Home General 8 Sikap Penting yang Bisa Membuat Kita Semakin Sukses

8 Sikap Penting yang Bisa Membuat Kita Semakin Sukses

4
SHARE

8 Sikap Penting yang Bisa Membuat Kita Semakin Sukses

Dari sekian banyak doa dan harapan yang selalu dipanjatkan orang, kesuksesan tentu saja menjadi salah-satu diantaranya.

success ku basuh luka dengan air mata, sukses, success story, success story pengusaha, success factor, success mp3 free download, success quotesRealitanya, banyak sekali orang yang tidak puas dengan kehidupan. Kita kerap merasa tidak sukses, tidak produktif dan tidak bahagia. Kadang kita tidak sadar, bahwa apa yang didapatkan tentu berdasarkan apa yang selalu dilakukan. Banyak orang yang keliru memaknai kesuksesan. Sebagian orang yang memiliki pikiran dangkal langsung men-judge kalau sukses itu terlihat dari perolehan materi saja. Sementara itu, kita juga sering menemui beberapa orang yang sudah memiliki keadaan ekonomi lebih, tapi justeru selalu mengeluh dan merasa menderita.

Banyak sekali orang yang secara kasat mata terlihat sukses, namun ternyata tidak bahagia. Mereka umumnya adalah tipikal orang yang tidak pandai bersyukur, selalu terjebak dalam pikiran negatif dan terlalu sering berprasangka buruk. Nah berikut ini 8 sikap atau aksi yang bisa membuat kehidupan kita semakin sukses saja. Sikap ini sangat penting untuk kita pertahankan, agar kesuksesan atau pencapaian apapun dalam hidup jadi lebih bermakna dan berefek bahagia.

Apa saja? Jom!

1. Mencintai Pekerjaan atau Profesi

Salah-satu kunci utama kenapa seseorang bisa sukses sekaligus bahagia adalah, dengan mencintai apapun yang sedang dilakukannya. Jika dia tidak menyukainya, maka 1 jam berada di tempat kerja akan terasa jauh lebih lama dan menyiksa. Berbeda jika kita menjalaninya dengan suka hati, maka 8 jam pun bisa terisi dengan maksimal. Kita akan lebih produktif serta antusias dalam bekerja. Karena itu, alangkah baiknya jika profesi yang diambil merupakan sesuatu yang kita cintai.

2. Mengolah Kreativitas

Sebaiknya tidak buru-buru menghakimi diri bahwa kita ini tidak memiliki kreativitas apapun. Pada dasarnya setiap orang itu kreatif, hanya saja tidak semua orang mengolah kreativitas tersebut dengan baik. Jika memang memiliki ide kreatif, kita bisa mendiskusikannya dengan seseorang. Tentu saja kita pun mesti siap siaga, kalau tidak semua ide itu bisa diterima atau disetujui. Tak perlu menyerah, tapi tak perlu memaksakan diri juga. Berpikirlah out of the box, terus gali kreativitas, olah pikiran dan terbuka saja pada ide baru yang mungkin muncul.

3. Suatu Waktu, Fokuslah Pada Satu Target

Memang, setiap orang memiliki banyak tujuan tiap harinya. Namun terkadang, kita justeru tidak bisa ke mana-mana dan semua yang diincar malah tidak tercapai. Yang ada, kita malah merasa sangat jengah dan lelah. Tak jarang, kita juga bisa tersudut pada rasa stress atau depresi. Jika memang targetnya banyak, kita bisa membuat daftarnya. Buat skala prioritas dan fokus pada satu tugas di suatu waktu. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan semuanya  sekaligus. Kita tetap produktif, tidak terlalu penat atau stress dan semua deadline pun bisa tuntas.


4. Percaya Diri

Jika diri sendiri saja tak percaya, bagaimana dengan orang lain? Mungkin hal ini yang patut kita renungkan. Percaya saja terhadap diri sendiri. Kalau pun kita membuat kekeliruan, akui saja. Namun selepas itu, kita mesti terus belajar dan kemudian move on. Hindari agar kesalahan masa-lalu tidak membuat kita larut dalam penyesalan, apalagi sampai mengusik diri dari aktivitas sehari-hari. Percaya diri saja bahwa kebahagiaan, kesuksesan dan kesehatan bisa kita rasakan. Jika memercayai bahwa kita bisa mewujudkan mimpi, paling tidak kita sudah mempersempit jarak dengan mimpi tersebut. Dalam hidup, keyakinan itu bisa sangat krusial.

5.  Abaikan Kritik yang Negatif

Sebagaimana yang kita tahu, ada kritik yang bersifat negatif dan ada juga yang konstruktif atau membangun. Suatu kali, kita akan mendapatkan keduanya. Kalau pun seseorang melempar kritik yang buruk atau tidak sopan, tak perlu dipikirkan. Memang, kita tidak bisa menghindari orang-orang yang menjadi racun, namun kita masih mampu mengabaikan apapun komentarnya. Jangan sampai mereka memengaruhi produktivitas dan mood, yang tentu saja akan berefek pada kesuksesan juga.

6. Tak Pernah Berhenti Belajar

Belajar memang sesuatu yang kurang mengasyikkan. Tak jarang kalau seseorang yang sudah keluar sekolah merasa bebas, dan langsung menutup diri dari kegiatan belajar. Namun kebanyakan orang sukses justeru bertahan. Tak peduli sudah berusia tua atau keluar sekolah, mereka akan tetap belajar. Sumber pelajaran itu bisa datang dari manapun, selama kita terbuka dan tak takut untuk menyerap hal baru. Kita pun bisa membaca buku. Jika sudah menimbanya, kita bisa membagikannya.

7. Jangan Berbohong

Hidup penuh kebohongan atau kepura-puraan tak akan membuat kita tenang. Tak perlu berbohong agar membuat orang terkesan. Yang ada, kita bisa lelah dan stress sendiri. Bisa atau tidak, jujur saja. Tak semua hal bisa kita kuasai atau capai. Sesukses apapun seseorang, mereka tak mungkin bisa melakukan segala hal. Tapi mereka jujur dan terbuka akan ketidaksempurnaan itu.

8. Jaga Kondisi Kesehatan

Sukses dan kaya tak bisa berbuat banyak kalau memang kesehatan kita begitu buruk. Sulit rasanya kita menikmati itu semua dalam keadaan tubuh drop atau lemah. Karena itu, kita wajib menjaga kesehatan. Sudah kita ketahui bersama bagaimana tips-tips umumnya; makan makanan yang halal dan baik, olahraga teratur, tidur atau istirahat cukup dan tak pernah mengurangi kadar cairan yang tubuh perlukan. Tak hanya semakin berenergi atau produktif, kita pun mampu menikmati sensasinya ketika semua yang diinginkan bisa tercapai.

Ke-8 tips sederhana di atas hanya akan menjadi tulisan belaka tanpa inisiatif untuk menerapkannya. Tak perlu terlalu menggantungkan diri pada orang lain. Kita semua berharap agar kehidupan tetap penuh dengan motivasi, rasa percaya diri, sikap positif dan tentu produktif untuk terus tersenyum bahagia. Dan, semua itu ada di tangan sendiri. 8 Sikap Penting yang Bisa Menjadi Faktor Kita Semakin Sukses. (DBS) #RD