Lazada Indonesia

Mencampur Ikan Arwana dengan Ikan Lain

Mencampur Ikan Arwana dengan Ikan Lain

harga ikan arwana, ikan arwana termahal, ikan hias, jual ikan arwana red, ikan arwana silver, jenis ikan arwana, budidaya ikan arwana, ikan arwana golden red

Mencampur arwana dengan ikan lain

gambar : wikipedia.org

Umumnya arwana dipelihara secara soliter sebagai ikan hias. Tetapi seorang hobiis di Yogya memeliharanya bercampur dengan ikan oscar dan lele bangkok. Ternyata ketiga ikan itu dalam satu aquarium tidak saling bertengkar.

Arwana tetap bertahan sebagai ikan hias yang harganya paling mahal, walau jumlah penggemarnya tidak lagi setinggi beberapa tahun yang lampau. Alasannya, meledaknya jumlah penggemar arwana dulu, karena banyak orang terpaku oleh harganya yang melejit sampai jutaan rupiah. Akan tetapi, ternyata tidak semua arwana harganya bisa setinggi itu. Hanya arwana tertentu (red, golden red, dan super red) yang harganya bisa mencapai di atas Rp. 1.000.000,00 untuk ikan sepanjang 30 cm. Arwana lainnya, harganya jauh lebih rendah.

Akuarium Ideal

Paling ideal dan paling cocok, arwana dipelihara dalam akuarium segi empat memanjang. Selain serasi dengan bentuk tubuhnya yang panjng, ikan pun bisa berenang bebas kian kemari. Tentu saja besarnya akuarium harus disesuaikan dengan ukuran ikannya. “Akuarium segiempat tidak banyak terpotong dinding kacanya, sehingga penampilan ikan bisa utuh sempurna. Apabila penempatan akuarium ini dalam rumah tepat, tentu akan menjadi sumber pemandangan dan hiburan yang ideal.

Bisa dicampur dengan Jenis Ikan Lain

Sebagai ikan hias aquarium, banyak arwana dipelihara secara soliter (sendirian). Akan tetapi dipelihara bercampur dengan jenis ikan lain pun, arwana bisa menarik, karena jarang ada penggemar melakukan hal itu. Dan pemeliharaan secara campuran ini dilakukan oleh penggemar ikan hias kita sebut saja Mahmud di Yogyakarta dalam akuarium berukuran 1 x 0,5 x 0,5 m, yang diisi 1 ekor arwana berukuran 30 cm, 2 ekor oscar berukuran 25 cm, dan 2 ekor pangasius (sejenis ikan lele bangkok / ikan patin) berukuran 25 cm. “Walaupun dalam keadaan lapar sekalipun, mereka tidak saling berantem karena sudah saling mengenal” katanya.

Bagaimana Mencampurnya ?

Sama seperti penggemar lainnya, dulu ia juga memelihara arwana dalam akuariumnya hanya 1 ekor saja. Akan tetapi, ketika mempunyai 2 ekor ikan oscar ia tak punya akuarium lain untuk menempatkannya. Terpaksa ia harus menempatkannya dalam satu akuarium dengan arwana. Caranya, arwana yang sudah lama tinggal di dalamnya diberi makan sampai kenyang dahulu dengan udang kali. Setelah kenyang, baru ikan oscar dimasukkan dan berkumpul bersama dalam satu akuarium dengan arwana.

“Penghuni lama yang sudah kenyang akan lebih tenang menerima kehadiran penghuni baru, Mahmud menjelaskan, sehingga ikan yang baru saja masuk tidak berenang pontang-panting dikejar-kejar. Penghuni lama yang sedang lapar kadang-kadang marah, sehingga ikan yang baru menjadi sasaran kemarahannya. Sama dengan cara pertama, kedua ekor pangasius dimasukkan dalam akuarium panjangnya, dengan lebih dulu memberi makan sampai kenyang penghuni lamanya. Dan sampai sekarang ketiga jenis ikan hiasnya ini hidup serasi dalam satu tempat, tak saling mengganggu, dan rajin berenang kian kemari.

Ketiga jenis ikannya diberi makanan udang. Makanan diberikan secukupnya saja, terutama pada saat lapar. Udang diberikan satu persatu. Begitu disahut habis, ditambah lagi. Kalau ikan sudah tidak menunjukkan reaksi, pemberian makanan dihentikan. Dengan demikian isi akuarium terjaga kebersihannya. Ref : T ~ Mencampur Ikan Arwana dengan Ikan Lain ~

Comments
  1. Anak Arwana |