Lazada Indonesia

24 Jenis Tanaman yang Ampuh Mengusir Serangga

12 Jenis Tanaman yang Ampuh Mengusir Nyamuk dan Serangga Lainnya

Apa anda termasuk orang yang anti serangga? Nyamuk, lalat atau serangga lain, misalnya?

tanaman hias pengusir nyamuk rosemary, jual tanaman pengusir nyamuk, tanaman pengusir nyamuk alami, tanaman hias, tanaman obat keluarga, tanaman obat tanaman pengusir nyamuk indoorUntuk memerangi mereka, bukan berarti kita mesti melapisi diri dengan terus-menerus menggunakan lotion anti serangga. Atau, bukan juga dengan menyemprotkan anti serangga cair pada tubuh. Sebab, ternyata ada beberapa tanaman yang bisa membantu. Selain jadi penghias di taman atau kebun belakang, mereka juga ampuh mengusir serangga.

Essential oil pada tanaman-tanaman ini bisa jadi pengusir serangga yang alami. Sebab, makhluk kecil yang cukup mengganggu itu cenderung menghindarinya. Meski demikian, keberadaan tanaman-tanaman ini tidak menjamin kebun bakal bebas serangga sama-sekali.

Dr. Bodie Pennisi, dari Univeritas Griffin Georgia, mengatakan kalau konsentrasi minyak yang terkandung dalam tanaman tidak tersedia untuk perlindungan. Serangganya bisa jadi berkurang, namun belum ada penelitian tentang berapa banyak tanamannya serta sedekat apa ditanamnya, agar lebih efektif mengusir serangga. Salah-satu usaha terbaik yang bisa dilakukan orang untuk mencegah pertumbuhan nyamuk yaitu, mencegah air menggenang, tempat di mana mereka berkembang-biak.

Tanaman apa saja? Jom!

Tanaman Herbal

1. Basil / Kemangi

tanaman pengusir nyamuk dalam rumah, tanaman pengusir nyamuk alami, tanaman pengusir nyamuk indoor, tanaman pengusir nyamuk kemangi

Tanaman yang bisa jadi santapan ini ternyata ampuh mengusir nyamuk dan lalat. Tanam basil dalam wadah di dekat pintu atau area luar rumah. Anda juga bisa membuat spray dari basil segar. Tuangkan  4 ons air mendidih dalam 4 sampai 6 ons daunnya. Biarkan dulu selama beberapa jam, lalu tuangkan 4 ons vodka dengan air basil tersebut. Simpan di kulkas dan cairan itu pun bisa disemprotkan. Dengan catatan, jangan sampai mengenai mata, mulut dan hidung anda.

2. Lavender

bunga lavender photo, maksud bunga lavender, bunga lavender vessel, cara menanam bunga lavender, bunga lavender pengusir nyamuk, manfaat bunga lavender arti bunga lavender

Sudah lama tanaman ini digunakan untuk pengharum ruangan atau lemari pakaian. Aromanya yang disukai manusia ternyata malah dibenci serangga seperti lalat, nyamuk, kutu dan ngengat. Tanam lavender di kebun yang terkena cahaya matahari atau di jalan masuk menuju rumah. Anda juga bisa menggunakan minyaknya sebagai pengusir nyamuk alami. Oleskan saja pada kulit ketika hendak ke kebun. Tak perlu khawatir, sebab minyak lavender malah bagus untuk kulit. Ia juga bisa memberi sensasi tenang yang mampu memengaruhi kualitas tidur juga.

3. Lemongrass

tanaman serai pengusir nyamuk, makalah sereh, artikel tanaman sereh, manfaat tanaman sereh, pengertian tanaman sereh, tanaman obat sereh, tanaman sereh wangi, tanaman serai komersial

Yang satu ini mampu mengusir nyamuk. Dalam satu musim, ia bisa tumbuh tinggi sampai 4 kaki dan lebarnya 3 kaki. Tanaman sejenis rumput ini terdapat di Florida Selatan. Ia bisa ditanam dalam pot atau di tanah, dengan kondisi drainase air yang baik. Selain aromanya, ia juga bisa jadi bahan masakan. Orang Asia biasa menyebutnya dengan lemongrass dan orang sunda menyebutnya sereh.

4. Lemon thyme. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2

Comments
  1. Helles |