15 Bassist Terbaik Dunia Saat Ini dan Sepanjang Masa

Posted on

15 Pemain Bass Paling Keren dan Berpengaruh Sepanjang Masa

Dibanding dengan posisi bassist, orang lebih sering mendiskusikan tentang vokalis atau gitaris. Mungkin karena itulah, media pun tidak terlalu mengeksposnya.

100 bassist terbaik dunia, 15 pemain bass terbaik dunia 2014-2015-2020, 15 pemain bass terbaik dunia saat ini, 15 pemain bass terbaik dunia sepanjang masa, gitaris terbaik dunia, 15 bassist terbaik di duniaPadahal faktanya, posisi pemain bass memiliki peranan penting dalam grup musik. Ya, semua anggota grup musik begitu penting. Jika salah-satunya tidak ada, maka suara dan rasanya akan berbeda. Ada yang hilang.

Layaknya drum, bass juga berperan sebagai instrumen yang mengatur ritme. Bass juga membantu mengatur struktur chord-nya. Karenanya, band begitu memberikan perhatian khusus terhadap personil yang memegang alat musik ini.

Berikut ini kami sajikan daftar pemain bassist paling berbakat sekaligus berpengaruh dalam industri musik. Mereka memang bukan sosok yang sangat menonjol di dunia musik, namun nama-nama ini mampu memberikan warna tersendiri, khususnya bagi band yang mereka iringi.

Siapa saja para bassist tersebut? Jom!

15. Mike Gordon

bassist terbaik dunia 2015-2020, bassist 2016-2017-2020, Bassist terbaik dunia saat ini dan sepanjang masa, bassist terbaik dunia saat ini, bassist terbaik dunia versi rolling stone, bassist terbaik dunia sepanjang masa
via : pinterest.com

Bisa dibilang, Mike Gordon “Phish” adalah pemain bass yang ideal. Dia dan band berani melakukan sesuatu yang bahkan mungkin tak terpikirkan oleh grup musik lain. Namun karena spekulasi itulah, mereka jadi memiliki gaya bermusik yang baru, berbeda dan unik. Gaya yang Gordon ciptakan itu membuat beberapa live show mereka begitu terkenal. Sebut saja Calypso, Bluegrass dan bahkan musik Yahudi tradisional.

Gordon bergabung dengan band ketika ia kuliah di Universitas Vermont. Awalnya dia mengambil jurusan teknik elektrik. Namun setelah bertemu dengan Trey Anastasio, Jeff Holdsworth dan Jon Fishman, ia kemudian beralih ke jurusan seni. Pemain bass yang satu ini terkenal juga karena dia bisa berperan banyak untuk band. Tak hanya memainkan ritme, tapi juga memimpin penampilan langsung mereka. Selain mengendalikan bass, ia juga kerap bermain banjo.

14. Geezer Butler

Bassist terbaik dunia saat ini dan sepanjang masa, bassist terbaik dunia saat ini, bassist terbaik dunia versi rolling stone, bassist terbaik dunia sepanjang masa, bassist terbaik dunia 2015-2020, bassist 2016-2017-2020

Sosok yang satu ini merupakan pemain bass sekaligus penulis lirik utamanya Black Sabbath. Sebagaimana kita tahu, band tersebut kerap dijuluki sebagai pendiri Heavy Metal. Awalnya Butler bermain gitar, namun kemudian berpindah jadi bass setelah ada Tony lommi. Dia memang enggan menggunakan 2 orang gitaris. Di awal tahun 1970-an, Butler tidak memainkan bass sebagaimana bassist rock angkatan 1960-an. Dia kerap membuat hal-hal baru, serta lebih sering memimpin band dan mengarahkan musiknya. Butler jadi pemain bass pertama yang menjadikan aliran heavy menggunakan wah pedals dan efek lain. Pada tahun 2006, ia dan rekan-rekannya di Black Sabbath dilantik dalam “Rock and Roll Hall of Fame”.

13. Steve Harris

bassist terbaik dunia versi rolling stone, bassist terbaik dunia sepanjang masa, bassist terbaik dunia 2015-2020, bassist 2016-2017-2020, Bassist terbaik dunia saat ini dan sepanjang masa, bassist terbaik dunia saat ini

Ada yang menggemari Iron Maiden?

Tentu kamu akrab dengan nama yang satu ini. Dialah Steve Harris, sang bassist sekaligus salah-satu pendiri band Heavy Metal asal Inggris tersebut. Yang makin membuatnya popular yaitu kemampuan Harris untuk memainkan bass secepat memainkan gitar. Biasanya aksi ini dilakukan dengan memukul nada ke 8, lalu disusul dengan dua nada ke-16. Kita bisa memerhatikannya lebih jauh dalam lagu mereka, salah-satunya “The Trooper”. Akhir-akhir ini Harris merilis sebuah buku yang berisi panduan untuk bermain bass. Dia juga membagikan tips tentang bagaimana meningkatkan kecepatan permainan. Salah-satu teknik yang ia lakukan yaitu mengkapuri tangannya sebelum bermain.

12. Berry Oakley

bassist terbaik dunia versi rolling stone, bassist terbaik dunia sepanjang masa, bassist terbaik dunia 2015-2020, bassist 2016-2017-2020, Bassist terbaik dunia saat ini dan sepanjang masa, bassist terbaik dunia saat ini
via : pinterest.com

Selain jadi bassist, Berry Oakley juga jadi salah-satu pendiri Band The Allman Brothers. Oakley terkenal dengan permainannya yang bernada riff, tepat ketika ia berada di belakang permainan gitarnya Daune Allman dan Dickey Betts. Salah-satu gaya yang bisa kita nikmati dari seorang Oakley yaitu dalam album “At The Fillmore East”, khususnya dalam lagu “Whipping Post” dan “Mountain Jam”. Sayang, pada 11 November 1972, sang pemain bass ini meninggal dalam sebuah kecelakaan motor. Kemalangan itu terjadi pasca masa-masa depresinya akan kematian sahabat sekaligus gitaris bandnya, Duane Allman. Pada tahun 1995, Oakley dilantik ke dalam “Rock and Roll Hall of Fame”, sebagai personil asli dari Band The Allman Brothers.

11. Jack Bruce

Bassist terbaik dunia saat ini dan sepanjang masa, bassist terbaik dunia saat ini, bassist terbaik dunia versi rolling stone, bassist terbaik dunia sepanjang masa, bassist terbaik dunia 2015-2020, bassist 2016-2017-2020

Jack Bruce adalah pemain bass sekaligus vokalis utamanya Cream. Ia membentuk grup musik itu dengan dua musisi besar lain, yakni Eri Clapton dan Ginger Baker. Selain bersama Cream, Bruce juga sempat bermain dengan John Mayall and the Bluesbreakers, Ringo Starr, Manfred Mann, Robin Trower, John McLaughin’s Mahavishnu Orchestra dan Gory Gallagher. Pada tahun 1993, dia dilantik ke dalam “Rock and Roll Hall of Fame”, sebagai personil dari Cream. Namun pada tangga 24 Oktober 2014, sang bassist meninggal akibat penyakin liver yang dideritanya.

next page button css, next page button tumblr, next page button tumblr html, next page button php, next page button blogger, next page button indesign, next page button tumblr code, next page button in crystal report not working