10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Benua Antartika

Posted on

Ciptaan Tuhan yang mana yang tidak memiliki daya tarik?

Sebagai khalifah di bumi, kita sudah dianugerahi berbagai keberkahan alam. Entah pegunungan, lautan, hutan, dsb. Semua hal menakjubkan itu menjadi gambaran kecil akan kekuasan-Nya. Kita pun patut bersyukur atas segalanya. Semua yang tercipta menjadi bekal dan pelajaran tersendiri bagi segenap manusia. Kita sudah menuai banyak manfaat dari alam. Kita juga tak bosan-bosannya dibuat kagum dan ternganga-nganga atas segala keindahannya.

Dari sekian banyak hal yang mengagumkan, benua antartika menjadi salah-satu diantaranya. Tak ayal kalau banyak orang tertarik untuk menggali dan mempelajarinya. Berbagai fakta unik dan menarik pun terungkap. Sekarang kami akan mengulas 10 fakta yang paling menyita perhatian. Apa saja? Jom!

10. Global Warming Memengaruhi Keadaan Benua Antartika

fakta unik antartika, fakta mengenai antartika, fakta menarik antartika, fakta laut antartika, fakta benua antartika

Setidaknya ada dua masalah besar yang mesti dihadapi oleh benua ini; kondisi ozon semakin tipis dan es yang ada jadi cepat lumer atau meleleh. Semua itu tak terlepas dari global warming yang memang sudah mengecam bumi. Masalah serius ini tentu harus diperhatikan dan dicarikan solusinya. Bagaimanapun, benua indah ini harus dilestarikan agar tidak memengaruhi kehidupan juga.

9. Tempat Meteor

Para ahli astronomi dan peneliti kabarnya memilih tempat ini sebagai pusat studi meteor. Sejak tahun 1912, di benua ini sudah banyak ditemukan bukti adanya meteor. Hal ini tentu menjadi media yang baik bagi para peneliti untuk semakin memahami alam.

8. Tak Ada Zona Waktu

Mungkin fakta inilah yang membuat benua dingin ini begitu unik dan menarik. Benua Antartika memang tidak menerapkan system penghitungan waktu. Bagaimanapun, rotasi masa siangnya cukup panjang. Karena itu, rasanya sulit sekali untuk menerapkan zona waktu.

7. Bisa Menjadi Tempat Penelitian untuk Biodiversity

Benua ini memang memiliki biodiversity (keanekaragaman hayati) yang mengesankan. Di sana terdapat berbagai burung dan hewan laut. Snow petrel menjadi burung yang mendominasi kawasan ini. Sementara hewan lainnya ada penguin, anjing laut serta paus biru. Penguin yang, menghuni antartica ada yang berjenis Emperor, King, Chinstrap, Gentoo dsb. Sementara anjing laut yang tersebar ada Weddel, Elephant, Ross, anjing laut pemakan kepiting, dsb.

6. Benua Tanpa Pemerintahan dan Sistem Ekonomi

Kita tentu tak pernah mendengar siapa Presiden atau Perdana Menteri Antartika. Kita juga tak akan mendapati adanya syarat masuk menuju ke sana atau wajib mesti memiliki paspor. Hal ini juga yang menjadi salah-satu fakta menarik, bahwa Antartika ini bebas dari pemerintahan manapun dan aktivitas ekonomi pun tak akan kita temui.

5. Memiliki “Icebergs” Terbesar

Hal lain yang popular dari benua ini yaitu icebergs atau bongkahan esnya yang terapung, yang ukurannya begitu besar. Dari sekian banyak yang ada, Pulau Rhode yang paling membetot perhatian public dunia. Ukurannya memang jumbo, yakni sepanjang 295 km. luasnya 37 km dan luasnya sampai 11.000 km persegi. Wow!

4. Benua yang Mirip dengan Planet Mars

Tahukah kamu, antartika sering dijuluki sebagai “Mars-nya Bumi”. Fakta lainnya yang begitu menarik. Hal itu dikarenakan pemandangan benuanya yang tidak biasa. Di sana juga terdapat lembah kering, yang menggambarkan kemiripan antara antartika dengan Mars.

3. Menjadi Tempat Terdingin Sekaligus Terkering

Antartika menjadi tempat paling dingin sekaligsu paling kering yang ada di dunia. Temperatur terbawahnya sempat menyentuh angka -89,40 C. Sementara rata-rata suhunya ada di angka -34,40 C, nominal yang tentu saja sudah cukup membuat kita menggigil. Hujan juga jarang menitik di tempat ini, karena itulah ada lembah kering yang mirip padang pasir. Tak ayal kalau satu tempat ini bisa memberi dua ancaman sekaligus. Entah sebagai penyedia musim dingin yang ekstrem atau musim panas yang membakar.

2. Sumber Kekayaan Alam

Sebagian dari kita hanya melihat makhluk laut, burung dan bongkahan es yang terdapat di benua ini. Siapa sangka, antartika ini lebih kaya dari yang dibayangkan. Tempat ini memiliki kandungan batu-bara dan minyak. 60% dari benua ini juga terdiri dari air segar dan 90% darinya merupakan air es yang fresh.

1. Tempat dengan Waktu Siang dan Malam Terpanjang

Fakta yang sempat kita singgung di atas. Poin ini menjadi sisi menarik lain dari Benua Antartika. Waktu siang dan malamnya amat panjang. Di kutub selatan, masa siang dan malamnya memiliki periode sampai 6 bulan. Perputaran bumi pada porosnya diketahui seukuran 23 derajat secara tegak-lurus segaris dengan matahari. Karenanya durasi siang-malam di sana memiliki perbedaan cukup signifikan.

Bagaimana? Menarik bukan fakta-faktanya? Silakan beritahu kami via kolom komentar jika ada fakta mengagumkan lain yang ingin kamu bagi. 10 Fakta-Fakta Unik dan Menarik Tentang Benua Antartika #RD