Lazada Indonesia

Tanaman Semak Berbunga untuk Taman Dataran Rendah

Warna-Warna Semak Taman untuk Dataran Rendah

tanaman semak berbunga, tanaman semak untuk taman, tanaman semak hias, tanaman semak adalah, tanaman semak pendekMenghadirkan taman dengan komposisi warna indah bukan monopoli daerah berhawa dingin saja. Anda yang tinggal di Jakarta, Surabaya atau di dataran rendah lainnya yang bercuaca panas juga bisa menciptakan taman seperti itu. Dengan ketepatan pemilihan dan penataan elemen, niscaya akan tercipta taman harmonis dengan pola warna semarak. Warna adalah salah satu aspek yang ikut menentukan keindahan sebuah taman. Pemahaman yang baik tentang sifat dan kesan warna akan menghasilkan suatu karya taman nan cantik. Bahkan permainan warna dari elemen sering memegang peranan penting dalam menonjolkan kehadiran sebuah taman.

Aksen warna di dalam taman bisa diwujudkan dengan pemilihan elemen berwarna dan menatanya secara apik. Untuk elemen lunak, misalnya; dipilih corak dan ragam tanaman, maupun satwa penunjang seperti bekisar atau burung-burung yang mempunyai variasi warna indah. Sedangkan perangkat kerasnya dapat diupayakan dengan memadu bentuk warna batuan, lampu, pagar, bangku serta kolam hingga diperoleh suatu komposisi warna yang serasi. Diantara kedua elemen tadi, penggunaan tanaman sebagai unsur pewarna taman relatif lebih tampak dominan dibandingkan elemen keras. Contohnya, pemakaian tanaman bunga semusim dengan warna-warna yang mencolok. Suasana yang semarak dan berkesan dinamis akan langsung terasa begitu melihatnya terhampar di salah satu sisi taman. Penataan yang tepat antara satu tanaman dengan tanaman lainnya juga akan menciptakan irama taman yang harmonis.

Pola taman seperti itu biasanya banyak dijumpai di daerah berhawa dingin yang cocok ditanami berjenis-jenis bunga semusim berwarna meriah. Untuk daerah berhawa panas, misalnya Jakarta, pemandangan seperti itu relatif sulit dihadirkan lantaran keterbatasan jenis bunga yang bisa tumbuh dengan baik. Namun hal ini tak menutup kemungkinan para pemilik taman untuk mewujudkan impiannya di sekitar lingkungan rumah. Bagi masyarakat Jakarta yang udaranya bertemperatur sekitar 30 – 35oC, memang tak banyak pilihan untuk menghias taman dengan aneka warna bunga. Namun berbekal pengetahuan mengenai sifat tanaman penataan yang tepat, hal tersebut tak menjadi masalah. Baca Juga : 29 Jenis Tanaman yang Biasa Ada di Taman dan Fungsinya.

Pilih Jenis Tanaman Semak Berbunga Yang Tepat

tanaman semak untuk taman, tanaman semak hias, tanaman semak adalah, tanaman semak pendek, tanaman semak berbunga

“Warna tanaman dapat dibentuk melalui penampilan bunga”. Pola, corak, bentuk dan warna daun memiliki cukup banyak ragam. Misalnya, warna yang ada pada daun bervariasi mulai dari yang hijau cerah, galap, muda sampai perpaduan satu warna atau lebih. Corak daun juga beragam dari yang polos, berbercak, bergaris, bertotol dan sebagainya.

Variasi penampilan daun tersebut, bisa dimanfaatkan untuk membentuk aksen warna pada tanaman. Permainan warna dan bentuk daun inilah yang banyak dilakukan perancang taman di kota berhawa panas, dalam mengatasi keterbatasan jenis tanaman berbunga yang bisa ditanam. Beberapa jenis daun yang berwarna kontras adalah miana, puring, krokot merah, pangkas kuning, song of india, lili paris, hanjuang merah, honje, pinang merah, nenas hias, sansevieria dan lain-lain. Daun-daun dengan warna tak mencolok tapi berbentuk menarik antra lain palem, sansevieria, monstera, nolina, cemara, agave dan yuka.

Agar tampak lebih semarak taman perlu pula ditambah bunga berwarna cerah. Untuk jenis tanaman berbunga, Anda yang tinggal di kota berhawa panas pilih jenis yang memiliki warna-warna cerah sehingga tampak menonjol di antara tanaman lainnya. Misalnya, verbena, Ruellia, lantana, crossandra, Platycodon, helikonia, euphorbia, Pachystachys, jengger ayam (Schizozentron), anggrek tanah (Spathoglottis aurea), soka (Ixora sp) dan kana. Untuk bunga yang berwarna kalem, bisa diambil dari jenis Plumbago, tapak dara, ervatamia divaricata, lantana dan bawang-bawangan (Zepthranthes sp).

Teknik pembuatannya

tanaman semak hias, tanaman semak adalah, tanaman semak pendek, tanaman semak berbunga, tanaman semak untuk taman

via : pinterest.com

Untuk membuat taman warna ini, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah merencanakan terlebih dahulu berbagai aspek, baik fisik (misal penempatan tanaman), sosial dan ekonomi dipertimbangkan, barulah kita membuat desain lengkapnya. Dengan cara itu kita dapat memilih dan menata secara tepat berbagai tanaman beserta elemen penunjangnya. Dalam penataan elemen tanaman perlu adanya kombinasi bentuk dan warna yang sesuai antar sesamanya. Misalnya bila warna tanaman bagian belakang gelap, warna di bagian depannya harus cerah. Untuk elemen keras perlu diperhatikan letak lampu, pagar, bangku taman, tong sampah, jalan setapak dan sebagainya. Setelah itu barulah dipikirkan cara mengatur dan membangun berbagai jaringan fungsional yang terletak di dasar taman, seperti drainase dan listrik.

Bila berbagai jaringan dan perangkat keras selesai dibangun, langkah kedua adalah mempersiapkan lahan yang hendak ditanami dan media tanam. Media ini harus yang cocok ditanami jenis-jenis tanaman di atasnya. Komposisi unsur-unsur penyusunannya, misalnya tanah merah, kompos organik dan pasir juga wajib dipertimbangkan. Jenis-jenis tanaman hias yang diusahakan banyak berupa perdu dan semak, medianya berupa campuran 15% – 20% kompos organik, 5% – 10% pasir sisanya tanah merah.

Langkah ketiga, menguruk tempat penanaman dengan tanah dan campuran media yang telah disiapkan. Tambahkan pula Furadan sesuai dosis anjuran pada bagian dasar lahan dan sebarkan sedikit di sekitar tanaman agar media serta tanaman terhindar dari serangan rayap, semut maupun nematoda. Periksa derajat kemasaman media yang ada. Bila terlalu masam, tambahkan kapur sampai pH-nya mencapai 5,5 – 7,0. Jalur drainase dan tempat pembuangan air juga harus dipikirkan. Bila kondisi lahan tidak memungkikan, sebaiknya dibuat lubang-lubang khusus untuk membuang air.

Langkah keempat, susun tanaman sesuai dengan desain yang diinginkan. Penanaman pertama, diprioritaskan untuk tanaman yang berukuran besar, selanjutnya secara berturut-turut ditanam elemen tanaman ukuran sedang, kecil dan terakhir baru rumput. Tanaman yang berfungsi sebagai border harus ditanam dalam jumlah massal. Dengan pemilihan dan penataan yang tepat, niscaya taman warna taman Anda akan tampak indah dan harmonis. Tanaman Semak Berbunga untuk Taman  #GTW #DSB