9 Jenis Tanaman Pembersih Udara Terbaik

9 Tanaman Pembersih Udara yang Paling Baik dan Cara Perawatannya

Yakinkah rumah kita aman dan sehat?

Disadari atau tidak, rumah kita yang terlihat bersih bisa jadi tengah menghadapi ancaman berupa toksin atau racun yang tidak terlihat. Kita bisa menemukan banyak senyawa berbahaya di rumah. Baik itu pada karpet, cat, zat pembersih dan sebagainya. 3 senyawa utama yang kerap kita temui yaitu:

  • Formaldehyde, misalnya pada cat, kain pelapis, lem, dan sebagainya.
  • Benzene, misalnya dalam plastik, karet, pelumas, pestisida, fiber sintetik, dan sebagainya.
  • Trichloroethylene, misalnya dalam pembersih karpet permadani, lem, cat pembersih, dan sebagainya.

tanaman pembersih udara di rumah, tanaman pembersih udara, tanaman pembersih udara penangkal polusi, tanaman hias pembersih udara, tanaman hias pembersih ruangan, jenis tanaman hias pembersih udara

Tanaman yang Membersihkan Udara

Tuhan YME memang Maha Baik. Ia sudah menciptakan tanaman-tanaman yang ternyata ampuh menjadi pembersih udara terbaik secara alami. Berikut ini 9 tanaman pembersih udara berikut cara perawatannya:

Tips: untuk rumah berukuran sekitar 180 m2, sediakan saja 15 sampai 20 tanaman dalam pot berukuran sekitar 6 inci. Bukan satu per satu melainkan dibuat grup. Selain untuk memperindah ruangan, kualitas udaranya pun akan maksimal. Namun sebelum ditempatkan, ada baiknya anda cari tahu apakah tanaman-tanaman tersebut aman bagi hewan peliharaan atau anggota keluarga yang menderita alergi.

1. Peace Lily (Spathiphyllum)

tanaman pembersih udara dalam rumah, tanaman pembersih udara di rumah, tanaman pembersih udara, tanaman pembersih udara penangkal polusi

Selain indah, peace lily ini ternyata mampu menyerap zat-zat seperti benzene, trichloroethylene, formaldehyde, ammonia, xylene, dll. Hal itu diungkapkan oleh The Associated Landscape Contractors of America dan NASA. Agar pembersihan udaranya makin maksimal, kita sebisa mungkin menjaga agar daunnya bebas debu.

Perawatan: Bunga ini tumbuh baik di bawah cahaya terang atau lemah. Jaga agar tetap lembab. Beri cairan pupuk setiap bulannya, tiap musim panas dan semi.

2. Dracaena

tanaman pembersih darah, tanaman pembersih air, tanaman pembersih ginjal, pembersih udara terbaik, pembersih udara panasonic, harga pembersih udara sharp plasmacluster, pembersih udara ogawa, 10 tanaman pembersih udara ruangan

Tanaman yang satu ini menawarkan ukuran, bentuk dan warna yang berbeda. D. fragrans ‘Massangeana’ atau yang tinggi bisa disimpan di pojok, D. deremensis ‘Lemon Lime’ atau yang memiliki daun berwarna belang-belang serta D. deremensis ‘Limelight’ bisa diletakkan di area gelap. Sementara yang D. marginata atau sering disebut juga sebagai pohon naga Madagaskar di area yang terang. Semuanya bisa menyerap xylene, formaldehyde, benzene, toluene, dan trichloroethylene.

Perawatan: Jaga agar tanahnya lembab, tapi bukan berarti basah. Tidak dianjurkan menempatkan tanaman ini dalam pot duduk dengan cawan yang bisa dipenuhi air. Beri cairan pupuk setiap bulannya, tiap musim panas dan semi.

3. Florist’s Chrysanthemum (Chrysanthemum morifolium)

bunga pemberish ruangan, bunga dalam ruangan dapat membersihkan, tanaman hias pembersih udara, tanaman hias pembersih ruangan, jenis tanaman hias pembersih udara

Bunga yang satu ini sering disebut juga ‘mum’. Ia merupakan bunga musiman yang indah. Jika kita merawatnya dengan baik dan benar, bunga ini bisa tahan 6 minggu. Bunga ini bisa menyerap ammonia , xylene, formaldehyde dan benzene.

Perawatan: Letakkan chrysanthemum di tempat yang terkena cahaya, namun bukan cahaya langsung dari matahari. Periksa kelembaban tanahnya dan usahakan agar tetap lembab. Untuk tanaman yang satu ini, tidak perlu repot-repot memikirkan pupuk.

4. Bamboo Palm (Chamaedorea seifrizii)

tanaman pembersih udara penangkal polusi, tanaman hias pembersih udara, tanaman hias pembersih ruangan, jenis tanaman hias pembersih udara

Jenis yang elegan ini bisa tumbuh antara 3 sampai 6 kaki tingginya. Ia bisa menyerap karbon monoksida, xylene, formaldehyde, benzene dan chloroform.

Perawatan: Tanaman yang satu ini memang memerlukan ruangan yang terang, namun jangan tempatkan langsung di bawah cahaya matahari. Tempatkan saja di ruangan dengan sirkulasi udara bebas  dan usahakan agar tidak menjadi sasaran sarang laba-laba.

5. Golden Pothos (Epipremnum aureum)

tanaman pembersih udara dalam rumah, tanaman pembersih udara di rumah, tanaman pembersih udara, tanaman pembersih udara penangkal polusi, tanaman hias pembersih udara, tanaman hias pembersih ruangan, jenis tanaman hias pembersih udara

Tanaman yang satu ini jadi satu dari tumbuhan indoor yang sangat efektif di dunia tanaman, disebut juga dengan nama Sirih Gading. Tempatkan dalam wadah yang menggantung atau dalam pot berukuran 6 inci di dasar pohon dalam rumah yang cukup tinggi. Ia bisa mengatasi zat-zat seperti toluene, karbon monoksida, formaldehyde, xylene, benzene, dll.

