Lazada Indonesia

10 Tembok Kuno Bersejarah yang Patut Kita Kunjungi

10 Tembok Kuno Bersejarah yang Patut Kita Kunjungi

Sekuat apakah sebuah tembok bisa berdiri? Belasan tahun? puluhan tahun?

tembok penahan, tembok yakjuj dan makjuj, tembok ratapan, tembok zulkarnain, wall, tembok derita lirik, tembok bomber, tembok ratapan menurut islamJauh sebelum ilmu pengetahuan dan teknologi manusia sepesat sekarang, ada beberapa tembok di dunia ini yang amat kokoh. Usia mereka sudah ratusan bahkan ribuan tahun, namun mereka tetap berdiri tegak diantara bangunan-bangunan baru yang lebih modern.

Keberadaan mereka juga dianggap penting. Sebagian bisa menarik wisatawan. Tapi intinya, mereka jadi pengingat akan sejarah kota atau tempatnya berada. Seperti ke-10 tembok ini, misalnya. Begitu berhadapan dengan mereka, kita seolah-olah sedang berhadapan dengan masa lalu juga.

Tembok apa saja? Jom!

1. Tembok Raksasa Cina / Tiongkok (Great Wall of China)

tembok cina zulkarnain, panjang tembok cina, tembok cina raksasa, chinese for great, 10 keajaiban Tembok di dunia, asal usul tembok cina, great wall of china facts, great wall of china history

Bisa dikatakan, benteng raksasa Cina jadi tembok kuno yang paling terkenal sekaligus paling banyak dikunjungi. Tembok yang berfungsi untuk melindungi perbatasan Cina Utara ini dibangun sekitar 2000 tahun yang lalu. Sekarang dia jadi proyek konstruksi berkelanjutan. Sementara yang aslinya sudah runtuh dari waktu ke waktu.

Para penguasa zamannya Dinasti Ming, yakni pada abad ke-14, membangun tembok ini dan menghabiskan waktu kurang lebih 3 abad atau 300 tahun. Mereka menggunakan batu-bata serta sekitar 20.000 menara. Hasilnya memang sangat kokoh. Bahkan sampai sekarang, orang-orang bisa mengunjunginya. Salah-satu spot yang terpadat yaitu pegunungan yang tertutup pepohonan di dekat Beijing.

2. Tembok “Aurelian Walls”, Italia

mura aureliane, aurelian walls google maps, aurelian walls map taxi, http en wikipedia org wiki aurelian walls, theodosian walls, villa borghese, aurelian gates, aurelian wall location

Pada abad ke-3, bangsa kaisar Roma Aurellian membangun tembok Aurelian demi melindungi pusat kota. Ketebalannya lebih dari 10 kaki atau sekitar 3 meter, sementara tingginya mencapai 26 kaki atau sekitar 8 meter. Bahkan pada abad ke-50, tingginya ditambah dua kali lipat. Pengamannya juga makin diperketat. Strukturnya itu terus direnovasi dan diperbaiki, sehingga sampai sekarang kondisinya masih baik.

3. Tembok “Hadrian’s Wall”

hadrian's wall walk, hadrian's wall band, hadrian's wall path, hadrian's wall history, why was hadrian's wall built, hadrian's wall facts, hadrian's wall map, hadrian's wall map england

Kalau yang ini berusia satu abad lebih tua dari tembok Aurellian. Tembok Hadrian ini dibangun untuk menandai titik paling utara dari Kerajaan Roma di Inggris Raya. Sebagian dari tembok yang melintang dari timur ke barat ini sudah mulai rusak. Namun yang lainnya masih utuh. Terus, ada jalanan yang melintang sepanjang tembok, tapi area di sekitarnya masih belum selesai dibangun. Jalanan itu sendiri dipecah jadi 6.

4. Tembok “Chester City Walls”, Inggris

chester city walls map, chester city walls pub crawl, chester city walls distance, chester city walls medical centre, chester city walls run murder chester, walking sightseeing tour chester, photo walking chester

Tembok yang berada di daerah Cheshire – Inggris ini dikokohkan dengan batu pasir. Bangsa Romawi yang melakukannya. Ketika direnovasi, mereka bahkan menggunakan batu apapun, termasuk batu nisan. Kemarin-kemarin batunya digali dan disimpan di musium setempat.

Pada masa itu, mereka juga sudah melengkapinya dengan menara dan pintu-pintu gerbang. Semua itu dilakukan untuk kepentingan pertahanan. Tak ayal, struktur bangunannya rapi dan kokoh. Sampai sekarang tembok tersebut seakan jadi warisan berharga. Para wisatawan banyak yang tertarik untuk mengunjunginya..

5. Tembok Konstantinopel, Turki

konstantinopel sekarang, konstantinopel adalah, constantinople, konstantinopel 1453, hagia sophia, penaklukan konstantinopel, konstantinopel fall, sejarah konstantinopel

Tembok bersejarah ini dibangunan pada abad ke-4 dan ke-5 untuk melindungi ibu kotanya saat itu, yang sekarang disebut Istanbul. Kaisar populer, Constantine, membangun tembok perdana. Seiring berjalannya waktu, daerah kekuasaan mereka merambah. Penguasa berganti. Nama temboknya pun ganti jadi Tembok Theodosian. Mereka kemudian memperluas tembok yang terdahulu, serta menambahkan banyak menara dan pintu gerbang. Meski gempa bumi sempat menghantan Istanbul, namun pembangunan kembalinya cukup cepat sehingga kondisi bangunannya tertata kembali. Tembok ini dan tembok lainnya sempat dipugar pada tahun 1980. Dan sekarang, mereka berdiri di sekeliling bangunan dan jalanan yang modern.

6. Tembok Xian. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2