7 Cara Agar Uang Tidak Berpengaruh Negatif Terhadap Hubungan Anda

7 Cara Agar Uang Tidak Berpengaruh Negatif Terhadap Hubungan Anda

pinjaman uang tunai, pinjaman uang tanpa jaminan, pinjaman uang di bank, pinjaman uang syariah, pinjaman uang tanpa syarat, pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat, pinjaman uang tanpa jaminan untuk mahasiswa, pinjaman uang tanpa jaminan bank mandiriUang.  Mendengar kata ini, siapa yang matanya langsung hijau dolar? Hehe.

Sudah jadi rahasia umum, uang itu bagai madu dan racun. Bisa bikin hidup terasa manis dan mudah. Juga sebaliknya, bisa bikin hidup terasa pahit dan susah. Termasuk dalam suatu relationship. hubungan apapun; pasangan, teman, rekan kerja, keluarga, dsb.

Ketika kurang uang, tentu hal ini jadi hambatan bagi hubungan kita. Tidak bisa saling mencukupi dan membantu. Tapi jangan salah. Ketika uang melimpah di semua pojok rumah pun, sebenarnya kita tengah dihadapkan pada suatu ujian.

Nah, berikut ini tips supaya uang tak jadi pengusik hubungan kita:

1. Prioritaskan Membayar Utang Pada Mereka

Sekecil apapun, kalau statusnya utang, baiknya  segera kita bayar. Banyak ‘kan hal-hal sederhana yang tak sengaja sering kita lupakan. Misalnya pernah minjam uang buat ongkos, beli pulsa, nitip kondangan, dst. Masa iya kita mengandalkan ucapan, ‘Hey! ingetin ya kalo aku ini punya utang sama kamu!’ -_-

Bukan apa-apa, who knows, mereka itu sebenarnya tengah membutuhkan uang yang kita pinjam. Terus mereka juga bisa saja pura-pura ikut lupa. Atau, mereka berat hati untuk nagih sama kita. Well, sebelum kita pergi jalan-jalan, melampiaskan hasrat belanja atau makan di tempat-tempat kece… inget-inget yuk ‘sesuatu’ yang belum dibayar. *wink*

2. Temukan Cara untuk Membalas Utang Budi

So, utang itu tidak mesti berupa materi, ya. Utang budi ini, misalnya. Ingat-ingat yuk ketika mereka meluangkan waktu sibuk untuk menemani kita, nawarin tisu saat kita sesenggukan di pojokan, membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita, nyodorin charger-an pas HP kita ‘wafat’, dst.

Jika seseorang memasak apapun buat kita, usahakan kita bersihkan piringnya. Ketika kolega meminjamkan motor, usahakan pula kita isi bensinnya. Atau ketika teman memberi tumpangan tempat tinggal buat kita, usahakan kita bantu beres-beres, dsb. Usaha-usaha ini akan mencerminkan betapa kita mengapresiasi bantuan non materil dari mereka.

3. Kerahkan Kekuatan untuk Tidak Berhutang

Utang itu, sadar atau tidak, bisa mengganggu hubungan kita dengan orang lain bahkan dengan diri sendiri. Apalagi kalau kita tidak bisa bersikap bijak. Yang ada kepercayaan rekan bisnis berkurang dan secara tidak langsung, kita sudah menyedot kebahagiaan diri sendiri. Hidup tidak tenang, galau terus.

4. Jadilah Hadiah untuk Mereka

What the hell? Kita dibungkus kardus, dihias sama pita terus pas dibuka langsung teriak surprise, gitu? Hehe. Maksudnya kita jangan sampai terlalu mengandalkan uang untuk ‘membeli’ hati seseorang. Hampa juga kalau kita tetiba menghadiahi seseorang dengan paket jalan-jalan keliling Zimbabwe, padahal kita itu tidak dekat secara personal.

Atau… kalau toh kita tidak bisa ngasih sesuatu yang berharga, maka kenapa tidak kita jadi seseorang yang berharga? Hehe. Curahkan waktu, pikiran, perhatian dan kasih sayang kita dengan ikhlas untuk mereka. Insya Allah hal-hal tersebut akan jadi hadiah terindah bagi mereka.

5. Jadilah Orang yang Rendah Hati. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2