Lazada Indonesia

Bintik-Bintik Merah Pada Ikan Maskoki dan Cara Mengatasinya

Bintik-Bintik Merah Pada Ikan Maskoki

penyakit ikan koki mutiara, penyakit ikan koki dan pengobatannya, penyakit ikan koki berenang terbalik, penyakit ikan koki dan penyembuhannya, penyakit ikan mas koki

Salah satu dari sekumpulan ikan maskoki ini terkena penyakit bintik merah
gambar : northtrop.co.uk

Ikan maskoki Tosa, koki mutiara (pearl goldfish), koki lion head, dan calico sering terserang penyakit ini. Biasanya ikan yang terserang penyakit itu akan terlihat diam di dasar perairan dan akhirnya mati. Apa penyebab penyakit itu dan apa pula obatnya, dimana membeli obatnya ? Berikut informasinya.

Bintik-bintik merah yang terdapat pada maskoki itu tidak berbeda jauh dengan bintik-bintik putih (white spote).

Adalah lepuh-lepuh penyakit yang disebabkan oleh kuman atau jazat renik bersel tunggal. Penyakit itu mudah sekali menjalar dan menular pada ikan lain yang sehat. Selain menyerang kulit, bisa juga penyakit itu menyerang sirip, mulut dan tutup insang. Ikan penderita badannya akan lemah. Kalau-pun mampu bertahan hidup, pertumbuhannya akan terganggu.

Cara Mengatasinya dan Mengobatinya

Penyakit itu bisa diobati dengan Pomate, Gold-100, Aquagreen, Tropical Fish Medicine, atau obat-obatan lain yang kegunaannya serupa. Semua obat itu bisa diperoleh di toko-toko penjual ikan hias dan sarana ikan hias lainnya.

penyakit ikan mas koki dan cara mengatasinya, penyakit ikan mas koki dan cara mengatasi, penyakit ikan mas koki, jenis penyakit ikan mas koki, obat penyakit ikan mas koki

Ikan maskoki mutiara (pearl goldfish)
gambar : wikipedia.org

Pindahkan ikan yang sakit dalam akuarium atau wadah lain yang steril, berisi air sumur atau air PAM yang telah diendapkan selama 2-3 hari. biarkan perilaku ikan agak tenang dulu dalam wadah itu, lalu teteskan obat sesuai petunjuk yang tertera dalam labelnya. Biarkan ikan sakit berada dalam akuarium pengobatan selama beberapa hari atau sampai sembuh total.

Sementara ikan diobati, kolam tempat hidupnya dikeringkan, dibersihkan dan dijemur sampai kering selama 2 – 3 hari, agar bibit penyakitnya mati. Setelah itu bisa diairi dan dipergunakan untuk memelihara ikan lagi.

Agar hidup ikan sehat, ikan membutuhkan lingkungan yang bersih dan sehat selayaknya manusia. Lingkungan serupa itu dapat dibantu dengan memelihara kebersihan kolam dan cara pemberian makanan yang tepat. Makanan jangan sampai diberikan terlalu banyak. Sehari cukup satu atau dua kali saja, jumlahnya sebanyak makanan yang mampu dihabiskan dalam waktu setengah jam. Sisa makanan yang mengendap di dasar kolam secepatnya diambil, agar tidak membusuk dan mengotori kolam dan akhirnya menimbulkan bibit-bibit penyakit yang akan mengakibatkan ikan kesayangan Anda sakit dan bahkan lebih buruk lagi hingga menyebabkan kematian. #Q ~~ Bintik-Bintik Merah Pada Ikan Maskoki dan Cara Mengatasinya ~~