Lazada Indonesia

8 Jenis Tanaman Tillandsia si Bunga Gurun Cantik yang Unik

8 Jenis Tanaman Tillandsia si Bunga Gurun yang Unik dan Cantik

Tampilan bentuk dan ukurannya sangat beragam. Mulai dari sehalus rambut, kumpulan benang kusut, sampai yang menjulang tinggi. Warna-warna daun dan bunganya juga penuh variasi dan atraktif. Tapi bunga gurun Amerika Latin ini belum banyak penggemarnya.

Berikut diperkenalkan beberapa jenis Tillandsia eksotis, beberapa di antaranya telah dikoleksi oleh para penggemarnya.

1. Tillandsia aeranthos

tillandsia book pdf, tillandsia jual, tillandsia fuchsii, tillandsia aeranthos air plant, tillandsia aeranthos photo, tillandsia aeranthos care

Namanya dalam bahasa Yunani berarti “berbunga di udara”. Tumbuh epifit di sepanjang Argentina, Uruguay, Brazil dan Paraguay. Banyak ditemukan pada pohon tipa (Tipuana tipu), tumbuh tunggal atau bergerombol mencapai puluhan tanaman. Panjangnya 11 – 13 cm dengan daun-daun yang tumbuh memancar ke berbagai arah dari batang. Daunnya berbentuk lidah panjang dan sempit ditutupi bulu-bulu halus. Bila kekurangan air, daunnya yang sukulen akan menguncup dan ujungnya mengkerut. Bunga sederhana muncul dari malai dengan kelopak bunga berwarna merah ruby.

Karangan bunga berbentuk lonjong dengan ujung yang melebar. Mahkota bunga berwarna ungu indigo dan baru menguncup setelah 1 bulan. Bunga yang cantik ini juga digelari carnation of the sky, bahkan disebut-sebut dalam sebuah lirik lagu tango.

2. Tillandsia Caput-medusae

Tillandsia caput-medusae care, tillandsia caput medusae pflege, Tillandsia caput medusae cultivation, tillandsia caput medusae plant, tillandsia caput-medusae x brachycaulos

Daun-daunnya memang mirip rambut medusa yang dalam mitologi Yunani dikenal sebagai dewa berambut ular. Tumbuh epifit pada ketinggian 2.400 m dpl di Meksiko, Guatemala, Hon duras, dan Kosta Rika. Tingginya 15 – 40 cm dan sekujur batang serta daun ditutupi bulu-bulu halus keperakan. Lebar daun 2 – 5 cm berbentuk bilah-bilah yang panjang bergelung-gelung berwarna hijau daun selada. Pinggiran pelepah daun berwarna ungu kemerahan. Kelopak bunga berwarna merah cherry sampai merah darah dengan bunga berwarna ungu. Warna ini diperindah lagi oleh serbuk sari dengan warna kuning.

Caput-medusae toleran terhadap kondisi yang miskin unsur hara. Dengan sedikit perawatan, cukup kelembapan dan cahaya, ia akan tumbuh cepat serta menampilkan warna bunga yang cerah.

3. Tillandsia cyanea. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2