Mengapa Buah Jambu Bangkok dalam Pot Tidak Manis ?

Mengapa Jambu Bangkok dalam Pot Tidak Manis ?

jambu bangkok merah, jambu bangkok tanpa biji, pohon jambu bangkok, tips merawat jambu bangkok, buah jambu bangkok, gambar jambu bangkok, jambu bangkok ibu hamil

Supaya rasa buah jambu di pot manis, berilah naungan di atas pot ini

Kalau tanaman jambu bangkok dalam pot berbuah tidak manis, janganlah Anda terlalu kecewa. Karena ada cara mengatasi dan mengupayakan agar jambu itu menjadi manis.

Jambu bangkok, baik yang ditanam di pot ataupun di tanah, kalau sedang memasuki masa berbunga/berbuah, selalu beriringan dengan keluarnya tunas-tunas baru. Maka dari itu, kita bisa dengan mudah mengatur pembungaan/pembuahan itu. Sayang sekali, meski pembuahan ini bisa diatur, kerap kali kita mendapatkan buah yang tidak manis. Terlebih lagi kalau buah itu dipetik ketika musim hujan. Tidak hanya tidak manis saja buah itu, tetapi juga rasanya “dingin”.

Haruslah Dipupuk

Rasa buah itu antara lain dipengaruhi oleh pupuk, baik pupuk organik (antara lain dari pupuk kandang, kompos, siraman air cucian daging atau air cucian ikan) maupun pupuk anorganik (pupuk NPK misalnya).

Pemberian pupuk organik pada jambu bangkok dalam pot, antara lain bisa dilakukan ketika awal penanaman. Biasanya pupuk kandang yang dicampuratakan dengan tanah dan pasir, dengan perbandingan masing-masing 1 : 1 : 1.

Setelah 4 bulan ditanam dalam pot, barulah jambu bangkok diberi pupuk NPK (15 : 15 : 15). Takaran pupuk per pohon pada pot bergaris tengah 50 – 60 cm dan setinggi 60 – 100 cm, sekitar 100 – 200 g. Seterusnya takaran sebesar ini diulang setiap 4 bulan sekali. Namun upaya aman, jangan sampai takaran itu over dosis, berikanlah NPK setiap sebulan sekali dengan takaran yang jauh lebih kecil (namun takaran per tahunnya tetap sama besarnya) kira-kira sebesar 25 – 50 gram per pohon per bulan, atau kira-kira 2-5 sendok makan.

Selain pupuk itu, jambu bangkok dalam pot diberi tambahan pupuk organik jenis lain, misalnya air bekas cucian daging yang disiramkan setiap 2 – 3 minggu sekali.

Awas Pengairannya !

gambar jambu bangkok, jambu bangkok ibu hamil, jambu bangkok merah, jambu bangkok tanpa biji, pohon jambu bangkok, tips merawat jambu bangkok, buah jambu bangkok

Penyiraman / pengairan harus diperhatikan
gambar : flickr.com

Kebutuhan air bagi jambu bangkok dalam pot sebenarnya lebih mudah dikontrol. Misalnya, kita melakukan penyiraman setiap 3 hari sekali. Kalau kebetulan sedang musim hujan, pot tersebut kita naungi dengan atap plastik tembus cahaya, sehingga tanaman masih tetap menerima sinar matahari dan bisa dihindarkan dari air hujan. Dengan demikian, tanah pot tidak akan kelebihan air dan buah jambu tidak banyak mengandung air, sehingga rasa buah yang tidak manis (karena air itu) bisa diatasi.

Buah yang Baru Dipetik Disimpan Dulu

Buah jambu yang matang pohon mesti disimpan dulu barang 2 – 3 hari lamanya sejak dipetik. Hal ini perlu dilakukan agar terjadi pemasakan buah secara sempurna. Dengan demikian, setelah penyimpanan itu, buah jambu bangkok menjadi manis rasanya. (T)

Comments
  1. enjang sugianto |
  2. warung bibit |
  3. dans |