Lazada Indonesia

12 Tanaman Bahan Pembuat Parfum dan Kosmetik

12 Tanaman Bahan Pembuat Parfum dan Kosmetik

jenis-jenis tanaman untuk parfum, macam tanaman untuk parfum, bahan penguat parfum 2009, bahan website parfum, bahan website penguat, bahan halaman, penguat parfum refillPenggunaan tanaman sebagai bahan wewangian memang telah dimulai sejak berabad-abad lampau. Dupa, setanggi, kembang setaman, dan minyak wangi adalah satu bukti eksistensi tanaman dalam berbagai upacara kebudayaan dan ritual keagamaan. Kini, tanaman wewangian telah menjadi primadona bagi wanita yang ingin tampil cantik. Salah satunya dengan pemakaian kosmetika dan parfum.

Pengaruh kejiwaan yang ditimbulkan oleh wewangian bahkan bisa membuat seseorang menjadi fanatik terhadap salah satu produk barang, tak heran jika sekarang tanaman yang mengandung minyak asiri memegang andil besar dalam berbagai industri, terutama kosmetika dan farfum. Minyak asiri ini dihasilkan dari bagian jaringan tanaman tertentu, seperti akar, batang, kulit, daun, bunga, buah atau biji. Sifat minyak ini yang menonjol antara lain mudah menguap pada suhu kamar, menimbulkan bau wangi sesuai dengan aroma tanaman penghasilnya, dan dapat larut dalam pelarut organik.

Di dunia sekarang ada sekitar 70 jenis minyak asiri yang beredar, dan sebagian dikonsumsi sebagai bahan dasar dan campuran dalam kosmetika dan wewangian. Dan berikut ini ditampilkan sebagian tanaman penghasil minyak asiri yang banyak digunakan dalam industri wewangian dunia.

1. Akar Wangi (Vetiveria zizanioides)

budidaya akar wangi, harga akar wangi, tanaman akar wangi, manfaat akar wangi, harga minyak akar wangi, akar wangi pengusir nyamuk, jual akar wangi, kerajinan akar wangi garut

Tanaman akar wangi termasuk dalam famili Gramineae. Disebut akar wangi, karena memang memiliki akar tinggal yang berbau sangat wangi. Dari bagian inilah umumnya minyak asiri diambil. Susunan akarnya tergolong kuat mengembang, bercabang banyak, sehingga dapat menahan serpihan tanah saat musim hujan dan mencegah pencucian tanah. Daunnya berukuran panjang, bisa mencapai 100 cm, agak kaku, berwarna hijau lebam. Bunganya agak besar, berwarna hijau atau menjadi warna lembayung. Akar wangi belakangan ini pula ramai dijadikan kerajinan tangan.

Tanaman ini berasal dari Asia seperti India, Indonesia, Sri Lanka, dan Filipina selain itu dapat pula ditemukan di Afrika Barat dan Amerika Serikat. Di Indonesia ia banyak dibudidayakan di Pulau Jawa, seperti Garut, Wonosobo, Pasuruan dan Lumajang. Selain di Indonesia, tanaman yang mudah tumbuh ini banyak juga diusahakan secara komersial untuk tujuan penyulingan minyak asiri di Kepulauan Reunion.

Minyak akar wangi dalam dunia perdagangan dikenal dengan nama vetiver oil yang diperoleh dari hasil ekstraksi. Komponen yang menyusunnya antara lain vetiveron, vetiverol, vetivenil vetivenat, asam palmitat, asam benzoat dan vetivena. Minyak ini memiliki sifat sulit menguap sehingga sangat baik dipakai sebagai pengikat minyak wangi lain dalam parfum agar tahan lama. Tak heran jika ekstrak minyak akar wangi dikenal sebagai minyak asiri kelas satu pada industri kosmetika, terutama minyak wangi di negara-negara Eropa, salah satu yang terpenting ialah Perancis.

2. Bunga Sedap Malam (Polynthes tuberosa)

bunga sedap malam photo, bunga sedap malam in english, bunga sedap malam mp3, bunga sedap malam iis sugianto, bunga sedap malam wikipedia, bunga sedap malam iis sugianto

Bunga Sedap malam (Polynthes tuberosa)
gambar : bulbsonline.blogspot.com

Sedap malam merupakan tanaman asli dari Meksiko. Dan kini ia banyak ditanam di Perancis, Mediterania, Maroko, Taiwan, Sri Lanka dan Indonesia. Tanaman terna tegak ini tergolong famili Amaryillidaceae. Tinggi batang bisa mencapai 1,8 meter, dan memiliki akar tinggal yang ada di bawah tanah.

Bunganya yang berwarna putih bersihnya itu unik, karena mengeluarkan harum semerbak di waktu malam. Pada bagian ini minyak asiri biasa diambil. Biasanya minyak diekstrak dari pembungaan awal bunga sedap malam. Tuberosa absolute yang dihasilkan melalui cara enfleurage memiliki kualitas yang lebih baik daripada Tuberosa concrete.

Kandungan yang ada di dalamnya adalah methyl benzoate, methyl anthranilate, benzyl benzoate, methyl salicylate, benzoil acid dan ketone. Aroma ‘manis’ yang sangat kuat diciptakan dari ekstrak minyak sedap malam. Karenanya, ia banyak digunakan dalam pembuatan parfum, terutama parfum dengan tipe oriental.

3. Cendana. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2

No Responses