Perawatan: Tanaman bisa tumbuh di segala situasi cahaya. Namun tentunya jangan sampai terkena matahari langsung. Segera  siram begitu tanahnya kering. Beri makan tiap bulan, tentu berupa cairan khusus untuk tanaman. Jangan lupa potong sulur panjangnya ketika ia tumbuh terlalu besar.

6. English Ivy (Hedera helix)

tanaman pembersih udara di rumah, tanaman pembersih udara, tanaman pembersih udara penangkal polusi, tanaman hias pembersih udara, tanaman hias pembersih ruangan, jenis tanaman hias pembersih udara

Yang ini cocok jadi tanaman hias. Baik menggantung maupung disimpan dalam wadah. Apalagi kalau suasana cahayanya tidak terlalu terang. Lebih dianjurkan untuk menggunakan dedaunan hijau agar suasana di sekitarnya kontras, terus pilih juga bentuk yang beraneka ragam agar sudut-sudut yang gelap bisa terlihat cerah. Selain bisa jadi penghias, English Ivy bermanfaat untuk mengusir allergen seperti dalam kotoran hewan atau jamur. Ia juga mampu menghandle karbon monoksida, formaldehyde, benzene,  trichloroethylene, dll.

Perawatan:  Yang berdaun hijau akan tumbuh dalam situasi cahaya yang cukup terang dan temaram. Bentuk yang beraneka ragam perlu pencahayaan agak terang namun tanpa kena matahari langsung agar tumbuh berkembang. Rutinlah menyiramnya selama proses pertumbuhan biar kelembabannya terjaga, tapi jangan sampai tergenang juga. Ketika masa itu, beri pupuk cair juga sebagai penyeimbangnya.

7. Chinese Evergreen (Aglaonema spp.)

pembersih udara terbaik, pembersih udara panasonic, harga pembersih udara sharp plasmacluster, pembersih udara ogawa, 10 tanaman pembersih udara ruangan

Daun mereka begitu banyak. Selain bervariasi, mereka juga memiliki motif yang cantik dan menarik. Tanaman yang satu ini bisa menghilangkan karbon monoksida, benzene, trichloroethylene, formaldehyde dan toksin lain.

Perawatan: Tanaman yang satu ini tumbuh baik jika potnya berdrainase dengan baik dengan cahaya yang dijaga. Jaga kelembabaannya, misalnya dengan rutin memberi percikan air. Biarkan kompos atau pupuk alaminya mengering sebelum kita menyiramnya. Sediakan pupuk cair selama pertumbuhan berlangsung. Selanjutnya ganti pot secara rutin, 2 sampai  3 tahun.

8. Areca Palm (Chrysalidocarpus lutescens)

jenis tanaman hias pembersih udara, tanaman pembersih udara di rumah, tanaman pembersih udara, tanaman pembersih udara penangkal polusi, tanaman hias pembersih udara, tanaman hias pembersih ruangan

NASA dan the Associated Landscape Contractors of America sudah memberikan pernyataan kalau tanaman ini dinilai paling efisien dalam membersihkan udara. Ia bisa mengatasi karbon monoksida,  benzene,  xylene,  trichloroethylene, formaldehyde, dll. Selain itu, ia juga jadi pelembab udara yang alami. Bonus tambahan lain yaitu keanggunannya, daun eksotisnya serta bentuknya yang indah. Tanaman ini selain bermanfaat juga sangat menarik perhatian.

Perawatan: Tanaman ini tumbuh dengan pencahayaan yang cukup dari sinar surya yang cukup panas. Ketika masa pertumbuhan, sediakan banyak air. Kurangi air tersebut jika sudah memasuki musim dingin. Masih ketika dalam masa pertumbuhan, jangan lupa sediakan pupuk cair tiap bulannya.

9. Rubber Plant (Ficus elastica)

10 tanaman pembersih udara ruangan, tanaman pembersih udara dalam rumah, jenis tanaman hias pembersih udara, tanaman pembersih udara di rumah, tanaman pembersih udara, tanaman pembersih udara penangkal polusi, tanaman hias pembersih udara, tanaman hias pembersih ruangan

Tanaman rubber plants ini berasal dari India. Penampilannya begitu tropis dan cukup cantik. Tanaman yang satu ini memiliki daun yang biasanya lebar, warnanya hijau tua dan terkesan mengkilap. Namun varietas yang lain berwarna krim dan daunnya ungu. Sementara akarnya bersifat aerial, atau tumbuhnya di atas tanah. Jadi bukan ke dalam lapisan tanahnya. Soal fungsi, tanaman ini bisa mengatasi formaldehyde, karbon monoksida, trichloroethylene, dsb.

Perawatan: Tanaman dengan akar bersifat aerial ini  tumbuh di sekitar pencahayaan yang bagus. Siramlah dengan bijak ketika ia tumbuh. Setiap bulannya, berikan pupuk nitrogen yang cukup banyak. Jika musim pendingin tiba, jaga agar kondisi komposnya lembab. Kalau ukurannya makin membesar, sesekali kita perlu memotong atau memangkasnya. Usahakan juga kita mengelap daunnya dengan kain basah. Dengan demikian, ia akan tetap terlihat bersinar dan mengkilap.

Nah, demikian info 9 tanaman yang jadi pembersih udara terbaik, khususnya bagi rumah kira. Rata-rata tanaman-tanaman ini mudah kita temukan di sekitar. Jadi, tidak ada salahnya jika kita mulai mencobanya. [#RD]