Home Fun Fakta Unik dan Menarik Tentang Koala

Fakta Unik dan Menarik Tentang Koala

92
SHARE

Fakta Unik dan Menarik Tentang Koala

cs koala medvidkovity, really high koala meme, a koala bobbie kalman, australian koalas for sale, what do you call a female koala, one direction koal, how to pronounce phascolarctos cinereus, p kololaSebagai salah satu spesies binatang yang paling ikonik endemik Australia, koala terkenal dengan penampilannya yang seperti beruang dengan tubuh kekar dan bulu dominan abu-abu. Sering ditemukan pada kanopi pohon. Koala adalah marsupial berbulu halus dan berotot yang merupakan perwakilan tersisa dari keluarga mereka di Bumi.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang binatang lucu yang mirip boneka ini, berikut beberapa fakta menarik tentang koala!

Habitat Koala. Dimanakah Koala Tinggal dan Hidup?

Hanya ditemukan di dataran Australia, koala dapat ditemui di tingkat kepadatan tertinggi di wilayah pesisir atau pedalaman timur dan selatan Queensland, Victoria, Australia Selatan, dan New South Wales.

Selain itu, koala telah dilaporkan berada dalam kelompok populasi yang lebih kecil di sekitar pulau lepas pantai Kangaroo, Phillip, dan Pulau Perancis serta daratan wilayah Adelaide di sepanjang Sungai Murray. Dalam hutan beriklim  tropis, koala kemungkinan besar berada mendiami hutan eucalyptus terbuka.

Apakah Makanan Koala ?

Dikenal sebagai spesialis pemakan daun, makanan koala yang utama adalah terbatas pada dedaunan dari spesies kayu putih dan daun pohon-pohon karet. Meskipun daun kayu putih biasanya agak beracun bagi kebanyakan spesies hewan, sistem pencernaan koala telah khusus diadaptasi menjadi benar-benar kebal terhadap itu. Oleh karena itu, satu-satunya mamalia selain besar Glider dan Ringtail Possum yang bertahan hidup memakan daun eucalyptus.

Tidak seperti kebanyakan mamalia, koala memiliki sekum sangat panjang dalam usus untuk detoksifikasi daun dari racun serta dilengkapi gigi pipi khusus yang menggiling daun untuk membentuk pasta halus untuk membantu pencernaan oleh mikroba. Sementara mereka dapat memakan daun pohon lainnya, koala tidak bisa makan lebih dari tiga pon daun segar setiap hari atau mereka akan mendapatkan gangguan pencernaan.

Ciri-Ciri

fakta beruang koala, makanan anak koala, fakta anak koala memakan kotoran induknya, fakta binatang koala, fakta fx koala, fakta menarik tentang koalaMudah dikenali, koala memiliki ciri tubuh yang berekor, dihiasi dengan telinga berbulu bulat dan hidung hitam berbentuk sendok besar. Dengan bulu lembut seperti wol yang menutupi keseluruhan tubuh kecil mereka, koala biasanya berwarna abu-abu dan putih pada perut bawah leher dan rambut putih panjang di ujung telinga mereka. Diadaptasi untuk hidup menghabiskan waktu di kanopi pohon yang menjadi habitat alami mereka, koala memiliki lengan depan yang panjang dengan kaki belakang lebih pendek dan kaki yang lentur untuk membantunya mencengkeram dahan dan ranting pohon dengan mudah.

Koala dewasa biasanya memiliki panjang tubuh antara 24 dan 33 inci (60 -83 cm) dengan berat yang bisa berkisar dari hanya 9 sampai 30 pon (4 – 13 kilogram). Badan dan wajah koala jantan biasanya lebih besar dan lebar daripada betina, tetapi mereka juga lebih dapat dibedakan oleh kelenjar coklat di dada mereka yang mampu menghasilkan aroma yang unik untuk menandai pohon. Betina juga dapat dikenali dengan mudah karena memiliki kantong seperti halnya kanguru, kantong dengan otot yang kuat berbentuk cincin di sekitar pembukaan perut untuk mencegah joey (anak koala) muda jatuh dalam perjalanan.

Kebiasaan

Koala termasuk hewan nokturnal atau lebih aktif di malam hari daripada siang hari, koala menghabiskan sebagian besar waktunya di cabang-cabang kanopi pohon di mana ia dapat dengan mudah makan, beristirahat, dan mendapatkan kamuflase dari berbagai predator di tanah. Sebagai spesies yang menetap, koala biasanya menghabiskan sebagian besar waktu mereka tidur sampai 18 jam sehari karena makanan mereka tidak memberikan banyak energi. Juga dianggap hewan anti-sosial, koala menghabiskan hanya 15 menit setiap hari pada perilaku sosial. Laki-laki cenderung teritorial, ruang mereka ditandai dengan menggiring bola urin atau menggosok kelenjar dada mereka pada batang sebagai bentuk penanda agresif dari aroma.

Reproduksi

Jantan dan betina mencapai kematangan seksual pada usia sekitar dua tahun, tapi laki-laki biasanya tidak cukup besar untuk mulai bersaing untuk akses memulai kawin sampai empat tahun. Sementara betina muda biasanya akan kawin sekali setiap musim kawin, beberapa betina yang lebih tua hanya akan mereproduksi setiap tahun kedua. Sebagai marsupial, semua anak koala lahir merangkak cepat menuju kantong ibunya untuk mempermudah makan dari susu ibu dan memakan kotoran sang ibu selama enam bulan. Setelah meninggalkan kantong, anak koala akan menggantung pada punggung ibunya atau kembali ke kantong sampai anak kedua dari sang induk lahir musim berikutnya.

Musim Kawin

Inilah waktu dimana aktivitas koala laki-laki sangat meningkat, berteriak dan berjuang untuk hak kawin dengan betinanya, musim kawin cenderung berlangsung dari bulan Agustus sampai Februari dengan kelahiran selanjutnya berlangsung dari Oktober sampai Mei.

Populasi

Dengan adanya penurunan besar dalam populasi koala selama bertahun-tahun. Yayasan Koala di Australia menunjukkan bahwa sekarang diperkirakan ada kurang dari 80.000 koala di seluruh benua endemik-nya.

Fakta-Fakta Menarik

  • Nama “koala” diyakini berasal dari kata Aborigin kuno yang berarti “tidak minum” karena hewan-hewan ini jarang minum air kecuali hanya menerima hingga 90 persen asupan cairan mereka dari air dari dalam daun eucalyptus.
  • Mirip dengan manusia, koala memiliki sidik jari dan terkenal karena menjadi satu-satunya mamalia lain di Bumi selain primata yang memiliki hal tersebut.
  • Sistem pencernaan bayi koala yang sedang berkembang tidak dapat memproses makanan yang biasa koala dewasa memakannya. Mereka membutuhkan bakteri yang hadir dalam tinja (kotoran) oleh karena itu mereka memakannya. Kata ilmiah untuk hewan yang memakan kotoran adalah “Coprophagia”. Fakta Unik dan Menarik Tentang Koala DD