10 Alasan Mengapa Tangga itu Baik untuk Kesehatan

Posted on

10 Alasan Kenapa Tangga itu Baik untuk Kesehatan

Lebih suka menggunakan tangga atau lift dan eskalator?

Di zaman sekarang, orang lebih suka melakukan sesuatu yang praktis dan tidak terlalu memeras keringat. Ketika pergi ke suatu tempat yang dekat, seringkali kita malas untuk jalan kaki dan memilih menaiki kendaraan roda dua atau empat. Karena itu, sebagian dari kita lebih memilih menuju lift atau tangga berjalan ketimbang tangga manual. Alasan selain mengejar waktu, tentu karena tidak mau berlelah-lelah ria. Padahal aktivitas seperti itu bisa menjadi alternatif olahraga bagi kita.

Sebagaimana kita tahu, olahraga merupakan salah-satu hal yang vital dalam hidup atau kesehatan manusia. Olahraga bisa membuat kondisi kita tetap bugar, fokus serta terhindar dari berbagai ancaman penyakit. Tak perlu yang mahal-mahal. Cukup jalan kaki tiap hari, lari, jogging, dsb. Atau seperti yang kita singgung sebelumnya; menggunakan tangga manual. Nah berikut ini 10 alasan utama kenapa tangga sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan. Jom!

1. Bisa Meningkatkan Stamina

manfaat tangga darurat, manfaat tangga, manfaat naik tangga, manfaat menaiki tangga, manfaat naik tangga bagi kesehatan
via : pinterest.com

‘Olahraga’ dengan menaiki tangga bisa meningkatkan tenaga dan stamina. Jika dilakukan tiap hari, tentu hal itu bisa jadi kebiasaan. Tubuh akan terasa lebih energik, bugar dan kuat.

2. Bisa Menurunkan Berat Badan

Hikmah lain dari rasa capek karena menggunakan tangga. Aktivitas ini sangat bermanfaat untuk memangkas berat badan berlebih dari seseorang. Tangga akan lebih efektif membentuk tubuh dan membakar kalori ketimbang lift, elevator atau eskalator.

3. Bisa Meningkatkan Aktivitas Jantung

Jantung menjadi ‘tokoh utama’ bagi kegiatan pemompaan darah dalam tubuh. Dengan menggunakan tangga, kita pun bisa meningkatkan aktivitasnya. Proses oksigenasion jadi lebih lancar dan jantung pun memeroleh banyak keuntungan. Selain jantung, organ yang lain akan lebih energik dan sehat.

4. Bisa Menguatkan Otot

Ketika kita terbiasa menggunakan tangga, maka dengan sendirinya otot akan semakin kuat. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri, khususnya bagi kita yang ingin mengencangkan atau menguatkan otot. Bagaimanapun, modal ini begitu bagus bagi kita yang memiliki gaya hidup aktif.

5. Gratis

Kita bisa menapaki anak tangga tanpa harus merogoh kocek sepeser pun. Karena itu, tangga menjadi media olahraga yang gratis tapi menguntungkan. Jika ada tangga di rumah, kita bisa menyisihkan waktu sekitar 10 sampai 20 menit untuk menggunakannya. Aktivitas tersebut tetap bisa membakar kalori dan termasuk aktivitas olahraga, tanpa harus pergi ke tempat fitnes atau mengeluarkan dana untuk menyewa sebuah arena.

6. Bisa Menjadi Aktivitas Olahraga yang Intens

Menaiki tangga bisa menjadi opsi utama untuk aktivitas fisik yang efektif. Meski terlihat sederhana, namun olahraga bisa jadi kegiatan yang menantang. Apalagi kalau kita hendak menjadikannya sebagai rutinitas dengan durasi waktu tertentu.

7. Bisa Menjadi Sarana yang Aman

Tangga memiliki risiko atau tingkat bahaya yang kecil. Apalagi jika kita terbiasa menggunakannya setiap hari, tentu sudah tak menemui ancaman yang berarti. Untuk itu bisa disimpulkan kalau tangga menjadi salah-satu media olahraga yang aman.

8. Bisa Ditemukan dan Digunakan Dengan Mudah

Kita tidak perlu pergi ke area tertentu atau menunggu waktu-waktu tertentu untuk mendapat manfaat dari tangga. Banyak bangunan yang menyediakan tangga. Termasuk di rumah sendiri, jalanan umum, tempat kerja, sekolah, supermarket, dsb. Tangga tidak terbatas di gelanggang olahraga atau hanya tersedia di waktu pagi saja. Tangga bisa dengan mudah dan murah untuk dimanfaatkan.

9. Bisa Mengurangi Sakit Punggung

Manfaat lain yang sangat bermakna bagi para pengguna tangga. Orang-orang yang mengeluhkan sakit punggung bisa memanfaatkan alat yang satu ini, secara rutin, untuk mengurangi nyerinya. Latihan sederhana ini bisa memberi efek pada otot bawah dari punggung dan abdomen. Otot pun jadi menguat dan mulai bisa membantu meredakan sakitnya.

10. Bisa Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis menjadi salah-satu penyakit tulang yang progresif. Orang yang mengalami keluhan ini memiliki tulang yang kepadatannya berkurang. Jika tidak segera ditangani, maka keretakannya akan meningkat. Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya untuk mengakrabkan diri dengan tangga.

Membiasakan diri untuk hidup lebih sehat tentu akan memberi dampak baik bagi kita sendiri. Menaiki tangga, misalnya. Tentu aktivitas ini bisa mengurangi risiko kehilangan mineral dalam tulang. Sehingga tubuh menjadi lebih kuat, tangguh dan berenergi. 10 Manfaat Naik Tangga Bagi Kesehatan #RD