7 Jenis Kacang Australia Yang Mempunyai Nilai Ekonomi Tinggi

7 Jenis Kacang Australia Yang Paling Mahal

jenis kacang dan manfaatnya, jenis kacang almond, jenis kacang arab, jenis kacang panjang, jenis kacang kacangan untuk diet, jenis kacang yang cepat tumbuh, jenis kacang kapri, jenis kacang kacangan yang bagus untuk ibu hamilMakadamia, pecan, chestnut, almond, hazelnut, walnut, dan pistachioKetujuh jenis kacang-kacangan ini sepertinya memang pantas termasuk kedalam kelompok kacang-kacangan termahal di dunia. Negara Australia yang mempunyai wilayah beriklim tropis dan subtropis memungkinkan berbagai komoditas pertanian tumbuh serta dikelola ala industri. Termasuk di dalamnya buah-buahan, sayuran, dan bunga-bungaan. Tapi, belum semuanya dikebunkan dalam skala komersial. Setelah sukses dalam mengembangkan hortikultura, kini giliran ‘kacang-kacangan’ yang dijadikan sasaran berikutnya.

Istilah ‘kacang’ menurut kita amatlah berbeda dengan ‘kacang’ (nut) yang dimaksud di Australia. Kita menggunakan istilah ‘kacang’ untuk buah tanaman yang menghasilkan polong, seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang polong, dan kacang merah. Semuanya tergolong famili Leguminosae yang tanamannya bukan berupa pohon. Sedangkan, ‘kacang’ di Negara Kangguru itu adalah buah tanaman yang bersosok semak hingga pohon yang berketinggian puluhan meter. Kecuali makadamia, enam jenis tanaman lainnya mengalami fase pengguguran daun. Semuanya tumbuh optimal di daerah subtropis dan sedang.

1. Macadamia

manfaat macadamia, jual kacang macadamia, macadamia nut tree, macadamia integrifolia, macadamia nut oil, macadamia little glamz, macadamia cookies recipe, kacang macadamia

Kacang macadamia
gambar : organicforrest.com.au

Diantara 7 jenis ‘kacang’ Australia, makadamia bisa dikatakan yang paling serius dikembangkan. Data dari Australian Bureau of Statistics (Agriculture Census Data, 1993/1994) menyebutkan, di negara bagian Queensland saja tak kurang 1.146.235 pohon ditanam lebih dari 700 petani. Sedangkan total produksi yang dicapai 4.172.153 ton. Tahun 1995 lalu produksi dari produsen seluruh Australia diproyeksikan 18.000 ton (The Australian Horticulture Statistic Handbook).

Mekadamia (Mecadamia integrifolia) termasuk anggota famili Proteaceae. Bersosok pohon dengan tinggi sampai 12 meter. Tanaman ini berasal dari negara bagian New South Wales utara dan Queensland selatan. Perkembangan terakhir, Australia tercatat menjadi penghasil terbesar kedua di dunia setelah Hawaii. Di Indonesia, harga eceran makadamia cukup tinggi, sekitar 350.000,00/kg.

Sentra produksi terbesar makadamia tersebar di Atherton, Tablelands, Rockhampton, Bundaberg, Sunshine Coast (Queensland), Far North Coast, dan Mid North Coast (New South Wales). Di wilayah-wilayah tersebut, tanaman makadamia tumbuh di areal berhawa dingin dan menyukai tanah yang solumnya dalam, terdrainasi dengan baik, serta kaya akan bahan organik. Varietas yang dikembangkan adalah keaubou, ikaika, kau, kakea, keaau (asal Hawaii), dan binde, own choice (asal Australia).

2. Pecan. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2