Lazada Indonesia

Jenis Kaktus di Indonesia dan Gambarnya

Jenis Kaktus Di Indonesia

cactus identification, prickly pear cactus, cactus names, cactus care, types of cactus plants, forest cactus, different types of cacti, cactus types listAneka ragam jenis kaktus sudah dikenal di Indonesia. Mulai dari opuntia yang bentuknya seperti centong (sendok nasi) sampai golden barrel atau gentong besar yang berduri besar, kuat, dan tajam. Juga ada kaktus unik yang dijuluki nenek tua yang gila sesuai penampilannya, kaktus berbunga seperti Astrophytum atau kaktus bintang, dan masih banyak lagi.

Banyak jenis kaktus yang sudah dikenal di Indonesia. Ada yang bisa ditanam di luar rumah kaca tetapi banyak jenis yang memerlukan rumah kaca agar bisa tumbuh bagus. Pasalnya, Indonesia terlalu basah untuk tanaman asal daerah gurun ini, Dari beragam jenis kaktus, ada beberapa yang menjadi kebanggaan para kolektor di Indonesia, sebagai berikut.

1. Ariocarpus

macam macam jenis kaktus, jenis kaktus berbunga, media tanam kaktus, jenis kaktus hias mini, cara menanam kaktus, jual kaktus mania, harga kaktus mania, klasifikasi tanaman kaktus

Bentuk kaktus ini cukup unik, daunnya berbentuk prisma. Dan setiap jenis bentuk daunnya berbeda. Misalnya A. trigonus berdaun runcing, A scapharus berdaun tumpul, dan A. furfurace berdaun lengkung.

Warna daunnya pun bervariasi. Ada yang hijau keperakan, ada juga yang kecokelatan. Dan selain daunnya, bunganya pun bervariasi, yakni berwarna putih, kuning atau pink. Keistimewaan lain dari kaktus ini tidak berduri.

2. Astrophytum

jenis kaktus hias, jenis kaktus mini, jenis kaktus dan gambarnya, jenis kaktus di Indonesia

Disebut Astrophytum karena sosoknya sepintas menyempai bintang. Kaktus ini berasal dari Meksiko, namun sekarang berkembang di Jepang. Kaktus ini banyak sekali jenisnya, mencapai 100 jenis.  Selain bervariasi Astrophytum ini cukup unik. Sosok tubuhnya bersegi-segi, dengan lekukan yang dalam menyerupai buah belimbing. Astrophytum yang berlekuk seperti belimbing dinamakan A. myriostigma, sedang yang lekukannya berupa celah sempit dinamakan A. asterias, Disamping kedua jenis yang tidak berduri, ada juga yang berduri yakni A, capricorne, A, senile, dan A. ornatum.

Variasi lainnya, ada Astrophytum yang tumbuh kristata membentuk mahkota yang melingkar. Jenis ini rajin berbunga. Kekurangannya, pertumbuhannya sangat lambat. Sebagai gambaran, tanaman berumur 3 tahun diameternya baru mencapai 5 cm. Tempat tumbuh yang dikehendaki adalah yang bersuhu tinggi, tetapi tidak terlalu banyak terkena sinar matahari langsung. Suhu sekitar 40 derajat Celcius akan merangsang keluarnya bunga.

3. Cephalocereus. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2

Comments
  1. Sumayyah |