Lazada Indonesia

9 Jenis Tanaman Pembersih Udara Terbaik

9 Tanaman Pembersih Udara yang Paling Baik dan Cara Perawatannya

Yakinkah rumah kita aman dan sehat?

tanaman pembersih udara di rumah, tanaman pembersih udara, tanaman pembersih udara penangkal polusi, tanaman hias pembersih udara, tanaman hias pembersih ruangan, jenis tanaman hias pembersih udaraDisadari atau tidak, rumah kita yang terlihat bersih bisa jadi tengah menghadapi ancaman berupa toksin atau racun yang tidak terlihat. Kita bisa menemukan banyak senyawa berbahaya di rumah. Baik itu pada karpet, cat, zat pembersih dan sebagainya. 3 senyawa utama yang kerap kita temui yaitu:

  • Formaldehyde, misalnya pada cat, kain pelapis, lem, dan sebagainya.
  • Benzene, misalnya dalam plastik, karet, pelumas, pestisida, fiber sintetik, dan sebagainya.
  • Trichloroethylene, misalnya dalam pembersih karpet permadani, lem, cat pembersih, dan sebagainya.

Tanaman yang Membersihkan Udara

Tuhan YME memang Maha Baik. Ia sudah menciptakan tanaman-tanaman yang ternyata ampuh menjadi pembersih udara terbaik secara alami. Berikut ini 9 tanaman pembersih udara berikut cara perawatannya:

Tips: untuk rumah berukuran sekitar 180 m2, sediakan saja 15 sampai 20 tanaman dalam pot berukuran sekitar 6 inci. Bukan satu per satu melainkan dibuat grup. Selain untuk memperindah ruangan, kualitas udaranya pun akan maksimal. Namun sebelum ditempatkan, ada baiknya anda cari tahu apakah tanaman-tanaman tersebut aman bagi hewan peliharaan atau anggota keluarga yang menderita alergi.

1. Peace Lily (Spathiphyllum)

tanaman pembersih udara dalam rumah, tanaman pembersih udara di rumah, tanaman pembersih udara, tanaman pembersih udara penangkal polusi

Selain indah, peace lily ini ternyata mampu menyerap zat-zat seperti benzene, trichloroethylene, formaldehyde, ammonia, xylene, dll. Hal itu diungkapkan oleh The Associated Landscape Contractors of America dan NASA. Agar pembersihan udaranya makin maksimal, kita sebisa mungkin menjaga agar daunnya bebas debu.

Perawatan: Bunga ini tumbuh baik di bawah cahaya terang atau lemah. Jaga agar tetap lembab. Beri cairan pupuk setiap bulannya, tiap musim panas dan semi.

2. Dracaena

tanaman pembersih darah, tanaman pembersih air, tanaman pembersih ginjal, pembersih udara terbaik, pembersih udara panasonic, harga pembersih udara sharp plasmacluster, pembersih udara ogawa, 10 tanaman pembersih udara ruangan

Tanaman yang satu ini menawarkan ukuran, bentuk dan warna yang berbeda. D. fragrans ‘Massangeana’ atau yang tinggi bisa disimpan di pojok, D. deremensis ‘Lemon Lime’ atau yang memiliki daun berwarna belang-belang serta D. deremensis ‘Limelight’ bisa diletakkan di area gelap. Sementara yang D. marginata atau sering disebut juga sebagai pohon naga Madagaskar di area yang terang. Semuanya bisa menyerap xylene, formaldehyde, benzene, toluene, dan trichloroethylene.

Perawatan: Jaga agar tanahnya lembab, tapi bukan berarti basah. Tidak dianjurkan menempatkan tanaman ini dalam pot duduk dengan cawan yang bisa dipenuhi air. Beri cairan pupuk setiap bulannya, tiap musim panas dan semi.

3. Florist’s Chrysanthemum (Chrysanthemum morifolium)

bunga pemberish ruangan, bunga dalam ruangan dapat membersihkan, tanaman hias pembersih udara, tanaman hias pembersih ruangan, jenis tanaman hias pembersih udara

Bunga yang satu ini sering disebut juga ‘mum’. Ia merupakan bunga musiman yang indah. Jika kita merawatnya dengan baik dan benar, bunga ini bisa tahan 6 minggu. Bunga ini bisa menyerap ammonia , xylene, formaldehyde dan benzene.

Perawatan: Letakkan chrysanthemum di tempat yang terkena cahaya, namun bukan cahaya langsung dari matahari. Periksa kelembaban tanahnya dan usahakan agar tetap lembab. Untuk tanaman yang satu ini, tidak perlu repot-repot memikirkan pupuk.

4. Bamboo Palm. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2