Macam Macam Kolam Taman

Macam Macam Kolam Taman

kolam taman minimalis depan rumah, kolam taman minimalis, kolam taman kecil, gazebo taman, desain taman, cara membuat kolam taman, kolam taman belakang rumah, kolam taman ikan koiSeperti halnya taman, watak kolam taman pun dibedakan menurut dua karakter, yaitu kolam taman bergaya formal yang resmi dan kolam taman bergaya informal yang tidak resmi. Kolam bergaya resmi tampak lebih kaku dan baku. Bentuk permukaannya serba geometris, misalnya bundar atau persegi, dan juga serba simetris (berimbang antara satu sisi dengan sisi lain).

Kolam taman bergaya resmi begini lebih cocok untuk taman-taman luas. Untuk taman rumah, lebih-lebih yang berhalaman tidak terlalu luas, kolam taman bergaya tak resmi memang paling cocok. Selain karena penampilannya lebih luwes, juga tidak perlu membuatnya serba simetris sehingga tidak makan tempat.

Tentu saja semua bangunan dasar, baik untuk kolam taman bergaya resmi maupun tidak resmi, sebaiknya dibuat dalam bentuk-bentuk geometris sederhana. Misalnya bundar, bundar telur, bundar buah alpukat, bujur sangkar, ataupun persegi panjang karena akan lebih mudah menggali tanahnya dan penyelesaian penembokannya pun tidak membutuhkan banyak tenaga. Kalau menginginkan kolam taman bergaya tak resmi, barulah di akhir pekerjaan diberi sentuhan khusus.

Kolam taman bisa tampil dalam tiga rupa. Kalau anda seorang yang konservatif dan lebih menyukai kolam yang tenang, hanya sesekali diseling kecipak ikan, maka kolam biasa (tanpa air mancir, tanpa air terjun) mungkin merupakan pilihan yang paling mengena di hati atau tepat. Kalau anda mempunyai jiwa petualang, menggemari kebebasan dan hampir selalu merindukan suasana alam murni, tak salah lagi kolam air terjunlah pilihan anda. Nah, andai anda menyimpan bibit-bibit aristokratik dalam diri anda, mengapa tidak anda buat saja kolam taman dengan air mancur ?

Tetap Berhati-hati dan Waspada Kalau ada si Kecil di rumah

Saat ini, barangkali tidak terlintas dalam benak anda bahwa kolam taman yang indah juga dapat mengundang bahaya. Ikan-ikan mungil di kolam bisa saja membuat si kecil menjadi gemas sehingga ia akan terus ingin menemainya di tepi kolam. Seandainya saja si kecil kemudian tercebur ?

Beberapa ide pembuatan kolam taman yang aman bagi si kecil kami paparkan dalam ilustrasi. Bisa berupa air mancur, bisa pula dengan dilengkapi air terjun. Pada dasarnya, semuanya itu kolam juga. Hanya saja, agar aman maka kolam itu kita timbun dengan batu-batuan. Nanti, kalau si kecil sudah besar dan sudah paham akan arti bahaya, batu-batuan itu kita bongkar dan singkirkan sehingga menjelma kembalilah kolam taman kebanggaan anda.

Janganlah menyalakan pompa sepanjang hari. Air dalam kolam pun sebaiknya segera dibuang begitu anak anda sudah selesai bermain dan tidak memerlukannya lagi. Berikan kesempatan matahari sebanyak-banyaknya memanasi permukaan atas bebatuan. Dengan begitu lumut tidak mau tumbu sehingga kolam si kecil tidak akan licin. Macam Macam Kolam Taman – #TY