yang disebabkan oleh reaksi badan (usus itu) mempertahankan diri terhadap perubahan suhu dan terhadap sesuatu dari luar yang bersifat racun saja.

Untuk itu, Akar puring berukuran 1 jari kira-kira 6 cm. Diperas air saringnya lalu diminumkan pada penderita, harapmaklum karena akan menyebabkan mencret atau diare setelah meminum ramuan ini, namun bersamaan dengan mencretnya, perut yang terasa melilit juga akan mereda. daun puring yang berwarna kuning zaman dulu sering dipakai untuk mengobati anak yang terkena sakit perut. Pencampuran daun susuru itu perlu. Kalau tidak tannin dalam akar puring yang begitu menimbulkan rasa terbakar dalam mulut dan tenggorokan.

Daun puring lebih rendah kadar tanninnya dibanding dengan akar, sehingga dulu banyak dipakai sebagai jamu atau obat tradisional untuk sakit perut untuk anak-anak terutama forma puring yang berdaun kuning.

Segenggam (kira-kira berisi 3 helai) daun yang masih muda dan segar digerus halus, tanpa campuran apa-apa kecuali sepercik air bersih, untuk menyerap sari daun. Hasil gerusan berupa bubur daun itu kemudian ditempelkan sebagai tapal pada perut anak kecil yang sedang sakit itu. Tannin dari daun muda itu setelah meresap menembus kulit badan dan dinding usus duabelajas jari, bertindak astringen pula seperti gerusan akar yang dipakai untuk pengobatan orang dewasa. Bagi orang dewasa, daun puring yang berwarna kuning kurang mujarab, tetapi rasanya justru enak, sampai banyak yang menggunakannya untuk lalab setelah dikukus. #SS ~~~ Manfaat Tanaman Puring untuk Meredakan Mulas

Comments
  1. Kurnia |