10 Penulis atau Pengarang Terkenal Paling Kaya di Dunia

10 Penulis atau Pengarang Terkenal Terkaya di Dunia

j.k. rowling biography, j.k. rowling net worth, j.k. rowling new book, j.k. rowling quotes, j.k. rowling facts, j.k. rowling new harry potter book, j.k. rowling twitter, j.k. rowling the casual vacancyMemutuskan untuk menjadi seniman sejati adalah langkah yang berani. Hampir semua orang tahu, bahwa profesi sebagai seniman tidak bisa menjamin finansial yang besar. Karenanya banyak yang memilih ‘karier aman’ lain dibanding yang satu ini.

Salah-satu bentuk pekerjaan seni yang kami maksud yaitu penulis. Terlalu banyak cerita tentang penulis gratis, penulis yang dibayar rendah atau penulis tidak memiliki kehidupan dengan finansial yang memadai, kecuali ‘bayaran’ berupa kepuasan para pembaca akan hasil karyanya. Padahal menulis itu tidak instan. Perlu waktu, perlu proses mencari referensi, observasi, editing, dsb. Karenanya, menulis tidak masuk sebagai profesi favorit semua orang.

Namun dunia tidak memperlakukan semua seniman, atau dalam hal ini penulis, dengan sama. Bagi mereka yang bekerja keras dan berani mengambil risiko, tentu ‘ganjarannya’ pun berbeda. Mereka bisa diberi apresiasi lebih. 10 penulis ini, misalnya. Mereka pun diklaim jadi penulis paling kaya di dunia.

Siapa saja? Jom!

10. Stephenie Meyer

penulis terkenal, penulis puisi terkenal, penulis novel terkenal, penulis freelance, penulis lepas

Nama ini tentunya sudah familiar. Dialah penulis yang ada dibalik karya-karya sebesar dan sepopuler Twilight dan sekuelnya, Breaking Down, Eclipse dan New Moon. Perempuan kelahiran 1973 ini mengaku menulis draft Twilight sebagai hiburan belaka. Sementara saudara perempuannya terus mendorong agar Meyer mengirimkan karya pada penerbit. Pada tahun 2008 dan 2012, budaya pop sedang melanda remaja. Tulisan Meyer pun cukup popular kala itu. Sampai kemudian, buku-bukunya diadaptasi ke dalam bentuk film. Tak ayal, ia menerima aliran dana yang sangat besar dari karyanya. Total kekayaannya mencapai 125 juta dollar atau sekitar 1,63 Trilyun rupiah.

9. Dean Koontz

penulis terkenal di dunia, penulis terkenal luar negeri, penulis terkenal malaysia, penulis terkenal di wattpad, penulis terkenal dari indonesia

Penulis ini begitu produktif. Bukunya di mana-mana. Dia menulis banyak novel, cerpen dan tulisan-tulisan nonfiksi. Pertama kali tulisannya terbit yaitu pada tahun 1968, berupa karya novel. Dari sana, buku-bukunya sudah terjal sebanyak 450 juta kopi. Adapun genre tulisan yang jadi pegangannya yaitu thriller, science fiction, fantasi dan horror. Beberapa yang terkenal yaitu Demon Seed, Hideaway, Watchers, dst. Pundi-pundi uangnya pun meraih nominal 145 juta dollar atau sekitar 1,89 Trilyun rupiah.

8. Nora Roberts

penulis terkenal, penulis puisi terkenal, penulis novel terkenal, penulis freelance, penulis lepas

Sebagian orang mengenalnya sebagai J.D. Robb, Jill March atau Sarah Hardesty. Dia memang kerap menggunakan nama asli dan nama pena di tiap karyanya. Novel debutnya, Irish  Thoroughbred, lahir pada tahun 1981. Dari sana, dia terus menelurkan karya sampai jumlahnya mencapai 209 novel romance. Itu artinya, rata-rata Nora menulis 6,3 novel selama setahun. Bisa kita simpulkan sendiri, pasti ia mesti berusaha keras dan memenej waktu sebaik mungkin untuk mencapainya. Ia pun laik menjadi salah-satu penulis yang tenar dan kaya-raya. Novelnya bahkan bertahan selama 861 minggu dalam Majalah Times New York, dalam daftar Best Sellers. Soal kekayaan, Nora sudah berhasil mengantongi 150 juta dollar atau sekitar 1,95 Trilyun rupiah.

7. Jackie Collins

penulis terkenal di dunia, penulis terkenal luar negeri, penulis terkenal malaysia, penulis terkenal di wattpad, penulis terkenal dari indonesia

Koleksinya memang tidak sebanyak Nora Roberts. Jackie Collins hanya menulis sebanyak 29 novel namun berhasil terjual sebanyak 500 juta kopi. Novel perdananya dirilis pada tahun 1968, dengan judul “The World is Full of Married Man”. Novel ini jadi skandal. Uraian soal aktivitas seksual di tahun 60-an kala itu tentunya masih tabu. Karyanya pun dilarang beredar di Australia dan Afrika Selatan. Meski demikian, karya-karyanya tetap bercokol di pasaran. Ia pun bisa mengumpulkan pundi-pundi sebesar 180 juta dollar atau setara 2,34 Trilyun rupiah.

6. John Grisham

 penulis terkenal di dunia, penulis terkenal luar negeri, penulis terkenal malaysia, penulis terkenal di wattpad, penulis terkenal dari indonesia

John Grisham tidak pernah membayangkan kalau dirinya akan berkarier sebagai penulis. Sang raja thriller ini awalnya merupakan pengacara kasus kriminal selama sepuluh tahun. Ia juga sempat jadi anggota DPR Missisipi. Sampai kemudian ia me-launching album perdananya pada tahun 1989, A Time to Kill. Karya lain menyusul di tahun 1991, yaitu The Firm yang terkenal itu. Novelnya ini bahkan dijadikan film yang diperankan oleh Tom Cruise. Dia menjadi 1 dari 3 pengarang yang menjual sebanyak 2 juta kopi pada penerbitan perdana. Dua penulis lainnya yaitu J.K. Rowling dan Tom Clancy. Grisham pun berhasil menjual bukunya sebanyak 275 juta kopi. Hasilnya tentu berperan besar untuk menambah kekayaannya yang kini sudah mencapai 200 juta dollar, atau setara dengan 2,6 Trilyun rupiah.

5. Tom Clancy. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2